Implementasi Strategi Quantum Learning Dengan Mengoptimalkan Alat Peraga Dalam Pembelajaran Matematika Untuk Meningkatkan Kemandirian Siswa Pada Pokok Bahasan Segi Empat (PTK di Kelas VII Semester Genap SMP Negeri 3 Colomadu Tahun Ajaran 2011/2012)

Main Author: Martini, Tri Ayu
Format: Karya Ilmiah NonPeerReviewed application/pdf
Bahasa: eng
Terbitan: , 2012
Subjects:
Online Access: http://eprints.ums.ac.id/19512/1/HALAMAN_DEPAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19512/2/BAB_I.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19512/4/BAB_II.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19512/6/BAB_III.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19512/8/BAB_IV.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19512/9/BAB_V.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19512/11/DAPUS.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19512/13/LAMPIRAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19512/15/Naspub.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19512/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemandirian siswa dan prestasi belajar matematika siswa pada pokok bahasan segi empat melalui implementasi strategi Quantum Learning dengan mengoptimalkan alat peraga. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subyek penerima tindakan adalah siswa kelas VII A SMP Negeri 3 Colomadu yang berjumlah 32 siswa, sedangkan obyek penelitian adalah kemandirian siswa dan prestasi belajar matematika. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, tes, catatan lapangan dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan metode alur yang terjadi dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Untuk menjamin keabsahan data digunakan teknik triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemandirian dan prestasi belajar siswa pada pokok bahasan segi empat. Hal ini dapat dilihat dari indikator kemandirian: 1) kemampuan siswa dalam mengerjakan soal-soal latihan yang dibe rikan oleh guru sebelum tindakan mencapai 18,75% dan di akhir tindakan mencapai 53,12%, 2) kemampuan siswa dalam menjelaskan kepada siswa lainnya sebelum tindakan mencapai 12,5% dan di akhir tindakan mencapai 40,62%, 3) kemampuan siswa dalam mengajukan pertanyaan sebelum tindakan mencapai 21,88% dan di akhir tindakan mencapai 46,87%. Hasil tes yang dilakukan sebelum tindakan dan di akhir tindakan menunjukkan adanya peningkatan prestasi belajar siswa yang terlihat dari hasil belajar siswa secara tuntas mendapat nilai ≥ 70, sebelum tindakan sebesar 37,5% meningkat menjadi 81,25% pada akhir tindakan. Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa dengan implementasi strategi Quantum Learning dengan mengoptimalkan alat peraga dapat meningkatkan kemandirian belajar siswa pada pokok bahasan segi empat sehingga berdampak pada peningkatan prestasi belajar matematika siswa.