Peningkatan Komunikasi Matematika Melalui Model Pembelajaran Problem Based Instruction Dengan Mengoptimalkan Alat Peraga Pokok Bahasan Segi Empat (PTK Siswa Kelas VII Semester II di SMP N 2 Banyudono Boyolali)

Main Author: Ardianto, Dony
Format: Karya Ilmiah NonPeerReviewed application/pdf
Bahasa: eng
Terbitan: , 2012
Subjects:
Online Access: http://eprints.ums.ac.id/19641/1/HALAMAN_AWAL.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19641/4/BAB_I.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19641/6/BAB_II.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19641/10/BAB_III.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19641/14/BAB_IV.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19641/17/BAB_V.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19641/19/DAFTAR_PUSTAKA.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19641/24/LAMPIRAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19641/27/NASKAH_PUBLIKASI.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19641/
Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematika siswa kelas VII F SMP Negeri 2 Banyudono dalam pembelajaran matematika melalui model pembelajaran Problem Based Instruction dengan mengoptimalkan alat peraga pokok bahasan segi empat. Penelitian ini termasuk pada jenis PTK (penelitian tindakan kelas). Subyek dalam penelitian ini adalah guru dengan siswa kelas VII F SMP Negeri 2 Banyudono. Siswa sebagai penerima tindakan berjumlah 37 orang. Metode pengumpulan data yang digunakan meliputi observasi, catatan lapangan, dokumentasi, dan metode tes. Teknik analisis data dilakukan dengan metode alur, yaitu meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Data hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan komunikasi matematika siswa pada pokok bahasan segi empat. Hal ini dapat terlihat dari 1) kemampuan siswa dalam mengajukan pertanyaan sebelum tindakan 24,32% dan diakhir tindakan mencapai 59,45%, 2) keberanian siswa dalam menyampaikan ide atau pendapat sebelum tindakan 16,21% dan diakhir tindakan mencapai 56,76%, 3) kemampuan siswa dalam menjawab pertanyaan sebelum tindakan 21,62% dan diakhir tindakan mencapai 51,35%, 4) kemampuan siswa dalam melakukan presentasi di depan kelas sebelum tindakan 13,51% dan diakhir tindakan mencapai 51,35%. Berdasarkan data hasil dari penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan model pembelajaran Problem Based Instruction dengan mengoptimalkan alat peraga dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematika siswa.