ctrlnum 19570
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.ums.ac.id/19570/</relation><title>Peningkatan Keterampilan Pemecahan Masalah Belajar Matematika Melalui Strategi Means Ends Analysis &#xD; (Ptk Di Kelas Vii Semester Ii Smp Muhammadiyah 7 Surakarta Tahun Ajaran 2011/2012)&#xD; </title><creator> PUSPITASARI, ITTA DENNY</creator><subject>L Education (General)</subject><description>Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan keterampilan pemecahan masalah siswa dalam pembelajaran matematika melalui strategi Means Ends Analysis. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). &#xD; Subjek penerima tindakan adalah siswa kelas VII BI SMP Muhammadiyah 7 Surakarta yang berjumlah 22 siswa. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, catatan lapangan, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data &#xD; dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan metode alur yang terdiri dari reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan &#xD; adanya peningkatan keterampilan pemecahan masalah siswa pada pembelajaran matematika melalui strategi Means Ends Analysis. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan indikator-indikator keterampilan pemecahan masalah, yaitu: 1) &#xD; keterampilan pemahaman masalah sebelum dilakukan tindakan sebesar 18,18% dan diakhir tindakan mencapai 81,81%, 2) keterampilan Merencanakan cara penyelesaian sebelum dilakukan tindakan sebesar 18,18% dan diakhir tindakan &#xD; mencapai 81,81%, 3) keterampilan melaksanakan rencana penyelesaian sebelum dilakukan tindakan sebesar 13,64% dan diakhir tindakan mencapai 72,72%, 4) keterampilan menafsirkan hasil ahirnya sebelum dilakukan tindakan sebesar 13,64% dan diakhir tindakan mencapai 72,72%. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan strategi pembelajaran Means Ends Analysis &#xD; dalam pembelajaran matematika dapat meningkatkan keterampilan pemecahan masalah siswa. &#xD; </description><date>2012</date><type>Other:Karya Ilmiah</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/19570/1/HALAMAN_DEPAN.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/19570/2/BAB_I.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/19570/3/BAB_II.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/19570/4/BAB_III.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/19570/6/BAB_IV.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/19570/9/BAB_V.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/19570/10/DAFTAR_PUSTAKA.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/19570/12/LAMPIRAN.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/19570/14/publikasi_itta.pdf</identifier><identifier> PUSPITASARI, ITTA DENNY (2012) Peningkatan Keterampilan Pemecahan Masalah Belajar Matematika Melalui Strategi Means Ends Analysis (Ptk Di Kelas Vii Semester Ii Smp Muhammadiyah 7 Surakarta Tahun Ajaran 2011/2012). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. </identifier><relation> A410080063 </relation><recordID>19570</recordID></dc>
language eng
format Other:Karya Ilmiah
Other
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
File:application/pdf
File
author PUSPITASARI, ITTA DENNY
title Peningkatan Keterampilan Pemecahan Masalah Belajar Matematika Melalui Strategi Means Ends Analysis (Ptk Di Kelas Vii Semester Ii Smp Muhammadiyah 7 Surakarta Tahun Ajaran 2011/2012)
publishDate 2012
topic L Education (General)
url http://eprints.ums.ac.id/19570/1/HALAMAN_DEPAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19570/2/BAB_I.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19570/3/BAB_II.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19570/4/BAB_III.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19570/6/BAB_IV.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19570/9/BAB_V.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19570/10/DAFTAR_PUSTAKA.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19570/12/LAMPIRAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19570/14/publikasi_itta.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19570/
contents Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan keterampilan pemecahan masalah siswa dalam pembelajaran matematika melalui strategi Means Ends Analysis. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penerima tindakan adalah siswa kelas VII BI SMP Muhammadiyah 7 Surakarta yang berjumlah 22 siswa. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, catatan lapangan, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan metode alur yang terdiri dari reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan keterampilan pemecahan masalah siswa pada pembelajaran matematika melalui strategi Means Ends Analysis. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan indikator-indikator keterampilan pemecahan masalah, yaitu: 1) keterampilan pemahaman masalah sebelum dilakukan tindakan sebesar 18,18% dan diakhir tindakan mencapai 81,81%, 2) keterampilan Merencanakan cara penyelesaian sebelum dilakukan tindakan sebesar 18,18% dan diakhir tindakan mencapai 81,81%, 3) keterampilan melaksanakan rencana penyelesaian sebelum dilakukan tindakan sebesar 13,64% dan diakhir tindakan mencapai 72,72%, 4) keterampilan menafsirkan hasil ahirnya sebelum dilakukan tindakan sebesar 13,64% dan diakhir tindakan mencapai 72,72%. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan strategi pembelajaran Means Ends Analysis dalam pembelajaran matematika dapat meningkatkan keterampilan pemecahan masalah siswa.
id IOS2728.19570
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
institution_id 249
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Surakarta
library_id 555
collection Digital Repository Universitas Muhammadiyah Surakarta
repository_id 2728
subject_area Agama
Ekonomi
Farmasi
city KOTA SURAKARTA
province JAWA TENGAH
repoId IOS2728
first_indexed 2016-09-22T02:42:58Z
last_indexed 2016-09-22T02:42:59Z
recordtype dc
_version_ 1765810722417147904
score 17.538404