Peningkatan Hasil Belajar Ipa Melalui Model Pembelajaran Quiz Team Pada Siswa Kelas V Sd Negeri Kartasura 6 Tahun Ajaran 2011 / 2012
Main Author: | WIJAYANTI, RATIH KUMALA |
---|---|
Format: | Karya Ilmiah NonPeerReviewed application/pdf |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2012
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.ums.ac.id/19914/1/02._HALAMAN_DEPAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/19914/2/03._BAB_I.pdf http://eprints.ums.ac.id/19914/3/04._BAB_II.pdf http://eprints.ums.ac.id/19914/6/05._BAB_III.pdf http://eprints.ums.ac.id/19914/7/06._BAB_IV.pdf http://eprints.ums.ac.id/19914/13/07._BAB_V.pdf http://eprints.ums.ac.id/19914/16/08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf http://eprints.ums.ac.id/19914/19/09._LAMPIRAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/19914/22/11._NASKAH_PUBLIKASI.pdf http://eprints.ums.ac.id/19914/ |
Daftar Isi:
- Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar IPA melalui model pembelajaran Quiz Team pada siswa kelas V SD Negeri Kartasura 6 Kecamatan Kartasura, Sukoharjo. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas. Subyek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas V SD Negeri Kartasura 6 Kecamatan Kartasura, Sukoharjo. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan melalui dua siklus. Dari hasil tindakan siklus I sampai siklus II terjadi peningkatan hasil belajar IPA yang didapat siswa. Metode pengumpulan data digunakan teknik observasi, dokumentasi, tes dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis non statistik / analisis kualitatif. Hal ini terlihat dari hasil evaluasi yang digunakan peneliti untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Pada siklus I dari 24 siswa yang hadir terdapat 79,17% yang mendapat nilai ≥65, sebagai KKM. Pada siklus II dari 24 siswa yang hadir terdapat 87,5% yang mendapat nilai ≥ 65, sebagai KKM, hal ini menyatakan ada peningkatan sebanyak 8,33% dari siklus I. Dari data di atas dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan model pembelajaran Quiz Team dapat meningkatkan hasil belajar IPA pada siswa kelas V SD Negeri Kartasura 6 Kecamatan Kartasura, Sukoharjo tahun ajaran 2011/2012.