Perbandingan Strategi Learning Starts With A Question Dan Mind Mapping Terhadap Hasil Belajar Biologi Pada Materi Ciri-Ciri Makhluk Hidup Siswa Kelas Vii Smp N 2 Andong Boyolali Tahun Ajaran 2012/2013

Main Author: Ma’arif, Samsul
Format: Karya Ilmiah NonPeerReviewed application/pdf
Bahasa: eng
Terbitan: , 2013
Subjects:
Online Access: http://eprints.ums.ac.id/23360/1/HALAMAN_DEPAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/23360/2/BAB_I.pdf
http://eprints.ums.ac.id/23360/3/BAB_II.pdf
http://eprints.ums.ac.id/23360/4/BAB_III.pdf
http://eprints.ums.ac.id/23360/6/BAB_IV.pdf
http://eprints.ums.ac.id/23360/8/BAB_V.pdf
http://eprints.ums.ac.id/23360/10/DAFTAR_PUSTAKA.pdf
http://eprints.ums.ac.id/23360/11/LAMPIRAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/23360/12/NASKAH_PUBLIKASI.pdf
http://eprints.ums.ac.id/23360/
ctrlnum 23360
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.ums.ac.id/23360/</relation><title>Perbandingan Strategi Learning Starts With A Question Dan Mind Mapping Terhadap Hasil Belajar Biologi Pada Materi Ciri-Ciri Makhluk Hidup Siswa Kelas Vii Smp N 2 Andong Boyolali Tahun Ajaran 2012/2013</title><creator>Ma&#x2019;arif, Samsul </creator><subject>LB1603 Secondary Education. High schools</subject><description>Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbandingan hasil belajar biologi dengan penerapan strategi pembelajaran Learning Starts With a Question dan Mind Mapping pada siswa kelas VII SMP Negeri 2 Andong Boyolali tahun ajaran 2012/2013. Hasil belajar siswa dilihat dari aspek kognitif. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VII C menggunakan strategi pembelajaran Learning Starts With a Question sebagai kelas eksperimen I dan kelas VII F menggunakan strategi pembelajaran Mind Mapping sebagai kelas eksperimen II. Teknik pengambilan sampling menggunakan random sampling. Teknik pengumpulan data dengan observasi, dokumentasi dan tes. Analisis data untuk pengujian hipotesis dengan uji non parametrik tipe Two Independent Sample Test (Mann-Whitney Test). Hasil analisis data diperoleh nilai sig. = 0.023 dan nilai signifikan = 0.05. Pada kelas eksperimen dengan strategi Learning Starts With a Question nilai rata-ratanya 71.81 dan pada kelas eksperimen dengan strategi Mind Mapping nilai rata-ratanya 77.57. Dari data penelitian dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan hasil belajar siswa antara pembelajaran dengan menggunakan strategi Learning Starts With a Question dan Mind Mapping pada materi ciri-ciri makhluk hidup. Strategi pembelajaran Mind Mapping lebih efektif dari pada strategi pembelajaran Learning Starts With a Question.</description><date>2013</date><type>Other:Karya Ilmiah</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/23360/1/HALAMAN_DEPAN.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/23360/2/BAB_I.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/23360/3/BAB_II.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/23360/4/BAB_III.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/23360/6/BAB_IV.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/23360/8/BAB_V.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/23360/10/DAFTAR_PUSTAKA.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/23360/11/LAMPIRAN.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/23360/12/NASKAH_PUBLIKASI.pdf</identifier><identifier> Ma&#x2019;arif, Samsul (2013) Perbandingan Strategi Learning Starts With A Question Dan Mind Mapping Terhadap Hasil Belajar Biologi Pada Materi Ciri-Ciri Makhluk Hidup Siswa Kelas Vii Smp N 2 Andong Boyolali Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. </identifier><relation>A420080019</relation><recordID>23360</recordID></dc>
language eng
format Other:Karya Ilmiah
Other
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
File:application/pdf
File
author Ma’arif, Samsul
title Perbandingan Strategi Learning Starts With A Question Dan Mind Mapping Terhadap Hasil Belajar Biologi Pada Materi Ciri-Ciri Makhluk Hidup Siswa Kelas Vii Smp N 2 Andong Boyolali Tahun Ajaran 2012/2013
publishDate 2013
topic LB1603 Secondary Education. High schools
url http://eprints.ums.ac.id/23360/1/HALAMAN_DEPAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/23360/2/BAB_I.pdf
http://eprints.ums.ac.id/23360/3/BAB_II.pdf
http://eprints.ums.ac.id/23360/4/BAB_III.pdf
http://eprints.ums.ac.id/23360/6/BAB_IV.pdf
http://eprints.ums.ac.id/23360/8/BAB_V.pdf
http://eprints.ums.ac.id/23360/10/DAFTAR_PUSTAKA.pdf
http://eprints.ums.ac.id/23360/11/LAMPIRAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/23360/12/NASKAH_PUBLIKASI.pdf
http://eprints.ums.ac.id/23360/
contents Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbandingan hasil belajar biologi dengan penerapan strategi pembelajaran Learning Starts With a Question dan Mind Mapping pada siswa kelas VII SMP Negeri 2 Andong Boyolali tahun ajaran 2012/2013. Hasil belajar siswa dilihat dari aspek kognitif. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VII C menggunakan strategi pembelajaran Learning Starts With a Question sebagai kelas eksperimen I dan kelas VII F menggunakan strategi pembelajaran Mind Mapping sebagai kelas eksperimen II. Teknik pengambilan sampling menggunakan random sampling. Teknik pengumpulan data dengan observasi, dokumentasi dan tes. Analisis data untuk pengujian hipotesis dengan uji non parametrik tipe Two Independent Sample Test (Mann-Whitney Test). Hasil analisis data diperoleh nilai sig. = 0.023 dan nilai signifikan = 0.05. Pada kelas eksperimen dengan strategi Learning Starts With a Question nilai rata-ratanya 71.81 dan pada kelas eksperimen dengan strategi Mind Mapping nilai rata-ratanya 77.57. Dari data penelitian dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan hasil belajar siswa antara pembelajaran dengan menggunakan strategi Learning Starts With a Question dan Mind Mapping pada materi ciri-ciri makhluk hidup. Strategi pembelajaran Mind Mapping lebih efektif dari pada strategi pembelajaran Learning Starts With a Question.
id IOS2728.23360
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
institution_id 249
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Surakarta
library_id 555
collection Digital Repository Universitas Muhammadiyah Surakarta
repository_id 2728
subject_area Agama
Ekonomi
Farmasi
city KOTA SURAKARTA
province JAWA TENGAH
repoId IOS2728
first_indexed 2016-09-22T02:45:11Z
last_indexed 2016-09-22T02:45:15Z
recordtype dc
_version_ 1765810743597334528
score 17.538404