Penerapan Pendekatan Pembelajaran Kontekstual Komponen Questioning Dan Learning Community Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika (Ptk Pembelajaran Matematika Bagi Siswa Kelas X AK 1 Semester Genap SMK Negeri 1 Banyudono Tahun Ajaran 2011/2012)

Main Author: Priyatno, Dony
Format: Karya Ilmiah NonPeerReviewed application/pdf
Bahasa: eng
Terbitan: , 2012
Subjects:
Online Access: http://eprints.ums.ac.id/19647/1/hal_depan.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19647/2/BAB_I.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19647/3/BAB_II.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19647/5/BAB_III.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19647/7/BAB_IV.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19647/9/BAB_V.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19647/11/dapus.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19647/13/lampiran.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19647/15/naskah_publikasi.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19647/
Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian, untuk mengkaji dan mendiskripsikan peningkatan pemahaman konsep siswa dalam pembelajaran matematika dengan menggunakan pendekatan pembelajaran kontekstual komponen questioning dan learning community. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subyek yang dikenai tindakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas X AK 1 SMK Negeri 1 Banyudono yang berjumlah 36 siswa, sedangkan obyek penelitian adalah pemahaman konsep siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, catatan lapangan, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan metode alur, yaitu data dianalisis sejak tindakan pembelajaran dilaksanakan dan dikembangkan dalam proses pembelajaran. Hasil dari penelitian ini adalah meningkatnya pemahaman konsep siswa. Hal tersebut dapat dilihat dari adanya peningkatan indikator-indikator pemahaman konsep sebagai berikut: 1) kemampuan siswa menjawab pertanyaan guru kondisi awal 14% dan kondisi akhir 63%, 2) kemampuan siswa dalam mengerjakan soal latihan kondisi awal 41% dan kondisi akhir 77%, 3) kemampuan siswa dalam mengemukakan ide kondisi awal 8,5% dan kondisi akhir 41%, 4) kemampuan siswa dalam membuat kesimpulan kondisi awal 28% dan kondisi akhir 70%. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan pendekatan pembelajaran kontekstual komponen questioning dan learning community dapat meningkatkan pemahaman konsep siswa kelas X AK 1 SMK Negeri 1 Banyudono.