Media Pembelajaran Interaktif Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Untuk Siswa Kelas 3 Sekolah Dasar
Main Author: | Darmastuti, Effie Adjeng |
---|---|
Format: | Karya Ilmiah NonPeerReviewed application/pdf |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2012
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.ums.ac.id/20339/1/Halaman_Depan.pdf http://eprints.ums.ac.id/20339/2/BAB_I.pdf http://eprints.ums.ac.id/20339/3/BAB_II.pdf http://eprints.ums.ac.id/20339/5/BAB_III.pdf http://eprints.ums.ac.id/20339/6/BAB_IV.pdf http://eprints.ums.ac.id/20339/7/BAB_V.pdf http://eprints.ums.ac.id/20339/8/Daftar_Pustaka.pdf http://eprints.ums.ac.id/20339/10/Lampiran.pdf http://eprints.ums.ac.id/20339/12/Naskah_Publikasi.pdf http://eprints.ums.ac.id/20339/ |
ctrlnum |
20339 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.ums.ac.id/20339/</relation><title>Media Pembelajaran Interaktif Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Untuk Siswa Kelas 3 Sekolah Dasar
</title><creator>Darmastuti, Effie Adjeng </creator><subject>QA75 Electronic computers. Computer science</subject><description>Perkembangan teknologi komputer dapat dimanfaatkan siswa untuk
belajar secara mandiri. Siswa kelas 3 sekolah dasar merupakan anak yang berada
pada kelas awal sekolah dasar, dimana anak mulai mencari tahu mengenai sebab
akibat yang terjadi. Salah satu mata pelajaran yang dipelajari oleh siswa kelas 3
sekolah dasar yaitu Ilmu Pengetahuan Alam yang dapat dipelajarai melalui suatu
demonstrasi atau simulasi, sedangkan pada kenyataannya, siswa hanya diajarkan
mengenai teori saja dan pembelajaran terpusat kepada guru. Siswa kelas 3 sekolah
dasar membutuhkan suatu media pembelajaran interaktif yang dapat digunakan
untuk membantu siswa belajar secara mandiri dalam bidang Ilmu Pengetahuan
Alam untuk siswa kelas 3 sekolah dasar.
Metode penelitian yang digunakan yaitu pengumpulan materi,
perancangan program dengan pembuatan storyboard terlebih dahulu, perekaman
suara, pembuatan program dengan Macromedia Flash 8, kemudian dilakukan
pengujian program dengan melibatkan guru dan siswa menggunakan kuisioner.
Media pembelajaran ini berisi sepuluh materi yang diajarkan kepada siswa
kelas 3 sekolah dasar dengan berbagai gambar dan animasi yang menarik. Latihan
soal juga diberikan untuk mengingatkan siswa terhadap materi yang telah
dipelajari. Hasil dari penelitian ini yaitu program Media Pembelajaran Interaktif
Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam untuk Siswa Kelas 3 Sekolah Dasar telah
selesai dibuat. Pengujian yang dilakukan menunjukkan bahwa 100% responden
menyatakan program ini menarik dan dapat digunakan siswa untuk belajar secara
mandiri. 85% siswa mengalami peningkatan nilai yang bervariasi antara 12%-
80%.
</description><date>2012</date><type>Other:Karya Ilmiah</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/20339/1/Halaman_Depan.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/20339/2/BAB_I.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/20339/3/BAB_II.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/20339/5/BAB_III.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/20339/6/BAB_IV.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/20339/7/BAB_V.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/20339/8/Daftar_Pustaka.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/20339/10/Lampiran.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/20339/12/Naskah_Publikasi.pdf</identifier><identifier> Darmastuti, Effie Adjeng (2012) Media Pembelajaran Interaktif Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Untuk Siswa Kelas 3 Sekolah Dasar. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. </identifier><relation>L200080105</relation><recordID>20339</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Other:Karya Ilmiah Other PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview File:application/pdf File |
author |
Darmastuti, Effie Adjeng |
title |
Media Pembelajaran Interaktif Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Untuk Siswa Kelas 3 Sekolah Dasar |
publishDate |
2012 |
topic |
QA75 Electronic computers. Computer science |
url |
http://eprints.ums.ac.id/20339/1/Halaman_Depan.pdf http://eprints.ums.ac.id/20339/2/BAB_I.pdf http://eprints.ums.ac.id/20339/3/BAB_II.pdf http://eprints.ums.ac.id/20339/5/BAB_III.pdf http://eprints.ums.ac.id/20339/6/BAB_IV.pdf http://eprints.ums.ac.id/20339/7/BAB_V.pdf http://eprints.ums.ac.id/20339/8/Daftar_Pustaka.pdf http://eprints.ums.ac.id/20339/10/Lampiran.pdf http://eprints.ums.ac.id/20339/12/Naskah_Publikasi.pdf http://eprints.ums.ac.id/20339/ |
contents |
Perkembangan teknologi komputer dapat dimanfaatkan siswa untuk
belajar secara mandiri. Siswa kelas 3 sekolah dasar merupakan anak yang berada
pada kelas awal sekolah dasar, dimana anak mulai mencari tahu mengenai sebab
akibat yang terjadi. Salah satu mata pelajaran yang dipelajari oleh siswa kelas 3
sekolah dasar yaitu Ilmu Pengetahuan Alam yang dapat dipelajarai melalui suatu
demonstrasi atau simulasi, sedangkan pada kenyataannya, siswa hanya diajarkan
mengenai teori saja dan pembelajaran terpusat kepada guru. Siswa kelas 3 sekolah
dasar membutuhkan suatu media pembelajaran interaktif yang dapat digunakan
untuk membantu siswa belajar secara mandiri dalam bidang Ilmu Pengetahuan
Alam untuk siswa kelas 3 sekolah dasar.
Metode penelitian yang digunakan yaitu pengumpulan materi,
perancangan program dengan pembuatan storyboard terlebih dahulu, perekaman
suara, pembuatan program dengan Macromedia Flash 8, kemudian dilakukan
pengujian program dengan melibatkan guru dan siswa menggunakan kuisioner.
Media pembelajaran ini berisi sepuluh materi yang diajarkan kepada siswa
kelas 3 sekolah dasar dengan berbagai gambar dan animasi yang menarik. Latihan
soal juga diberikan untuk mengingatkan siswa terhadap materi yang telah
dipelajari. Hasil dari penelitian ini yaitu program Media Pembelajaran Interaktif
Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam untuk Siswa Kelas 3 Sekolah Dasar telah
selesai dibuat. Pengujian yang dilakukan menunjukkan bahwa 100% responden
menyatakan program ini menarik dan dapat digunakan siswa untuk belajar secara
mandiri. 85% siswa mengalami peningkatan nilai yang bervariasi antara 12%-
80%.
|
id |
IOS2728.20339 |
institution |
Universitas Muhammadiyah Surakarta |
institution_id |
249 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Surakarta |
library_id |
555 |
collection |
Digital Repository Universitas Muhammadiyah Surakarta |
repository_id |
2728 |
subject_area |
Agama Ekonomi Farmasi |
city |
KOTA SURAKARTA |
province |
JAWA TENGAH |
repoId |
IOS2728 |
first_indexed |
2016-09-22T02:43:36Z |
last_indexed |
2016-09-22T02:43:40Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1765810727010959360 |
score |
17.538404 |