Penerapan Pendekatan Pembelajaran Kontekstual Komponen Questioning Dan Learning Community Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika (Ptk Pembelajaran Matematika Bagi Siswa Kelas X AK 1 Semester Genap SMK Negeri 1 Banyudono Tahun Ajaran 2011/2012)

Main Author: Priyatno, Dony
Format: Karya Ilmiah NonPeerReviewed application/pdf
Bahasa: eng
Terbitan: , 2012
Subjects:
Online Access: http://eprints.ums.ac.id/19647/1/hal_depan.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19647/2/BAB_I.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19647/3/BAB_II.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19647/5/BAB_III.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19647/7/BAB_IV.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19647/9/BAB_V.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19647/11/dapus.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19647/13/lampiran.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19647/15/naskah_publikasi.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19647/
ctrlnum 19647
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.ums.ac.id/19647/</relation><title>Penerapan Pendekatan Pembelajaran Kontekstual&#xD; Komponen Questioning Dan Learning Community&#xD; Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep&#xD; Matematika (Ptk Pembelajaran Matematika Bagi Siswa Kelas X AK 1 Semester Genap SMK Negeri 1 Banyudono Tahun Ajaran 2011/2012)&#xD; &#xD; </title><creator> Priyatno, Dony </creator><subject>LB Theory and practice of education</subject><description>Tujuan penelitian, untuk mengkaji dan mendiskripsikan peningkatan&#xD; pemahaman konsep siswa dalam pembelajaran matematika dengan menggunakan&#xD; pendekatan pembelajaran kontekstual komponen questioning dan learning&#xD; community. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subyek yang&#xD; dikenai tindakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas X AK 1 SMK Negeri 1&#xD; Banyudono yang berjumlah 36 siswa, sedangkan obyek penelitian adalah&#xD; pemahaman konsep siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah&#xD; observasi, tes, catatan lapangan, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan&#xD; secara deskriptif kualitatif dengan metode alur, yaitu data dianalisis sejak tindakan&#xD; pembelajaran dilaksanakan dan dikembangkan dalam proses pembelajaran. Hasil&#xD; dari penelitian ini adalah meningkatnya pemahaman konsep siswa. Hal tersebut&#xD; dapat dilihat dari adanya peningkatan indikator-indikator pemahaman konsep&#xD; sebagai berikut: 1) kemampuan siswa menjawab pertanyaan guru kondisi awal&#xD; 14% dan kondisi akhir 63%, 2) kemampuan siswa dalam mengerjakan soal latihan&#xD; kondisi awal 41% dan kondisi akhir 77%, 3) kemampuan siswa dalam&#xD; mengemukakan ide kondisi awal 8,5% dan kondisi akhir 41%, 4) kemampuan&#xD; siswa dalam membuat kesimpulan kondisi awal 28% dan kondisi akhir 70%. Dari&#xD; hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan pendekatan&#xD; pembelajaran kontekstual komponen questioning dan learning community dapat&#xD; meningkatkan pemahaman konsep siswa kelas X AK 1 SMK Negeri 1&#xD; Banyudono.</description><date>2012</date><type>Other:Karya Ilmiah</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/19647/1/hal_depan.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/19647/2/BAB_I.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/19647/3/BAB_II.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/19647/5/BAB_III.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/19647/7/BAB_IV.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/19647/9/BAB_V.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/19647/11/dapus.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/19647/13/lampiran.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/19647/15/naskah_publikasi.pdf</identifier><identifier> Priyatno, Dony (2012) Penerapan Pendekatan Pembelajaran Kontekstual Komponen Questioning Dan Learning Community Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika (Ptk Pembelajaran Matematika Bagi Siswa Kelas X AK 1 Semester Genap SMK Negeri 1 Banyudono Tahun Ajaran 2011/2012). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. </identifier><relation>A410080267</relation><recordID>19647</recordID></dc>
language eng
format Other:Karya Ilmiah
Other
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
File:application/pdf
File
author Priyatno, Dony
title Penerapan Pendekatan Pembelajaran Kontekstual Komponen Questioning Dan Learning Community Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika (Ptk Pembelajaran Matematika Bagi Siswa Kelas X AK 1 Semester Genap SMK Negeri 1 Banyudono Tahun Ajaran 2011/2012)
publishDate 2012
topic LB Theory and practice of education
url http://eprints.ums.ac.id/19647/1/hal_depan.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19647/2/BAB_I.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19647/3/BAB_II.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19647/5/BAB_III.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19647/7/BAB_IV.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19647/9/BAB_V.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19647/11/dapus.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19647/13/lampiran.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19647/15/naskah_publikasi.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19647/
contents Tujuan penelitian, untuk mengkaji dan mendiskripsikan peningkatan pemahaman konsep siswa dalam pembelajaran matematika dengan menggunakan pendekatan pembelajaran kontekstual komponen questioning dan learning community. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subyek yang dikenai tindakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas X AK 1 SMK Negeri 1 Banyudono yang berjumlah 36 siswa, sedangkan obyek penelitian adalah pemahaman konsep siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, catatan lapangan, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan metode alur, yaitu data dianalisis sejak tindakan pembelajaran dilaksanakan dan dikembangkan dalam proses pembelajaran. Hasil dari penelitian ini adalah meningkatnya pemahaman konsep siswa. Hal tersebut dapat dilihat dari adanya peningkatan indikator-indikator pemahaman konsep sebagai berikut: 1) kemampuan siswa menjawab pertanyaan guru kondisi awal 14% dan kondisi akhir 63%, 2) kemampuan siswa dalam mengerjakan soal latihan kondisi awal 41% dan kondisi akhir 77%, 3) kemampuan siswa dalam mengemukakan ide kondisi awal 8,5% dan kondisi akhir 41%, 4) kemampuan siswa dalam membuat kesimpulan kondisi awal 28% dan kondisi akhir 70%. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan pendekatan pembelajaran kontekstual komponen questioning dan learning community dapat meningkatkan pemahaman konsep siswa kelas X AK 1 SMK Negeri 1 Banyudono.
id IOS2728.19647
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
institution_id 249
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Surakarta
library_id 555
collection Digital Repository Universitas Muhammadiyah Surakarta
repository_id 2728
subject_area Agama
Ekonomi
Farmasi
city KOTA SURAKARTA
province JAWA TENGAH
repoId IOS2728
first_indexed 2016-09-22T02:43:03Z
last_indexed 2016-09-22T02:43:04Z
recordtype dc
_version_ 1765810722701312000
score 17.538404