Penerapan Model Pembelajaran Two Stay Two Stray Pada Pembelajaran Student Facilitator And Explaining Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Prestasi Belajar Matematika ( PTK di Kelas VII C Semester Genap SMP Muhammadiyah 1 Kudus)

Main Author: Prasetyowati,, Lisa
Format: Karya Ilmiah NonPeerReviewed application/pdf
Bahasa: eng
Terbitan: , 2012
Subjects:
Online Access: http://eprints.ums.ac.id/19535/1/HALAMAN_DEPAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19535/2/BAB_1.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19535/3/BAB_2.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19535/5/BAB_3.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19535/9/BAB_4.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19535/11/BAB_5.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19535/13/DAFTAR_PUSTAKA.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19535/14/LAMPIRAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19535/16/NASKAH_PUBLIKASI.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19535/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji dan mendiskripsikan peningkatan motivasi dan prestasi belajar matematika pada materi ajar bangun datar melalui penerapan model pembelajaran Two Stay Two Stray pada pembelajaran Student Facilitator And Explaining. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subyek penerima tindakan adalah siswa kelas VII C SMP Muhammadiyah 1 Kudus, dan subyek pelaksana tindakan adalah peneliti yang dibantu oleh guru matematika kelas VII C. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, tes, catatan lapangan dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan metode alur yang terjadi dari reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Untuk menjamin keabsahan data digunakan teknik triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan motivasi belajar siswa pada pembelajaran matematika melalui model pembelajaran Two Stay Two Stray pada pembelajaran Student Facilitator And Explaining. Hal ini dapat dilihat dari 1) perhatian siswa terhadap penjelasan dari guru sebelum tindakan sebesar 21,87% dan di akhir tindakan mencapai 62,5%, 2) keaktifan siswa dalam bertanya dan menjawab pertanyaan dari guru sebelum tindakan sebesar 12,5% dan di akhir tindakan mencapai 43,75%, 3) tanggung jawab siswa untuk mengerjakan latihan soal sebelum tindakan sebesar 9,37% dan di akhir tindakan mencapai 46,87%. Penelitian ini juga menunjukkan adanya peningkatan prestasi belajar matematika melalui penerapan model pembelajaran Two Stay Two Stray pada pembelajaran Student Facilitator And Explaining. Hal ini dapat dilihat dari nilai siswa di atas standar ketuntasan minimal sebelum tindakan sebesar 53,12% dan di akhir tindakan mencapai 84,37%. Penelitian ini menyimpulkan bahwa dengan menerapkan model pembelajaran Two Stay Two Stray pada pembelajaran Student Facilitator And Explaining dapat meningkatkan motivasi dan prestasi belajar matematika siswa kelas VII C SMP Muhammadiyah 1 Ku