Upaya Peningkatan Keaktifan Belajar Matematika Siswa Pada Pokok Bahasan Bangun Datar (Segi Empat) Melalui Penerapan Model Participative Teaching And Learning (PTK di Kelas VII SMP Muhammadiyah 1 Gatak Sukoharjo)

Main Author: Sidiq, Muhamad
Format: Karya Ilmiah NonPeerReviewed application/pdf
Bahasa: eng
Terbitan: , 2012
Subjects:
Online Access: http://eprints.ums.ac.id/19781/1/02._HALAMAN_DEPAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19781/3/03._BAB_I.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19781/4/04._BAB_II.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19781/8/05._BAB_III.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19781/10/06._BAB_IV.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19781/11/07._BAB_V.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19781/16/08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19781/18/09._LAMPIRAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19781/19/11._NASKAH_PUBLIKASI.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19781/
ctrlnum 19781
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.ums.ac.id/19781/</relation><title>Upaya Peningkatan Keaktifan Belajar Matematika Siswa Pada&#xD; Pokok Bahasan Bangun Datar (Segi Empat) Melalui Penerapan&#xD; Model Participative Teaching And Learning&#xD; (PTK di Kelas VII SMP Muhammadiyah 1 Gatak Sukoharjo)&#xD; &#xD; </title><creator>Sidiq, Muhamad </creator><subject>L Education (General)</subject><description>Tujuan Penelitian Tindakan Kelas ini adalah meningkatkan keaktifan belajar&#xD; matematika siswa dengan menggunakan model pembelajaran Participative&#xD; Teaching and Learning. Pendekatan dalam penelitian ini adalah pendekatan&#xD; kualitatif dengan desain penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan&#xD; kelas. Subjek yang melakukan tindakan adalah peneliti bekerjasama dengan guru&#xD; matematika. Subjek yang dikenai tindakan adalah siswa kelas VII A SMP&#xD; Muhammadiyah 1 Gatak Sukoharjo sejumlah 20 siswa. Data dikumpulkan melalui&#xD; metode observasi, catatan lapangan, dan dokumentasi. Teknik analisis data&#xD; dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan analisis interaktif. Hasil penelitian&#xD; adalah adanya peningkatan keaktifan belajar matematika siswa yang dapat dilihat&#xD; dari meningkatnya indikator keaktifan meliputi aspek : (1) bertanya dengan&#xD; bahasa yang tepat 10% diakhir tindakan 70%, (2) menjawab pertanyaan (latihan&#xD; mandiri) dengan tepat 5% diakhir tindakan 75%, (3) keaktifan siswa bekerjasama&#xD; dalam kelompok sebelum tindakan 10% diakhir tindakan 80%, (4) aktif&#xD; menanggapi kelompok yang presentasi sebelum tindakan 10% diakhir tindakan&#xD; 70%. Penelitian ini menyimpulkan bahwa model pembelajaran Participative&#xD; Teaching and Learning (Participatory Learning) mengandung arti ikut sertanya&#xD; peserta didik dalam kegiatan pembelajaran. Keikusertaan peserta didik itu&#xD; diwujudkan dalam tiga tahapan kegiatan pembelajaran yaitu perencanaan program&#xD; (program planning), pelaksanaan (program implementation), dan penilaian&#xD; (program evaluation) kegiatan pembelajaran. Penerapan model pembelajaran&#xD; Participative Teaching and Learning dapat meningkatkan keaktifan belajar&#xD; matematika siswa</description><date>2012</date><type>Other:Karya Ilmiah</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/19781/1/02._HALAMAN_DEPAN.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/19781/3/03._BAB_I.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/19781/4/04._BAB_II.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/19781/8/05._BAB_III.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/19781/10/06._BAB_IV.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/19781/11/07._BAB_V.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/19781/16/08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/19781/18/09._LAMPIRAN.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/19781/19/11._NASKAH_PUBLIKASI.pdf</identifier><identifier> Sidiq, Muhamad (2012) Upaya Peningkatan Keaktifan Belajar Matematika Siswa Pada Pokok Bahasan Bangun Datar (Segi Empat) Melalui Penerapan Model Participative Teaching And Learning (PTK di Kelas VII SMP Muhammadiyah 1 Gatak Sukoharjo). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. </identifier><relation>A410080079</relation><recordID>19781</recordID></dc>
language eng
format Other:Karya Ilmiah
Other
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
File:application/pdf
File
author Sidiq, Muhamad
title Upaya Peningkatan Keaktifan Belajar Matematika Siswa Pada Pokok Bahasan Bangun Datar (Segi Empat) Melalui Penerapan Model Participative Teaching And Learning (PTK di Kelas VII SMP Muhammadiyah 1 Gatak Sukoharjo)
publishDate 2012
topic L Education (General)
url http://eprints.ums.ac.id/19781/1/02._HALAMAN_DEPAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19781/3/03._BAB_I.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19781/4/04._BAB_II.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19781/8/05._BAB_III.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19781/10/06._BAB_IV.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19781/11/07._BAB_V.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19781/16/08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19781/18/09._LAMPIRAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19781/19/11._NASKAH_PUBLIKASI.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19781/
contents Tujuan Penelitian Tindakan Kelas ini adalah meningkatkan keaktifan belajar matematika siswa dengan menggunakan model pembelajaran Participative Teaching and Learning. Pendekatan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan desain penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Subjek yang melakukan tindakan adalah peneliti bekerjasama dengan guru matematika. Subjek yang dikenai tindakan adalah siswa kelas VII A SMP Muhammadiyah 1 Gatak Sukoharjo sejumlah 20 siswa. Data dikumpulkan melalui metode observasi, catatan lapangan, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan analisis interaktif. Hasil penelitian adalah adanya peningkatan keaktifan belajar matematika siswa yang dapat dilihat dari meningkatnya indikator keaktifan meliputi aspek : (1) bertanya dengan bahasa yang tepat 10% diakhir tindakan 70%, (2) menjawab pertanyaan (latihan mandiri) dengan tepat 5% diakhir tindakan 75%, (3) keaktifan siswa bekerjasama dalam kelompok sebelum tindakan 10% diakhir tindakan 80%, (4) aktif menanggapi kelompok yang presentasi sebelum tindakan 10% diakhir tindakan 70%. Penelitian ini menyimpulkan bahwa model pembelajaran Participative Teaching and Learning (Participatory Learning) mengandung arti ikut sertanya peserta didik dalam kegiatan pembelajaran. Keikusertaan peserta didik itu diwujudkan dalam tiga tahapan kegiatan pembelajaran yaitu perencanaan program (program planning), pelaksanaan (program implementation), dan penilaian (program evaluation) kegiatan pembelajaran. Penerapan model pembelajaran Participative Teaching and Learning dapat meningkatkan keaktifan belajar matematika siswa
id IOS2728.19781
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
institution_id 249
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Surakarta
library_id 555
collection Digital Repository Universitas Muhammadiyah Surakarta
repository_id 2728
subject_area Agama
Ekonomi
Farmasi
city KOTA SURAKARTA
province JAWA TENGAH
repoId IOS2728
first_indexed 2016-09-22T02:43:08Z
last_indexed 2016-09-22T02:43:09Z
recordtype dc
_version_ 1765810723676487680
score 17.538404