Implementasi Strategi Quantum Learning Dengan Mengoptimalkan Alat Peraga Dalam Pembelajaran Matematika Untuk Meningkatkan Kemandirian Siswa Pada Pokok Bahasan Segi Empat (PTK di Kelas VII Semester Genap SMP Negeri 3 Colomadu Tahun Ajaran 2011/2012)
Main Author: | Martini, Tri Ayu |
---|---|
Format: | Karya Ilmiah NonPeerReviewed application/pdf |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2012
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.ums.ac.id/19512/1/HALAMAN_DEPAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/19512/2/BAB_I.pdf http://eprints.ums.ac.id/19512/4/BAB_II.pdf http://eprints.ums.ac.id/19512/6/BAB_III.pdf http://eprints.ums.ac.id/19512/8/BAB_IV.pdf http://eprints.ums.ac.id/19512/9/BAB_V.pdf http://eprints.ums.ac.id/19512/11/DAPUS.pdf http://eprints.ums.ac.id/19512/13/LAMPIRAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/19512/15/Naspub.pdf http://eprints.ums.ac.id/19512/ |
ctrlnum |
19512 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.ums.ac.id/19512/</relation><title>Implementasi Strategi Quantum Learning Dengan Mengoptimalkan Alat Peraga Dalam Pembelajaran
Matematika Untuk Meningkatkan Kemandirian Siswa
Pada Pokok Bahasan Segi Empat
(PTK di Kelas VII Semester Genap SMP Negeri 3 Colomadu Tahun Ajaran 2011/2012)

</title><creator> Martini, Tri Ayu </creator><subject>LB Theory and practice of education</subject><description>Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemandirian siswa dan prestasi
belajar matematika siswa pada pokok bahasan segi empat melalui implementasi
strategi Quantum Learning dengan mengoptimalkan alat peraga. Penelitian ini
merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subyek penerima tindakan adalah
siswa kelas VII A SMP Negeri 3 Colomadu yang berjumlah 32 siswa, sedangkan
obyek penelitian adalah kemandirian siswa dan prestasi belajar matematika.
Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, tes, catatan lapangan dan
dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif
dengan metode alur yang terjadi dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan
kesimpulan. Untuk menjamin keabsahan data digunakan teknik triangulasi. Hasil
penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemandirian dan prestasi belajar
siswa pada pokok bahasan segi empat. Hal ini dapat dilihat dari indikator
kemandirian: 1) kemampuan siswa dalam mengerjakan soal-soal latihan yang dibe
rikan oleh guru sebelum tindakan mencapai 18,75% dan di akhir tindakan
mencapai 53,12%, 2) kemampuan siswa dalam menjelaskan kepada siswa lainnya
sebelum tindakan mencapai 12,5% dan di akhir tindakan mencapai 40,62%, 3)
kemampuan siswa dalam mengajukan pertanyaan sebelum tindakan mencapai
21,88% dan di akhir tindakan mencapai 46,87%. Hasil tes yang dilakukan
sebelum tindakan dan di akhir tindakan menunjukkan adanya peningkatan prestasi
belajar siswa yang terlihat dari hasil belajar siswa secara tuntas mendapat nilai ≥
70, sebelum tindakan sebesar 37,5% meningkat menjadi 81,25% pada akhir
tindakan. Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa dengan implementasi strategi
Quantum Learning dengan mengoptimalkan alat peraga dapat meningkatkan
kemandirian belajar siswa pada pokok bahasan segi empat sehingga berdampak
pada peningkatan prestasi belajar matematika siswa.</description><date>2012</date><type>Other:Karya Ilmiah</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/19512/1/HALAMAN_DEPAN.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/19512/2/BAB_I.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/19512/4/BAB_II.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/19512/6/BAB_III.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/19512/8/BAB_IV.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/19512/9/BAB_V.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/19512/11/DAPUS.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/19512/13/LAMPIRAN.