Penerapan Pendekatan Pembelajaran Kontekstual Komponen Questioning Dan Learning Community Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika (Ptk Pembelajaran Matematika Bagi Siswa Kelas X AK 1 Semester Genap SMK Negeri 1 Banyudono Tahun Ajaran 2011/2012)
Main Author: | Priyatno, Dony |
---|---|
Format: | Karya Ilmiah NonPeerReviewed application/pdf |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2012
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.ums.ac.id/19647/1/hal_depan.pdf http://eprints.ums.ac.id/19647/2/BAB_I.pdf http://eprints.ums.ac.id/19647/3/BAB_II.pdf http://eprints.ums.ac.id/19647/5/BAB_III.pdf http://eprints.ums.ac.id/19647/7/BAB_IV.pdf http://eprints.ums.ac.id/19647/9/BAB_V.pdf http://eprints.ums.ac.id/19647/11/dapus.pdf http://eprints.ums.ac.id/19647/13/lampiran.pdf http://eprints.ums.ac.id/19647/15/naskah_publikasi.pdf http://eprints.ums.ac.id/19647/ |
ctrlnum |
19647 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.ums.ac.id/19647/</relation><title>Penerapan Pendekatan Pembelajaran Kontekstual
Komponen Questioning Dan Learning Community
Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep
Matematika (Ptk Pembelajaran Matematika Bagi Siswa Kelas X AK 1 Semester Genap SMK Negeri 1 Banyudono Tahun Ajaran 2011/2012)

</title><creator> Priyatno, Dony </creator><subject>LB Theory and practice of education</subject><description>Tujuan penelitian, untuk mengkaji dan mendiskripsikan peningkatan
pemahaman konsep siswa dalam pembelajaran matematika dengan menggunakan
pendekatan pembelajaran kontekstual komponen questioning dan learning
community. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subyek yang
dikenai tindakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas X AK 1 SMK Negeri 1
Banyudono yang berjumlah 36 siswa, sedangkan obyek penelitian adalah
pemahaman konsep siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah
observasi, tes, catatan lapangan, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan
secara deskriptif kualitatif dengan metode alur, yaitu data dianalisis sejak tindakan
pembelajaran dilaksanakan dan dikembangkan dalam proses pembelajaran. Hasil
dari penelitian ini adalah meningkatnya pemahaman konsep siswa. Hal tersebut
dapat dilihat dari adanya peningkatan indikator-indikator pemahaman konsep
sebagai berikut: 1) kemampuan siswa menjawab pertanyaan guru kondisi awal
14% dan kondisi akhir 63%, 2) kemampuan siswa dalam mengerjakan soal latihan
kondisi awal 41% dan kondisi akhir 77%, 3) kemampuan siswa dalam
mengemukakan ide kondisi awal 8,5% dan kondisi akhir 41%, 4) kemampuan
siswa dalam membuat kesimpulan kondisi awal 28% dan kondisi akhir 70%. Dari
hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan pendekatan
pembelajaran kontekstual komponen questioning dan learning community dapat
meningkatkan pemahaman konsep siswa kelas X AK 1 SMK Negeri 1
Banyudono.</description><date>2012</date><type>Other:Karya Ilmiah</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/19647/1/hal_depan.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/19647/2/BAB_I.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/19647/3/BAB_II.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/19647/5/BAB_III.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/19647/7/BAB_IV.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/19647/9/BAB_V.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/19647/11/dapus.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/19647/13/lampiran.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/19647/15/naskah_publikasi.pdf</identifier><identifier> Priyatno, Dony (2012) Penerapan Pendekatan Pembelajaran Kontekstual Komponen Questioning Dan Learning Community Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika (Ptk Pembelajaran Matematika Bagi Siswa Kelas X AK 1 Semester Genap SMK Negeri 1 Banyudono Tahun Ajaran 2011/2012). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. </identifier><relation>A410080267</relation><recordID>19647</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Other:Karya Ilmiah Other PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview File:application/pdf File |
author |
Priyatno, Dony |
title |
Penerapan Pendekatan Pembelajaran Kontekstual
Komponen Questioning Dan Learning Community
Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep
Matematika (Ptk Pembelajaran Matematika Bagi Siswa Kelas X AK 1 Semester Genap SMK Negeri 1 Banyudono Tahun Ajaran 2011/2012) |
publishDate |
2012 |
topic |
LB Theory and practice of education |
url |
http://eprints.ums.ac.id/19647/1/hal_depan.pdf http://eprints.ums.ac.id/19647/2/BAB_I.pdf http://eprints.ums.ac.id/19647/3/BAB_II.pdf http://eprints.ums.ac.id/19647/5/BAB_III.pdf http://eprints.ums.ac.id/19647/7/BAB_IV.pdf http://eprints.ums.ac.id/19647/9/BAB_V.pdf http://eprints.ums.ac.id/19647/11/dapus.pdf http://eprints.ums.ac.id/19647/13/lampiran.pdf http://eprints.ums.ac.id/19647/15/naskah_publikasi.pdf http://eprints.ums.ac.id/19647/ |
contents |
Tujuan penelitian, untuk mengkaji dan mendiskripsikan peningkatan
pemahaman konsep siswa dalam pembelajaran matematika dengan menggunakan
pendekatan pembelajaran kontekstual komponen questioning dan learning
community. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subyek yang
dikenai tindakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas X AK 1 SMK Negeri 1
Banyudono yang berjumlah 36 siswa, sedangkan obyek penelitian adalah
pemahaman konsep siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah
observasi, tes, catatan lapangan, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan
secara deskriptif kualitatif dengan metode alur, yaitu data dianalisis sejak tindakan
pembelajaran dilaksanakan dan dikembangkan dalam proses pembelajaran. Hasil
dari penelitian ini adalah meningkatnya pemahaman konsep siswa. Hal tersebut
dapat dilihat dari adanya peningkatan indikator-indikator pemahaman konsep
sebagai berikut: 1) kemampuan siswa menjawab pertanyaan guru kondisi awal
14% dan kondisi akhir 63%, 2) kemampuan siswa dalam mengerjakan soal latihan
kondisi awal 41% dan kondisi akhir 77%, 3) kemampuan siswa dalam
mengemukakan ide kondisi awal 8,5% dan kondisi akhir 41%, 4) kemampuan
siswa dalam membuat kesimpulan kondisi awal 28% dan kondisi akhir 70%. Dari
hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan pendekatan
pembelajaran kontekstual komponen questioning dan learning community dapat
meningkatkan pemahaman konsep siswa kelas X AK 1 SMK Negeri 1
Banyudono. |
id |
IOS2728.19647 |
institution |
Universitas Muhammadiyah Surakarta |
institution_id |
249 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Surakarta |
library_id |
555 |
collection |
Digital Repository Universitas Muhammadiyah Surakarta |
repository_id |
2728 |
subject_area |
Agama Ekonomi Farmasi |
city |
KOTA SURAKARTA |
province |
JAWA TENGAH |
repoId |
IOS2728 |
first_indexed |
2016-09-22T02:43:03Z |
last_indexed |
2016-09-22T02:43:04Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1765810722701312000 |
score |
17.538404 |