Penerapan Belajar Matematika Melalui Strategi Teams Games Tournaments( Tgt ) Berbasis Alat Peraga Untuk Meningkatkan Komunikasi Matematika Bagi Siswa Kelas VII Semester Genap SMP3 Jepon Blora Tahun Ajaran 2011/2012
Main Author: | Seftyaningrum , Siska |
---|---|
Format: | Karya Ilmiah NonPeerReviewed application/pdf |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2012
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.ums.ac.id/21140/1/2._Halaman_Depan.pdf http://eprints.ums.ac.id/21140/2/3._Bab_I.pdf http://eprints.ums.ac.id/21140/3/4._Bab_II.pdf http://eprints.ums.ac.id/21140/4/5._Bab_III.pdf http://eprints.ums.ac.id/21140/8/6._Bab_IV.pdf http://eprints.ums.ac.id/21140/11/7._Bab_V.pdf http://eprints.ums.ac.id/21140/14/8._Daftar_Pustaka.pdf http://eprints.ums.ac.id/21140/17/9._Lampiran.pdf http://eprints.ums.ac.id/21140/19/11._Naskah_Publikasi.pdf http://eprints.ums.ac.id/21140/ |
ctrlnum |
21140 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.ums.ac.id/21140/</relation><title>Penerapan Belajar Matematika Melalui Strategi Teams 
Games Tournaments( Tgt ) Berbasis Alat Peraga Untuk 
Meningkatkan Komunikasi Matematika Bagi Siswa Kelas
VII Semester Genap SMP3 Jepon Blora Tahun Ajaran 2011/2012
</title><creator>Seftyaningrum , Siska </creator><subject>LB Theory and practice of education</subject><description>Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan komunikasi belajar 
matematika siswa kelas VII SMP N 3 Jepon Blora dalam pembelajaran 
matematika pada materi segiempat melalui strategi Teams Games Tournaments 
(TGT)dengan memanfaatkan alat peraga. Jenis penelitian ini merupakan 
Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subyek penerima adalah siswa kelas VII C 
SMP N 3 Jepon yang berjumlah 40 siswa. Sedangkan obyek penelitian adalah 
komunikasi belajar matematika. Metode pengumpulan data dilakukan melalui 
observasi, catatan lapangan dan dokumentasi. Teknikanalisis data pada penelitian 
ini dilakukan menggunakan triangulasi penyidik. Hasil penelitian menunjukkan 
adanya peningkatan komunikasi belajar matematika pada pokok bahasan 
segiempat. Hal ini dapat dilihat dari meningkatnya indikator komunikasi 
matematika meliputi: 1) Menjawab pertanyaan sebelumtindakan 10% meningkat 
menjadi 42,5% pada akhir tindakan, 2) Mengemukakan ide sebelum tindakan 
7,5% meningkat menjadi 37,5% pada akhir tindakan, 3) Kerjasama dengan 
kelompok sebelum tindakan 25% meningkat menjadi 80%pada akhir tindakan, 4) 
Membuat kesimpulan sebelum tindakan 7,5% meningkat menjadi 35% pada akhir 
tindakan. Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa penggunaan strategi Teams 
Games Tournaments (TGT)dengan memanfaatkan alat peraga dalam 
pembelajaran matematika dapat meningkatkan komunikasi belajar matematika. 
</description><date>2012</date><type>Other:Karya Ilmiah</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/21140/1/2._Halaman_Depan.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/21140/2/3._Bab_I.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/21140/3/4._Bab_II.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/21140/4/5._Bab_III.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/21140/8/6._Bab_IV.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/21140/11/7._Bab_V.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/21140/14/8._Daftar_Pustaka.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/21140/17/9._Lampiran.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/21140/19/11._Naskah_Publikasi.pdf</identifier><identifier> Seftyaningrum , Siska (2012) Penerapan Belajar Matematika Melalui Strategi Teams Games Tournaments( Tgt ) Berbasis Alat Peraga Untuk Meningkatkan Komunikasi Matematika Bagi Siswa Kelas VII Semester Genap SMP3 Jepon Blora Tahun Ajaran 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. </identifier><relation>A410080288 </relation><recordID>21140</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Other:Karya Ilmiah Other PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview File:application/pdf File |
author |
Seftyaningrum , Siska |
title |
Penerapan Belajar Matematika Melalui Strategi Teams
Games Tournaments( Tgt ) Berbasis Alat Peraga Untuk
Meningkatkan Komunikasi Matematika Bagi Siswa Kelas
VII Semester Genap SMP3 Jepon Blora Tahun Ajaran 2011/2012 |
publishDate |
2012 |
topic |
LB Theory and practice of education |
url |
http://eprints.ums.ac.id/21140/1/2._Halaman_Depan.pdf http://eprints.ums.ac.id/21140/2/3._Bab_I.pdf http://eprints.ums.ac.id/21140/3/4._Bab_II.pdf http://eprints.ums.ac.id/21140/4/5._Bab_III.pdf http://eprints.ums.ac.id/21140/8/6._Bab_IV.pdf http://eprints.ums.ac.id/21140/11/7._Bab_V.pdf http://eprints.ums.ac.id/21140/14/8._Daftar_Pustaka.pdf http://eprints.ums.ac.id/21140/17/9._Lampiran.pdf http://eprints.ums.ac.id/21140/19/11._Naskah_Publikasi.pdf http://eprints.ums.ac.id/21140/ |
contents |
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan komunikasi belajar
matematika siswa kelas VII SMP N 3 Jepon Blora dalam pembelajaran
matematika pada materi segiempat melalui strategi Teams Games Tournaments
(TGT)dengan memanfaatkan alat peraga. Jenis penelitian ini merupakan
Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subyek penerima adalah siswa kelas VII C
SMP N 3 Jepon yang berjumlah 40 siswa. Sedangkan obyek penelitian adalah
komunikasi belajar matematika. Metode pengumpulan data dilakukan melalui
observasi, catatan lapangan dan dokumentasi. Teknikanalisis data pada penelitian
ini dilakukan menggunakan triangulasi penyidik. Hasil penelitian menunjukkan
adanya peningkatan komunikasi belajar matematika pada pokok bahasan
segiempat. Hal ini dapat dilihat dari meningkatnya indikator komunikasi
matematika meliputi: 1) Menjawab pertanyaan sebelumtindakan 10% meningkat
menjadi 42,5% pada akhir tindakan, 2) Mengemukakan ide sebelum tindakan
7,5% meningkat menjadi 37,5% pada akhir tindakan, 3) Kerjasama dengan
kelompok sebelum tindakan 25% meningkat menjadi 80%pada akhir tindakan, 4)
Membuat kesimpulan sebelum tindakan 7,5% meningkat menjadi 35% pada akhir
tindakan. Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa penggunaan strategi Teams
Games Tournaments (TGT)dengan memanfaatkan alat peraga dalam
pembelajaran matematika dapat meningkatkan komunikasi belajar matematika.
|
id |
IOS2728.21140 |
institution |
Universitas Muhammadiyah Surakarta |
institution_id |
249 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Surakarta |
library_id |
555 |
collection |
Digital Repository Universitas Muhammadiyah Surakarta |
repository_id |
2728 |
subject_area |
Agama Ekonomi Farmasi |
city |
KOTA SURAKARTA |
province |
JAWA TENGAH |
repoId |
IOS2728 |
first_indexed |
2016-09-22T02:44:15Z |
last_indexed |
2016-09-22T02:44:16Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1765810731865866240 |
score |
17.538404 |