Media Pembelajaran Interaktif Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Untuk Siswa Kelas 3 Sekolah Dasar
Main Author: | Darmastuti, Effie Adjeng |
---|---|
Format: | Karya Ilmiah NonPeerReviewed application/pdf |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2012
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.ums.ac.id/20339/1/Halaman_Depan.pdf http://eprints.ums.ac.id/20339/2/BAB_I.pdf http://eprints.ums.ac.id/20339/3/BAB_II.pdf http://eprints.ums.ac.id/20339/5/BAB_III.pdf http://eprints.ums.ac.id/20339/6/BAB_IV.pdf http://eprints.ums.ac.id/20339/7/BAB_V.pdf http://eprints.ums.ac.id/20339/8/Daftar_Pustaka.pdf http://eprints.ums.ac.id/20339/10/Lampiran.pdf http://eprints.ums.ac.id/20339/12/Naskah_Publikasi.pdf http://eprints.ums.ac.id/20339/ |
Daftar Isi:
- Perkembangan teknologi komputer dapat dimanfaatkan siswa untuk belajar secara mandiri. Siswa kelas 3 sekolah dasar merupakan anak yang berada pada kelas awal sekolah dasar, dimana anak mulai mencari tahu mengenai sebab akibat yang terjadi. Salah satu mata pelajaran yang dipelajari oleh siswa kelas 3 sekolah dasar yaitu Ilmu Pengetahuan Alam yang dapat dipelajarai melalui suatu demonstrasi atau simulasi, sedangkan pada kenyataannya, siswa hanya diajarkan mengenai teori saja dan pembelajaran terpusat kepada guru. Siswa kelas 3 sekolah dasar membutuhkan suatu media pembelajaran interaktif yang dapat digunakan untuk membantu siswa belajar secara mandiri dalam bidang Ilmu Pengetahuan Alam untuk siswa kelas 3 sekolah dasar. Metode penelitian yang digunakan yaitu pengumpulan materi, perancangan program dengan pembuatan storyboard terlebih dahulu, perekaman suara, pembuatan program dengan Macromedia Flash 8, kemudian dilakukan pengujian program dengan melibatkan guru dan siswa menggunakan kuisioner. Media pembelajaran ini berisi sepuluh materi yang diajarkan kepada siswa kelas 3 sekolah dasar dengan berbagai gambar dan animasi yang menarik. Latihan soal juga diberikan untuk mengingatkan siswa terhadap materi yang telah dipelajari. Hasil dari penelitian ini yaitu program Media Pembelajaran Interaktif Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam untuk Siswa Kelas 3 Sekolah Dasar telah selesai dibuat. Pengujian yang dilakukan menunjukkan bahwa 100% responden menyatakan program ini menarik dan dapat digunakan siswa untuk belajar secara mandiri. 85% siswa mengalami peningkatan nilai yang bervariasi antara 12%- 80%.