Upaya Peningkatan Keaktifan Belajar Matematika Siswa Pada Pokok Bahasan Bangun Datar (Segi Empat) Melalui Penerapan Model Participative Teaching And Learning (PTK di Kelas VII SMP Muhammadiyah 1 Gatak Sukoharjo)
Main Author: | Sidiq, Muhamad |
---|---|
Format: | Karya Ilmiah NonPeerReviewed application/pdf |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2012
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.ums.ac.id/19781/1/02._HALAMAN_DEPAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/19781/3/03._BAB_I.pdf http://eprints.ums.ac.id/19781/4/04._BAB_II.pdf http://eprints.ums.ac.id/19781/8/05._BAB_III.pdf http://eprints.ums.ac.id/19781/10/06._BAB_IV.pdf http://eprints.ums.ac.id/19781/11/07._BAB_V.pdf http://eprints.ums.ac.id/19781/16/08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf http://eprints.ums.ac.id/19781/18/09._LAMPIRAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/19781/19/11._NASKAH_PUBLIKASI.pdf http://eprints.ums.ac.id/19781/ |
ctrlnum |
19781 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.ums.ac.id/19781/</relation><title>Upaya Peningkatan Keaktifan Belajar Matematika Siswa Pada
Pokok Bahasan Bangun Datar (Segi Empat) Melalui Penerapan
Model Participative Teaching And Learning
(PTK di Kelas VII SMP Muhammadiyah 1 Gatak Sukoharjo)

</title><creator>Sidiq, Muhamad </creator><subject>L Education (General)</subject><description>Tujuan Penelitian Tindakan Kelas ini adalah meningkatkan keaktifan belajar
matematika siswa dengan menggunakan model pembelajaran Participative
Teaching and Learning. Pendekatan dalam penelitian ini adalah pendekatan
kualitatif dengan desain penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan
kelas. Subjek yang melakukan tindakan adalah peneliti bekerjasama dengan guru
matematika. Subjek yang dikenai tindakan adalah siswa kelas VII A SMP
Muhammadiyah 1 Gatak Sukoharjo sejumlah 20 siswa. Data dikumpulkan melalui
metode observasi, catatan lapangan, dan dokumentasi. Teknik analisis data
dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan analisis interaktif. Hasil penelitian
adalah adanya peningkatan keaktifan belajar matematika siswa yang dapat dilihat
dari meningkatnya indikator keaktifan meliputi aspek : (1) bertanya dengan
bahasa yang tepat 10% diakhir tindakan 70%, (2) menjawab pertanyaan (latihan
mandiri) dengan tepat 5% diakhir tindakan 75%, (3) keaktifan siswa bekerjasama
dalam kelompok sebelum tindakan 10% diakhir tindakan 80%, (4) aktif
menanggapi kelompok yang presentasi sebelum tindakan 10% diakhir tindakan
70%. Penelitian ini menyimpulkan bahwa model pembelajaran Participative
Teaching and Learning (Participatory Learning) mengandung arti ikut sertanya
peserta didik dalam kegiatan pembelajaran. Keikusertaan peserta didik itu
diwujudkan dalam tiga tahapan kegiatan pembelajaran yaitu perencanaan program
(program planning), pelaksanaan (program implementation), dan penilaian
(program evaluation) kegiatan pembelajaran. Penerapan model pembelajaran
Participative Teaching and Learning dapat meningkatkan keaktifan belajar
matematika siswa</description><date>2012</date><type>Other:Karya Ilmiah</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/19781/1/02._HALAMAN_DEPAN.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/19781/3/03._BAB_I.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/19781/4/04._BAB_II.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/19781/8/05._BAB_III.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/19781/10/06._BAB_IV.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/19781/11/07._BAB_V.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/19781/16/08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/19781/18/09._LAMPIRAN.