Penerapan Belajar Matematika Melalui Strategi Teams Games Tournaments( Tgt ) Berbasis Alat Peraga Untuk Meningkatkan Komunikasi Matematika Bagi Siswa Kelas VII Semester Genap SMP3 Jepon Blora Tahun Ajaran 2011/2012
Main Author: | Seftyaningrum , Siska |
---|---|
Format: | Karya Ilmiah NonPeerReviewed application/pdf |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2012
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.ums.ac.id/21140/1/2._Halaman_Depan.pdf http://eprints.ums.ac.id/21140/2/3._Bab_I.pdf http://eprints.ums.ac.id/21140/3/4._Bab_II.pdf http://eprints.ums.ac.id/21140/4/5._Bab_III.pdf http://eprints.ums.ac.id/21140/8/6._Bab_IV.pdf http://eprints.ums.ac.id/21140/11/7._Bab_V.pdf http://eprints.ums.ac.id/21140/14/8._Daftar_Pustaka.pdf http://eprints.ums.ac.id/21140/17/9._Lampiran.pdf http://eprints.ums.ac.id/21140/19/11._Naskah_Publikasi.pdf http://eprints.ums.ac.id/21140/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan komunikasi belajar matematika siswa kelas VII SMP N 3 Jepon Blora dalam pembelajaran matematika pada materi segiempat melalui strategi Teams Games Tournaments (TGT)dengan memanfaatkan alat peraga. Jenis penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subyek penerima adalah siswa kelas VII C SMP N 3 Jepon yang berjumlah 40 siswa. Sedangkan obyek penelitian adalah komunikasi belajar matematika. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, catatan lapangan dan dokumentasi. Teknikanalisis data pada penelitian ini dilakukan menggunakan triangulasi penyidik. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan komunikasi belajar matematika pada pokok bahasan segiempat. Hal ini dapat dilihat dari meningkatnya indikator komunikasi matematika meliputi: 1) Menjawab pertanyaan sebelumtindakan 10% meningkat menjadi 42,5% pada akhir tindakan, 2) Mengemukakan ide sebelum tindakan 7,5% meningkat menjadi 37,5% pada akhir tindakan, 3) Kerjasama dengan kelompok sebelum tindakan 25% meningkat menjadi 80%pada akhir tindakan, 4) Membuat kesimpulan sebelum tindakan 7,5% meningkat menjadi 35% pada akhir tindakan. Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa penggunaan strategi Teams Games Tournaments (TGT)dengan memanfaatkan alat peraga dalam pembelajaran matematika dapat meningkatkan komunikasi belajar matematika.