Perbandingan Pembelajaran Strategi Question Student Have Dengan Learning Starts With A Question Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Biologi Pokok Materi Tumbuhan Tingkat Tinggi Pada Siswa Kelas X SMA Negeri 2 Sukoharjo Tahun Ajaran 2011/2012
Main Author: | Krisnawati, Adelia Indah |
---|---|
Format: | Karya Ilmiah NonPeerReviewed application/pdf |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2012
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.ums.ac.id/19201/1/02._HALAMAN_DEPAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/19201/2/03._BAB_1.pdf http://eprints.ums.ac.id/19201/4/04._BAB_II.pdf http://eprints.ums.ac.id/19201/6/05._BAB_III.pdf http://eprints.ums.ac.id/19201/7/06._BAB_IV.pdf http://eprints.ums.ac.id/19201/9/07._BAB_V.pdf http://eprints.ums.ac.id/19201/11/08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf http://eprints.ums.ac.id/19201/13/09._LAMPIRAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/19201/15/11._NASKAH_PUBLIKASI.pdf http://eprints.ums.ac.id/19201/ |
Daftar Isi:
- Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa dengan menggunakan strategi Question Student Have dan strategi Learning Starts With A Question siswa kelas X SMA Negeri 2 Sukoharjo. Subyek pada penelitian ini adalah siswa kelas X2, X5 dan X6 SMA Negeri 2 Sukoharjo yang masing-masing kelas berjumlah 36 siswa. Penelitian ini membandingkan hasil belajar siswa dari penerapan strategi pembelajaran Question Student Have dengan strategi pembelajaran Learning Starts With A Question. Penilaian ditinjau dari aspek kognitif dan aspek afektif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata siswa pada penerapan strategi pembelajaran Question Student Have (aspek kognitif 82,19 dan aspek afektif 11,42), nilai Learning Starts With A Question (aspek kognitif 76,25 dan aspek afektif 9,72), nilai konvensional (aspek kognitif 66,89 dan aspek afektif 7,39). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan hasil belajar siswa antara pembelajaran menggunakan strategi Question Student Have dan strategi Learning Starts With A Question. Question Student Have lebih baik daripada strategi Learning Starts With A Question dan strategi Learning Starts With A Question lebih baik daripada strategi Konvensional.