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/19781/19/11._NASKAH_PUBLIKASI.pdf</identifier><identifier> Sidiq, Muhamad (2012) Upaya Peningkatan Keaktifan Belajar Matematika Siswa Pada Pokok Bahasan Bangun Datar (Segi Empat) Melalui Penerapan Model Participative Teaching And Learning (PTK di Kelas VII SMP Muhammadiyah 1 Gatak Sukoharjo). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. </identifier><relation>A410080079</relation><recordID>19781</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Other:Karya Ilmiah Other PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview File:application/pdf File |
author |
Sidiq, Muhamad |
title |
Upaya Peningkatan Keaktifan Belajar Matematika Siswa Pada
Pokok Bahasan Bangun Datar (Segi Empat) Melalui Penerapan
Model Participative Teaching And Learning
(PTK di Kelas VII SMP Muhammadiyah 1 Gatak Sukoharjo) |
publishDate |
2012 |
topic |
L Education (General) |
url |
http://eprints.ums.ac.id/19781/1/02._HALAMAN_DEPAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/19781/3/03._BAB_I.pdf http://eprints.ums.ac.id/19781/4/04._BAB_II.pdf http://eprints.ums.ac.id/19781/8/05._BAB_III.pdf http://eprints.ums.ac.id/19781/10/06._BAB_IV.pdf http://eprints.ums.ac.id/19781/11/07._BAB_V.pdf http://eprints.ums.ac.id/19781/16/08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf http://eprints.ums.ac.id/19781/18/09._LAMPIRAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/19781/19/11._NASKAH_PUBLIKASI.pdf http://eprints.ums.ac.id/19781/ |
contents |
Tujuan Penelitian Tindakan Kelas ini adalah meningkatkan keaktifan belajar
matematika siswa dengan menggunakan model pembelajaran Participative
Teaching and Learning. Pendekatan dalam penelitian ini adalah pendekatan
kualitatif dengan desain penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan
kelas. Subjek yang melakukan tindakan adalah peneliti bekerjasama dengan guru
matematika. Subjek yang dikenai tindakan adalah siswa kelas VII A SMP
Muhammadiyah 1 Gatak Sukoharjo sejumlah 20 siswa. Data dikumpulkan melalui
metode observasi, catatan lapangan, dan dokumentasi. Teknik analisis data
dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan analisis interaktif. Hasil penelitian
adalah adanya peningkatan keaktifan belajar matematika siswa yang dapat dilihat
dari meningkatnya indikator keaktifan meliputi aspek : (1) bertanya dengan
bahasa yang tepat 10% diakhir tindakan 70%, (2) menjawab pertanyaan (latihan
mandiri) dengan tepat 5% diakhir tindakan 75%, (3) keaktifan siswa bekerjasama
dalam kelompok sebelum tindakan 10% diakhir tindakan 80%, (4) aktif
menanggapi kelompok yang presentasi sebelum tindakan 10% diakhir tindakan
70%. Penelitian ini menyimpulkan bahwa model pembelajaran Participative
Teaching and Learning (Participatory Learning) mengandung arti ikut sertanya
peserta didik dalam kegiatan pembelajaran. Keikusertaan peserta didik itu
diwujudkan dalam tiga tahapan kegiatan pembelajaran yaitu perencanaan program
(program planning), pelaksanaan (program implementation), dan penilaian
(program evaluation) kegiatan pembelajaran. Penerapan model pembelajaran
Participative Teaching and Learning dapat meningkatkan keaktifan belajar
matematika siswa |
id |
IOS2728.19781 |
institution |
Universitas Muhammadiyah Surakarta |
institution_id |
249 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Surakarta |
library_id |
555 |
collection |
Digital Repository Universitas Muhammadiyah Surakarta |
repository_id |
2728 |
subject_area |
Agama Ekonomi Farmasi |
city |
KOTA SURAKARTA |
province |
JAWA TENGAH |
repoId |
IOS2728 |
first_indexed |
2016-09-22T02:43:08Z |
last_indexed |
2016-09-22T02:43:09Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1765810723676487680 |
score |
17.538404 |