Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar IPA melalui model pembelajaran Quiz Team pada siswa kelas V SD Negeri Kartasura 6 Kecamatan Kartasura, Sukoharjo. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas. Subyek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas V SD Negeri Kartasura 6 Kecamatan Kartasura, Sukoharjo. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan melalui dua siklus. Dari hasil tindakan siklus I sampai siklus II terjadi peningkatan hasil belajar IPA yang didapat siswa. Metode pengumpulan data digunakan teknik observasi, dokumentasi, tes dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis non statistik / analisis kualitatif. Hal ini terlihat dari hasil evaluasi yang digunakan peneliti untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Pada siklus I dari 24 siswa yang hadir terdapat 79,17% yang mendapat nilai ≥65, sebagai KKM. Pada siklus II dari 24 siswa yang hadir terdapat 87,5% yang mendapat nilai ≥ 65, sebagai KKM, hal ini menyatakan ada peningkatan sebanyak 8,33% dari siklus I. Dari data di atas dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan model pembelajaran Quiz Team dapat meningkatkan hasil belajar IPA pada siswa kelas V SD Negeri Kartasura 6 Kecamatan Kartasura, Sukoharjo tahun ajaran 2011/2012.