Perbandingan Strategi Learning Starts With A Question Dan Mind Mapping Terhadap Hasil Belajar Biologi Pada Materi Ciri-Ciri Makhluk Hidup Siswa Kelas Vii Smp N 2 Andong Boyolali Tahun Ajaran 2012/2013

Main Author: Ma’arif, Samsul
Format: Karya Ilmiah NonPeerReviewed application/pdf
Bahasa: eng
Terbitan: , 2013
Subjects:
Online Access: http://eprints.ums.ac.id/23360/1/HALAMAN_DEPAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/23360/2/BAB_I.pdf
http://eprints.ums.ac.id/23360/3/BAB_II.pdf
http://eprints.ums.ac.id/23360/4/BAB_III.pdf
http://eprints.ums.ac.id/23360/6/BAB_IV.pdf
http://eprints.ums.ac.id/23360/8/BAB_V.pdf
http://eprints.ums.ac.id/23360/10/DAFTAR_PUSTAKA.pdf
http://eprints.ums.ac.id/23360/11/LAMPIRAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/23360/12/NASKAH_PUBLIKASI.pdf
http://eprints.ums.ac.id/23360/
Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbandingan hasil belajar biologi dengan penerapan strategi pembelajaran Learning Starts With a Question dan Mind Mapping pada siswa kelas VII SMP Negeri 2 Andong Boyolali tahun ajaran 2012/2013. Hasil belajar siswa dilihat dari aspek kognitif. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VII C menggunakan strategi pembelajaran Learning Starts With a Question sebagai kelas eksperimen I dan kelas VII F menggunakan strategi pembelajaran Mind Mapping sebagai kelas eksperimen II. Teknik pengambilan sampling menggunakan random sampling. Teknik pengumpulan data dengan observasi, dokumentasi dan tes. Analisis data untuk pengujian hipotesis dengan uji non parametrik tipe Two Independent Sample Test (Mann-Whitney Test). Hasil analisis data diperoleh nilai sig. = 0.023 dan nilai signifikan = 0.05. Pada kelas eksperimen dengan strategi Learning Starts With a Question nilai rata-ratanya 71.81 dan pada kelas eksperimen dengan strategi Mind Mapping nilai rata-ratanya 77.57. Dari data penelitian dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan hasil belajar siswa antara pembelajaran dengan menggunakan strategi Learning Starts With a Question dan Mind Mapping pada materi ciri-ciri makhluk hidup. Strategi pembelajaran Mind Mapping lebih efektif dari pada strategi pembelajaran Learning Starts With a Question.