Peningkatan Keterampilan Pemecahan Masalah Belajar Matematika Melalui Strategi Means Ends Analysis (Ptk Di Kelas Vii Semester Ii Smp Muhammadiyah 7 Surakarta Tahun Ajaran 2011/2012)
Main Author: | PUSPITASARI, ITTA DENNY |
---|---|
Format: | Karya Ilmiah NonPeerReviewed application/pdf |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2012
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.ums.ac.id/19570/1/HALAMAN_DEPAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/19570/2/BAB_I.pdf http://eprints.ums.ac.id/19570/3/BAB_II.pdf http://eprints.ums.ac.id/19570/4/BAB_III.pdf http://eprints.ums.ac.id/19570/6/BAB_IV.pdf http://eprints.ums.ac.id/19570/9/BAB_V.pdf http://eprints.ums.ac.id/19570/10/DAFTAR_PUSTAKA.pdf http://eprints.ums.ac.id/19570/12/LAMPIRAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/19570/14/publikasi_itta.pdf http://eprints.ums.ac.id/19570/ |
ctrlnum |
19570 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.ums.ac.id/19570/</relation><title>Peningkatan Keterampilan Pemecahan Masalah Belajar Matematika Melalui Strategi Means Ends Analysis 
(Ptk Di Kelas Vii Semester Ii Smp Muhammadiyah 7 Surakarta Tahun Ajaran 2011/2012)
</title><creator> PUSPITASARI, ITTA DENNY</creator><subject>L Education (General)</subject><description>Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan keterampilan pemecahan masalah siswa dalam pembelajaran matematika melalui strategi Means Ends Analysis. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). 
Subjek penerima tindakan adalah siswa kelas VII BI SMP Muhammadiyah 7 Surakarta yang berjumlah 22 siswa. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, catatan lapangan, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data 
dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan metode alur yang terdiri dari reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan 
adanya peningkatan keterampilan pemecahan masalah siswa pada pembelajaran matematika melalui strategi Means Ends Analysis. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan indikator-indikator keterampilan pemecahan masalah, yaitu: 1) 
keterampilan pemahaman masalah sebelum dilakukan tindakan sebesar 18,18% dan diakhir tindakan mencapai 81,81%, 2) keterampilan Merencanakan cara penyelesaian sebelum dilakukan tindakan sebesar 18,18% dan diakhir tindakan 
mencapai 81,81%, 3) keterampilan melaksanakan rencana penyelesaian sebelum dilakukan tindakan sebesar 13,64% dan diakhir tindakan mencapai 72,72%, 4) keterampilan menafsirkan hasil ahirnya sebelum dilakukan tindakan sebesar 13,64% dan diakhir tindakan mencapai 72,72%. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan strategi pembelajaran Means Ends Analysis 
dalam pembelajaran matematika dapat meningkatkan keterampilan pemecahan masalah siswa. 
</description><date>2012</date><type>Other:Karya Ilmiah</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/19570/1/HALAMAN_DEPAN.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/19570/2/BAB_I.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/19570/3/BAB_II.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/19570/4/BAB_III.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/19570/6/BAB_IV.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/19570/9/BAB_V.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/19570/10/DAFTAR_PUSTAKA.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/19570/12/LAMPIRAN.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/19570/14/publikasi_itta.pdf</identifier><identifier> PUSPITASARI, ITTA DENNY (2012) Peningkatan Keterampilan Pemecahan Masalah Belajar Matematika Melalui Strategi Means Ends Analysis (Ptk Di Kelas Vii Semester Ii Smp Muhammadiyah 7 Surakarta Tahun Ajaran 2011/2012). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. </identifier><relation> A410080063 </relation><recordID>19570</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Other:Karya Ilmiah Other PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview File:application/pdf File |
author |
PUSPITASARI, ITTA DENNY |
title |
Peningkatan Keterampilan Pemecahan Masalah Belajar Matematika Melalui Strategi Means Ends Analysis
(Ptk Di Kelas Vii Semester Ii Smp Muhammadiyah 7 Surakarta Tahun Ajaran 2011/2012) |
publishDate |
2012 |
topic |
L Education (General) |
url |
http://eprints.ums.ac.id/19570/1/HALAMAN_DEPAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/19570/2/BAB_I.pdf http://eprints.ums.ac.id/19570/3/BAB_II.pdf http://eprints.ums.ac.id/19570/4/BAB_III.pdf http://eprints.ums.ac.id/19570/6/BAB_IV.pdf http://eprints.ums.ac.id/19570/9/BAB_V.pdf http://eprints.ums.ac.id/19570/10/DAFTAR_PUSTAKA.pdf http://eprints.ums.ac.id/19570/12/LAMPIRAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/19570/14/publikasi_itta.pdf http://eprints.ums.ac.id/19570/ |
contents |
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan keterampilan pemecahan masalah siswa dalam pembelajaran matematika melalui strategi Means Ends Analysis. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK).
Subjek penerima tindakan adalah siswa kelas VII BI SMP Muhammadiyah 7 Surakarta yang berjumlah 22 siswa. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, catatan lapangan, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data
dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan metode alur yang terdiri dari reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan
adanya peningkatan keterampilan pemecahan masalah siswa pada pembelajaran matematika melalui strategi Means Ends Analysis. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan indikator-indikator keterampilan pemecahan masalah, yaitu: 1)
keterampilan pemahaman masalah sebelum dilakukan tindakan sebesar 18,18% dan diakhir tindakan mencapai 81,81%, 2) keterampilan Merencanakan cara penyelesaian sebelum dilakukan tindakan sebesar 18,18% dan diakhir tindakan
mencapai 81,81%, 3) keterampilan melaksanakan rencana penyelesaian sebelum dilakukan tindakan sebesar 13,64% dan diakhir tindakan mencapai 72,72%, 4) keterampilan menafsirkan hasil ahirnya sebelum dilakukan tindakan sebesar 13,64% dan diakhir tindakan mencapai 72,72%. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan strategi pembelajaran Means Ends Analysis
dalam pembelajaran matematika dapat meningkatkan keterampilan pemecahan masalah siswa.
|
id |
IOS2728.19570 |
institution |
Universitas Muhammadiyah Surakarta |
institution_id |
249 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Surakarta |
library_id |
555 |
collection |
Digital Repository Universitas Muhammadiyah Surakarta |
repository_id |
2728 |
subject_area |
Agama Ekonomi Farmasi |
city |
KOTA SURAKARTA |
province |
JAWA TENGAH |
repoId |
IOS2728 |
first_indexed |
2016-09-22T02:42:58Z |
last_indexed |
2016-09-22T02:42:59Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1765810722417147904 |
score |
17.538404 |