Penerapan Model Pembelajaran Two Stay Two Stray Pada Pembelajaran Student Facilitator And Explaining Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Prestasi Belajar Matematika ( PTK di Kelas VII C Semester Genap SMP Muhammadiyah 1 Kudus)

Main Author: Prasetyowati,, Lisa
Format: Karya Ilmiah NonPeerReviewed application/pdf
Bahasa: eng
Terbitan: , 2012
Subjects:
Online Access: http://eprints.ums.ac.id/19535/1/HALAMAN_DEPAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19535/2/BAB_1.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19535/3/BAB_2.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19535/5/BAB_3.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19535/9/BAB_4.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19535/11/BAB_5.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19535/13/DAFTAR_PUSTAKA.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19535/14/LAMPIRAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19535/16/NASKAH_PUBLIKASI.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19535/
ctrlnum 19535
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.ums.ac.id/19535/</relation><title>Penerapan Model Pembelajaran Two Stay Two Stray Pada&#xD; Pembelajaran Student Facilitator And Explaining Untuk&#xD; Meningkatkan Motivasi Dan Prestasi &#xD; Belajar Matematika ( PTK di Kelas VII C Semester Genap SMP Muhammadiyah 1 Kudus)&#xD; &#xD; </title><creator>Prasetyowati,, Lisa </creator><subject>LB Theory and practice of education</subject><description>Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji dan mendiskripsikan peningkatan&#xD; motivasi dan prestasi belajar matematika pada materi ajar bangun datar melalui&#xD; penerapan model pembelajaran Two Stay Two Stray pada pembelajaran Student&#xD; Facilitator And Explaining. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas&#xD; (PTK). Subyek penerima tindakan adalah siswa kelas VII C SMP Muhammadiyah&#xD; 1 Kudus, dan subyek pelaksana tindakan adalah peneliti yang dibantu oleh guru&#xD; matematika kelas VII C. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi,&#xD; tes, catatan lapangan dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan secara&#xD; deskriptif kualitatif dengan metode alur yang terjadi dari reduksi data, penyajian&#xD; data dan penarikan kesimpulan. Untuk menjamin keabsahan data digunakan&#xD; teknik triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan motivasi&#xD; belajar siswa pada pembelajaran matematika melalui model pembelajaran Two&#xD; Stay Two Stray pada pembelajaran Student Facilitator And Explaining. Hal ini&#xD; dapat dilihat dari 1) perhatian siswa terhadap penjelasan dari guru sebelum&#xD; tindakan sebesar 21,87% dan di akhir tindakan mencapai 62,5%, 2) keaktifan&#xD; siswa dalam bertanya dan menjawab pertanyaan dari guru sebelum tindakan&#xD; sebesar 12,5% dan di akhir tindakan mencapai 43,75%, 3) tanggung jawab siswa&#xD; untuk mengerjakan latihan soal sebelum tindakan sebesar 9,37% dan di akhir&#xD; tindakan mencapai 46,87%. Penelitian ini juga menunjukkan adanya peningkatan&#xD; prestasi belajar matematika melalui penerapan model pembelajaran Two Stay Two&#xD; Stray pada pembelajaran Student Facilitator And Explaining. Hal ini dapat dilihat&#xD; dari nilai siswa di atas standar ketuntasan minimal sebelum tindakan sebesar&#xD; 53,12% dan di akhir tindakan mencapai 84,37%. Penelitian ini menyimpulkan&#xD; bahwa dengan menerapkan model pembelajaran Two Stay Two Stray pada&#xD; pembelajaran Student Facilitator And Explaining dapat meningkatkan motivasi&#xD; dan prestasi belajar matematika siswa kelas VII C SMP Muhammadiyah 1 Ku</description><date>2012</date><type>Other:Karya Ilmiah</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/19535/1/HALAMAN_DEPAN.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/19535/2/BAB_1.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/19535/3/BAB_2.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/19535/5/BAB_3.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/19535/9/BAB_4.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/19535/11/BAB_5.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/19535/13/DAFTAR_PUSTAKA.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/19535/14/LAMPIRAN.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/19535/16/NASKAH_PUBLIKASI.pdf</identifier><identifier> Prasetyowati,, Lisa (2012) Penerapan Model Pembelajaran Two Stay Two Stray Pada Pembelajaran Student Facilitator And Explaining Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Prestasi Belajar Matematika ( PTK di Kelas VII C Semester Genap SMP Muhammadiyah 1 Kudus). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. </identifier><relation>A410080235</relation><recordID>19535</recordID></dc>