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/19512/15/Naspub.pdf</identifier><identifier> Martini, Tri Ayu (2012) Implementasi Strategi Quantum Learning Dengan Mengoptimalkan Alat Peraga Dalam Pembelajaran Matematika Untuk Meningkatkan Kemandirian Siswa Pada Pokok Bahasan Segi Empat (PTK di Kelas VII Semester Genap SMP Negeri 3 Colomadu Tahun Ajaran 2011/2012). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. </identifier><relation>A410080139</relation><recordID>19512</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Other:Karya Ilmiah Other PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview File:application/pdf File |
author |
Martini, Tri Ayu |
title |
Implementasi Strategi Quantum Learning Dengan Mengoptimalkan Alat Peraga Dalam Pembelajaran
Matematika Untuk Meningkatkan Kemandirian Siswa
Pada Pokok Bahasan Segi Empat
(PTK di Kelas VII Semester Genap SMP Negeri 3 Colomadu Tahun Ajaran 2011/2012) |
publishDate |
2012 |
topic |
LB Theory and practice of education |
url |
http://eprints.ums.ac.id/19512/1/HALAMAN_DEPAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/19512/2/BAB_I.pdf http://eprints.ums.ac.id/19512/4/BAB_II.pdf http://eprints.ums.ac.id/19512/6/BAB_III.pdf http://eprints.ums.ac.id/19512/8/BAB_IV.pdf http://eprints.ums.ac.id/19512/9/BAB_V.pdf http://eprints.ums.ac.id/19512/11/DAPUS.pdf http://eprints.ums.ac.id/19512/13/LAMPIRAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/19512/15/Naspub.pdf http://eprints.ums.ac.id/19512/ |
contents |
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemandirian siswa dan prestasi
belajar matematika siswa pada pokok bahasan segi empat melalui implementasi
strategi Quantum Learning dengan mengoptimalkan alat peraga. Penelitian ini
merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subyek penerima tindakan adalah
siswa kelas VII A SMP Negeri 3 Colomadu yang berjumlah 32 siswa, sedangkan
obyek penelitian adalah kemandirian siswa dan prestasi belajar matematika.
Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, tes, catatan lapangan dan
dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif
dengan metode alur yang terjadi dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan
kesimpulan. Untuk menjamin keabsahan data digunakan teknik triangulasi. Hasil
penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemandirian dan prestasi belajar
siswa pada pokok bahasan segi empat. Hal ini dapat dilihat dari indikator
kemandirian: 1) kemampuan siswa dalam mengerjakan soal-soal latihan yang dibe
rikan oleh guru sebelum tindakan mencapai 18,75% dan di akhir tindakan
mencapai 53,12%, 2) kemampuan siswa dalam menjelaskan kepada siswa lainnya
sebelum tindakan mencapai 12,5% dan di akhir tindakan mencapai 40,62%, 3)
kemampuan siswa dalam mengajukan pertanyaan sebelum tindakan mencapai
21,88% dan di akhir tindakan mencapai 46,87%. Hasil tes yang dilakukan
sebelum tindakan dan di akhir tindakan menunjukkan adanya peningkatan prestasi
belajar siswa yang terlihat dari hasil belajar siswa secara tuntas mendapat nilai ≥
70, sebelum tindakan sebesar 37,5% meningkat menjadi 81,25% pada akhir
tindakan. Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa dengan implementasi strategi
Quantum Learning dengan mengoptimalkan alat peraga dapat meningkatkan
kemandirian belajar siswa pada pokok bahasan segi empat sehingga berdampak
pada peningkatan prestasi belajar matematika siswa. |
id |
IOS2728.19512 |
institution |
Universitas Muhammadiyah Surakarta |
institution_id |
249 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Surakarta |
library_id |
555 |
collection |
Digital Repository Universitas Muhammadiyah Surakarta |
repository_id |
2728 |
subject_area |
Agama Ekonomi Farmasi |
city |
KOTA SURAKARTA |
province |
JAWA TENGAH |
repoId |
IOS2728 |
first_indexed |
2016-09-22T02:42:54Z |
last_indexed |
2016-09-22T02:42:58Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1765810721418903552 |
score |
17.538404 |