Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan keterampilan pemecahan masalah siswa dalam pembelajaran matematika melalui strategi Means Ends Analysis. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penerima tindakan adalah siswa kelas VII BI SMP Muhammadiyah 7 Surakarta yang berjumlah 22 siswa. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, catatan lapangan, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan metode alur yang terdiri dari reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan keterampilan pemecahan masalah siswa pada pembelajaran matematika melalui strategi Means Ends Analysis. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan indikator-indikator keterampilan pemecahan masalah, yaitu: 1) keterampilan pemahaman masalah sebelum dilakukan tindakan sebesar 18,18% dan diakhir tindakan mencapai 81,81%, 2) keterampilan Merencanakan cara penyelesaian sebelum dilakukan tindakan sebesar 18,18% dan diakhir tindakan mencapai 81,81%, 3) keterampilan melaksanakan rencana penyelesaian sebelum dilakukan tindakan sebesar 13,64% dan diakhir tindakan mencapai 72,72%, 4) keterampilan menafsirkan hasil ahirnya sebelum dilakukan tindakan sebesar 13,64% dan diakhir tindakan mencapai 72,72%. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan strategi pembelajaran Means Ends Analysis dalam pembelajaran matematika dapat meningkatkan keterampilan pemecahan masalah siswa.