language eng
format Other:Karya Ilmiah
Other
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
File:application/pdf
File
author Prasetyowati,, Lisa
title Penerapan Model Pembelajaran Two Stay Two Stray Pada Pembelajaran Student Facilitator And Explaining Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Prestasi Belajar Matematika ( PTK di Kelas VII C Semester Genap SMP Muhammadiyah 1 Kudus)
publishDate 2012
topic LB Theory and practice of education
url http://eprints.ums.ac.id/19535/1/HALAMAN_DEPAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19535/2/BAB_1.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19535/3/BAB_2.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19535/5/BAB_3.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19535/9/BAB_4.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19535/11/BAB_5.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19535/13/DAFTAR_PUSTAKA.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19535/14/LAMPIRAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19535/16/NASKAH_PUBLIKASI.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19535/
contents Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji dan mendiskripsikan peningkatan motivasi dan prestasi belajar matematika pada materi ajar bangun datar melalui penerapan model pembelajaran Two Stay Two Stray pada pembelajaran Student Facilitator And Explaining. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subyek penerima tindakan adalah siswa kelas VII C SMP Muhammadiyah 1 Kudus, dan subyek pelaksana tindakan adalah peneliti yang dibantu oleh guru matematika kelas VII C. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, tes, catatan lapangan dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan metode alur yang terjadi dari reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Untuk menjamin keabsahan data digunakan teknik triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan motivasi belajar siswa pada pembelajaran matematika melalui model pembelajaran Two Stay Two Stray pada pembelajaran Student Facilitator And Explaining. Hal ini dapat dilihat dari 1) perhatian siswa terhadap penjelasan dari guru sebelum tindakan sebesar 21,87% dan di akhir tindakan mencapai 62,5%, 2) keaktifan siswa dalam bertanya dan menjawab pertanyaan dari guru sebelum tindakan sebesar 12,5% dan di akhir tindakan mencapai 43,75%, 3) tanggung jawab siswa untuk mengerjakan latihan soal sebelum tindakan sebesar 9,37% dan di akhir tindakan mencapai 46,87%. Penelitian ini juga menunjukkan adanya peningkatan prestasi belajar matematika melalui penerapan model pembelajaran Two Stay Two Stray pada pembelajaran Student Facilitator And Explaining. Hal ini dapat dilihat dari nilai siswa di atas standar ketuntasan minimal sebelum tindakan sebesar 53,12% dan di akhir tindakan mencapai 84,37%. Penelitian ini menyimpulkan bahwa dengan menerapkan model pembelajaran Two Stay Two Stray pada pembelajaran Student Facilitator And Explaining dapat meningkatkan motivasi dan prestasi belajar matematika siswa kelas VII C SMP Muhammadiyah 1 Ku
id IOS2728.19535
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
institution_id 249
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Surakarta
library_id 555
collection Digital Repository Universitas Muhammadiyah Surakarta
repository_id 2728
subject_area Agama
Ekonomi
Farmasi
city KOTA SURAKARTA
province JAWA TENGAH
repoId IOS2728
first_indexed 2016-09-22T02:42:55Z
last_indexed 2016-09-22T02:42:59Z
recordtype dc
_version_ 1765810721494401024
score 17.538404