Penerapan Model Pembelajaran Two Stay Two Stray Pada Pembelajaran Student Facilitator And Explaining Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Prestasi Belajar Matematika ( PTK di Kelas VII C Semester Genap SMP Muhammadiyah 1 Kudus)
Main Author: | Prasetyowati,, Lisa |
---|---|
Format: | Karya Ilmiah NonPeerReviewed application/pdf |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2012
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.ums.ac.id/19535/1/HALAMAN_DEPAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/19535/2/BAB_1.pdf http://eprints.ums.ac.id/19535/3/BAB_2.pdf http://eprints.ums.ac.id/19535/5/BAB_3.pdf http://eprints.ums.ac.id/19535/9/BAB_4.pdf http://eprints.ums.ac.id/19535/11/BAB_5.pdf http://eprints.ums.ac.id/19535/13/DAFTAR_PUSTAKA.pdf http://eprints.ums.ac.id/19535/14/LAMPIRAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/19535/16/NASKAH_PUBLIKASI.pdf http://eprints.ums.ac.id/19535/ |
ctrlnum |
19535 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.ums.ac.id/19535/</relation><title>Penerapan Model Pembelajaran Two Stay Two Stray Pada
Pembelajaran Student Facilitator And Explaining Untuk
Meningkatkan Motivasi Dan Prestasi 
Belajar Matematika ( PTK di Kelas VII C Semester Genap SMP Muhammadiyah 1 Kudus)

</title><creator>Prasetyowati,, Lisa </creator><subject>LB Theory and practice of education</subject><description>Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji dan mendiskripsikan peningkatan
motivasi dan prestasi belajar matematika pada materi ajar bangun datar melalui
penerapan model pembelajaran Two Stay Two Stray pada pembelajaran Student
Facilitator And Explaining. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas
(PTK). Subyek penerima tindakan adalah siswa kelas VII C SMP Muhammadiyah
1 Kudus, dan subyek pelaksana tindakan adalah peneliti yang dibantu oleh guru
matematika kelas VII C. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi,
tes, catatan lapangan dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan secara
deskriptif kualitatif dengan metode alur yang terjadi dari reduksi data, penyajian
data dan penarikan kesimpulan. Untuk menjamin keabsahan data digunakan
teknik triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan motivasi
belajar siswa pada pembelajaran matematika melalui model pembelajaran Two
Stay Two Stray pada pembelajaran Student Facilitator And Explaining. Hal ini
dapat dilihat dari 1) perhatian siswa terhadap penjelasan dari guru sebelum
tindakan sebesar 21,87% dan di akhir tindakan mencapai 62,5%, 2) keaktifan
siswa dalam bertanya dan menjawab pertanyaan dari guru sebelum tindakan
sebesar 12,5% dan di akhir tindakan mencapai 43,75%, 3) tanggung jawab siswa
untuk mengerjakan latihan soal sebelum tindakan sebesar 9,37% dan di akhir
tindakan mencapai 46,87%. Penelitian ini juga menunjukkan adanya peningkatan
prestasi belajar matematika melalui penerapan model pembelajaran Two Stay Two
Stray pada pembelajaran Student Facilitator And Explaining. Hal ini dapat dilihat
dari nilai siswa di atas standar ketuntasan minimal sebelum tindakan sebesar
53,12% dan di akhir tindakan mencapai 84,37%. Penelitian ini menyimpulkan
bahwa dengan menerapkan model pembelajaran Two Stay Two Stray pada
pembelajaran Student Facilitator And Explaining dapat meningkatkan motivasi
dan prestasi belajar matematika siswa kelas VII C SMP Muhammadiyah 1 Ku</description><date>2012</date><type>Other:Karya Ilmiah</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/19535/1/HALAMAN_DEPAN.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/19535/2/BAB_1.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/19535/3/BAB_2.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/19535/5/BAB_3.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/19535/9/BAB_4.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/19535/11/BAB_5.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/19535/13/DAFTAR_PUSTAKA.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/19535/14/LAMPIRAN.