Penerapan Belajar Matematika Melalui Strategi Teams Games Tournaments( Tgt ) Berbasis Alat Peraga Untuk Meningkatkan Komunikasi Matematika Bagi Siswa Kelas VII Semester Genap SMP3 Jepon Blora Tahun Ajaran 2011/2012

Main Author: Seftyaningrum , Siska
Format: Karya Ilmiah NonPeerReviewed application/pdf
Bahasa: eng
Terbitan: , 2012
Subjects:
Online Access: http://eprints.ums.ac.id/21140/1/2._Halaman_Depan.pdf
http://eprints.ums.ac.id/21140/2/3._Bab_I.pdf
http://eprints.ums.ac.id/21140/3/4._Bab_II.pdf
http://eprints.ums.ac.id/21140/4/5._Bab_III.pdf
http://eprints.ums.ac.id/21140/8/6._Bab_IV.pdf
http://eprints.ums.ac.id/21140/11/7._Bab_V.pdf
http://eprints.ums.ac.id/21140/14/8._Daftar_Pustaka.pdf
http://eprints.ums.ac.id/21140/17/9._Lampiran.pdf
http://eprints.ums.ac.id/21140/19/11._Naskah_Publikasi.pdf
http://eprints.ums.ac.id/21140/
ctrlnum 21140
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.ums.ac.id/21140/</relation><title>Penerapan Belajar Matematika Melalui Strategi Teams &#xD; Games Tournaments( Tgt ) Berbasis Alat Peraga Untuk &#xD; Meningkatkan Komunikasi Matematika Bagi Siswa Kelas&#xD; VII Semester Genap SMP3 Jepon Blora Tahun Ajaran 2011/2012&#xD; </title><creator>Seftyaningrum , Siska </creator><subject>LB Theory and practice of education</subject><description>Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan komunikasi belajar &#xD; matematika siswa kelas VII SMP N 3 Jepon Blora dalam pembelajaran &#xD; matematika pada materi segiempat melalui strategi Teams Games Tournaments &#xD; (TGT)dengan memanfaatkan alat peraga. Jenis penelitian ini merupakan &#xD; Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subyek penerima adalah siswa kelas VII C &#xD; SMP N 3 Jepon yang berjumlah 40 siswa. Sedangkan obyek penelitian adalah &#xD; komunikasi belajar matematika. Metode pengumpulan data dilakukan melalui &#xD; observasi, catatan lapangan dan dokumentasi. Teknikanalisis data pada penelitian &#xD; ini dilakukan menggunakan triangulasi penyidik. Hasil penelitian menunjukkan &#xD; adanya peningkatan komunikasi belajar matematika pada pokok bahasan &#xD; segiempat. Hal ini dapat dilihat dari meningkatnya indikator komunikasi &#xD; matematika meliputi: 1) Menjawab pertanyaan sebelumtindakan 10% meningkat &#xD; menjadi 42,5% pada akhir tindakan, 2) Mengemukakan ide sebelum tindakan &#xD; 7,5% meningkat menjadi 37,5% pada akhir tindakan, 3) Kerjasama dengan &#xD; kelompok sebelum tindakan 25% meningkat menjadi 80%pada akhir tindakan, 4) &#xD; Membuat kesimpulan sebelum tindakan 7,5% meningkat menjadi 35% pada akhir &#xD; tindakan. Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa penggunaan strategi Teams &#xD; Games Tournaments (TGT)dengan memanfaatkan alat peraga dalam &#xD; pembelajaran matematika dapat meningkatkan komunikasi belajar matematika. &#xD; </description><date>2012</date><type>Other:Karya Ilmiah</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/21140/1/2._Halaman_Depan.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/21140/2/3._Bab_I.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/21140/3/4._Bab_II.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/21140/4/5._Bab_III.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/21140/8/6._Bab_IV.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/21140/11/7._Bab_V.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/21140/14/8._Daftar_Pustaka.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/21140/17/9._Lampiran.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/21140/19/11._Naskah_Publikasi.pdf</identifier><identifier> Seftyaningrum , Siska (2012) Penerapan Belajar Matematika Melalui Strategi Teams Games Tournaments( Tgt ) Berbasis Alat Peraga Untuk Meningkatkan Komunikasi Matematika Bagi Siswa Kelas VII Semester Genap SMP3 Jepon Blora Tahun Ajaran 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. </identifier><relation>A410080288 </relation><recordID>21140</recordID></dc>
language eng
format Other:Karya Ilmiah
Other
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
File:application/pdf
File
author Seftyaningrum , Siska
title Penerapan Belajar Matematika Melalui Strategi Teams Games Tournaments( Tgt ) Berbasis Alat Peraga Untuk Meningkatkan Komunikasi Matematika Bagi Siswa Kelas VII Semester Genap SMP3 Jepon Blora Tahun Ajaran 2011/2012
publishDate 2012
topic LB Theory and practice of education
url http://eprints.ums.ac.id/21140/1/2._Halaman_Depan.pdf
http://eprints.ums.ac.id/21140/2/3._Bab_I.pdf
http://eprints.ums.ac.id/21140/3/4._Bab_II.pdf
http://eprints.ums.ac.id/21140/4/5._Bab_III.pdf
http://eprints.ums.ac.id/21140/8/6._Bab_IV.pdf
http://eprints.ums.ac.id/21140/11/7._Bab_V.pdf
http://eprints.ums.ac.id/21140/14/8._Daftar_Pustaka.pdf
http://eprints.ums.ac.id/21140/17/9._Lampiran.pdf
http://eprints.ums.ac.id/21140/19/11._Naskah_Publikasi.pdf
http://eprints.ums.ac.id/21140/
contents Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan komunikasi belajar matematika siswa kelas VII SMP N 3 Jepon Blora dalam pembelajaran matematika pada materi segiempat melalui strategi Teams Games Tournaments (TGT)dengan memanfaatkan alat peraga. Jenis penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subyek penerima adalah siswa kelas VII C SMP N 3 Jepon yang berjumlah 40 siswa. Sedangkan obyek penelitian adalah komunikasi belajar matematika. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, catatan lapangan dan dokumentasi. Teknikanalisis data pada penelitian ini dilakukan menggunakan triangulasi penyidik. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan komunikasi belajar matematika pada pokok bahasan segiempat. Hal ini dapat dilihat dari meningkatnya indikator komunikasi matematika meliputi: 1) Menjawab pertanyaan sebelumtindakan 10% meningkat menjadi 42,5% pada akhir tindakan, 2) Mengemukakan ide sebelum tindakan 7,5% meningkat menjadi 37,5% pada akhir tindakan, 3) Kerjasama dengan kelompok sebelum tindakan 25% meningkat menjadi 80%pada akhir tindakan, 4) Membuat kesimpulan sebelum tindakan 7,5% meningkat menjadi 35% pada akhir tindakan. Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa penggunaan strategi Teams Games Tournaments (TGT)dengan memanfaatkan alat peraga dalam pembelajaran matematika dapat meningkatkan komunikasi belajar matematika.
id IOS2728.21140
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
institution_id 249
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Surakarta
library_id 555
collection Digital Repository Universitas Muhammadiyah Surakarta
repository_id 2728
subject_area Agama
Ekonomi
Farmasi
city KOTA SURAKARTA
province JAWA TENGAH
repoId IOS2728
first_indexed 2016-09-22T02:44:15Z
last_indexed 2016-09-22T02:44:16Z
recordtype dc
_version_ 1765810731865866240
score 17.538404