Upaya Peningkatan Keaktifan Belajar Matematika Siswa Pada Pokok Bahasan Bangun Datar (Segi Empat) Melalui Penerapan Model Participative Teaching And Learning (PTK di Kelas VII SMP Muhammadiyah 1 Gatak Sukoharjo)
Main Author: | Sidiq, Muhamad |
---|---|
Format: | Karya Ilmiah NonPeerReviewed application/pdf |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2012
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.ums.ac.id/19781/1/02._HALAMAN_DEPAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/19781/3/03._BAB_I.pdf http://eprints.ums.ac.id/19781/4/04._BAB_II.pdf http://eprints.ums.ac.id/19781/8/05._BAB_III.pdf http://eprints.ums.ac.id/19781/10/06._BAB_IV.pdf http://eprints.ums.ac.id/19781/11/07._BAB_V.pdf http://eprints.ums.ac.id/19781/16/08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf http://eprints.ums.ac.id/19781/18/09._LAMPIRAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/19781/19/11._NASKAH_PUBLIKASI.pdf http://eprints.ums.ac.id/19781/ |
Daftar Isi:
- Tujuan Penelitian Tindakan Kelas ini adalah meningkatkan keaktifan belajar matematika siswa dengan menggunakan model pembelajaran Participative Teaching and Learning. Pendekatan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan desain penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Subjek yang melakukan tindakan adalah peneliti bekerjasama dengan guru matematika. Subjek yang dikenai tindakan adalah siswa kelas VII A SMP Muhammadiyah 1 Gatak Sukoharjo sejumlah 20 siswa. Data dikumpulkan melalui metode observasi, catatan lapangan, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan analisis interaktif. Hasil penelitian adalah adanya peningkatan keaktifan belajar matematika siswa yang dapat dilihat dari meningkatnya indikator keaktifan meliputi aspek : (1) bertanya dengan bahasa yang tepat 10% diakhir tindakan 70%, (2) menjawab pertanyaan (latihan mandiri) dengan tepat 5% diakhir tindakan 75%, (3) keaktifan siswa bekerjasama dalam kelompok sebelum tindakan 10% diakhir tindakan 80%, (4) aktif menanggapi kelompok yang presentasi sebelum tindakan 10% diakhir tindakan 70%. Penelitian ini menyimpulkan bahwa model pembelajaran Participative Teaching and Learning (Participatory Learning) mengandung arti ikut sertanya peserta didik dalam kegiatan pembelajaran. Keikusertaan peserta didik itu diwujudkan dalam tiga tahapan kegiatan pembelajaran yaitu perencanaan program (program planning), pelaksanaan (program implementation), dan penilaian (program evaluation) kegiatan pembelajaran. Penerapan model pembelajaran Participative Teaching and Learning dapat meningkatkan keaktifan belajar matematika siswa