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/19535/16/NASKAH_PUBLIKASI.pdf</identifier><identifier> Prasetyowati,, Lisa (2012) Penerapan Model Pembelajaran Two Stay Two Stray Pada Pembelajaran Student Facilitator And Explaining Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Prestasi Belajar Matematika ( PTK di Kelas VII C Semester Genap SMP Muhammadiyah 1 Kudus). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. </identifier><relation>A410080235</relation><recordID>19535</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Other:Karya Ilmiah Other PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview File:application/pdf File |
author |
Prasetyowati,, Lisa |
title |
Penerapan Model Pembelajaran Two Stay Two Stray Pada
Pembelajaran Student Facilitator And Explaining Untuk
Meningkatkan Motivasi Dan Prestasi
Belajar Matematika ( PTK di Kelas VII C Semester Genap SMP Muhammadiyah 1 Kudus) |
publishDate |
2012 |
topic |
LB Theory and practice of education |
url |
http://eprints.ums.ac.id/19535/1/HALAMAN_DEPAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/19535/2/BAB_1.pdf http://eprints.ums.ac.id/19535/3/BAB_2.pdf http://eprints.ums.ac.id/19535/5/BAB_3.pdf http://eprints.ums.ac.id/19535/9/BAB_4.pdf http://eprints.ums.ac.id/19535/11/BAB_5.pdf http://eprints.ums.ac.id/19535/13/DAFTAR_PUSTAKA.pdf http://eprints.ums.ac.id/19535/14/LAMPIRAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/19535/16/NASKAH_PUBLIKASI.pdf http://eprints.ums.ac.id/19535/ |
contents |
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji dan mendiskripsikan peningkatan
motivasi dan prestasi belajar matematika pada materi ajar bangun datar melalui
penerapan model pembelajaran Two Stay Two Stray pada pembelajaran Student
Facilitator And Explaining. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas
(PTK). Subyek penerima tindakan adalah siswa kelas VII C SMP Muhammadiyah
1 Kudus, dan subyek pelaksana tindakan adalah peneliti yang dibantu oleh guru
matematika kelas VII C. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi,
tes, catatan lapangan dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan secara
deskriptif kualitatif dengan metode alur yang terjadi dari reduksi data, penyajian
data dan penarikan kesimpulan. Untuk menjamin keabsahan data digunakan
teknik triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan motivasi
belajar siswa pada pembelajaran matematika melalui model pembelajaran Two
Stay Two Stray pada pembelajaran Student Facilitator And Explaining. Hal ini
dapat dilihat dari 1) perhatian siswa terhadap penjelasan dari guru sebelum
tindakan sebesar 21,87% dan di akhir tindakan mencapai 62,5%, 2) keaktifan
siswa dalam bertanya dan menjawab pertanyaan dari guru sebelum tindakan
sebesar 12,5% dan di akhir tindakan mencapai 43,75%, 3) tanggung jawab siswa
untuk mengerjakan latihan soal sebelum tindakan sebesar 9,37% dan di akhir
tindakan mencapai 46,87%. Penelitian ini juga menunjukkan adanya peningkatan
prestasi belajar matematika melalui penerapan model pembelajaran Two Stay Two
Stray pada pembelajaran Student Facilitator And Explaining. Hal ini dapat dilihat
dari nilai siswa di atas standar ketuntasan minimal sebelum tindakan sebesar
53,12% dan di akhir tindakan mencapai 84,37%. Penelitian ini menyimpulkan
bahwa dengan menerapkan model pembelajaran Two Stay Two Stray pada
pembelajaran Student Facilitator And Explaining dapat meningkatkan motivasi
dan prestasi belajar matematika siswa kelas VII C SMP Muhammadiyah 1 Ku |
id |
IOS2728.19535 |
institution |
Universitas Muhammadiyah Surakarta |
institution_id |
249 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Surakarta |
library_id |
555 |
collection |
Digital Repository Universitas Muhammadiyah Surakarta |
repository_id |
2728 |
subject_area |
Agama Ekonomi Farmasi |
city |
KOTA SURAKARTA |
province |
JAWA TENGAH |
repoId |
IOS2728 |
first_indexed |
2016-09-22T02:42:55Z |
last_indexed |
2016-09-22T02:42:59Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1765810721494401024 |
score |
17.538404 |