Perbandingan Hasil Belajar Biologi Dengan Menggunakan Strategi Pembelajaran Guided Note Taking Dan True Or False Pada Materi Gerak Pada Tumbuhan Kelas Viii Di Smp Nurulislam Ngemplak Boyolali Tahun Ajaran 2011/2012

Main Author: WINARTI, ASIH
Format: Karya Ilmiah NonPeerReviewed application/pdf
Bahasa: eng
Terbitan: , 2012
Subjects:
Online Access: http://eprints.ums.ac.id/19104/1/02._HALAMAN_DEPAN_BARU.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19104/2/03._BAB_I.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19104/3/04._BAB_II.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19104/4/05._BAB_III.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19104/5/06._BAB_IV.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19104/6/07._BAB_V.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19104/7/08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19104/8/09._LAMPIRAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19104/9/11._NASKAH_PUBLIKASI.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19104/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk membandingan hasil belajar biologi antara strategi pembelajaran Guided Note Taking dan True or False pada materi gerak pada tumbuhan di SMP Nurul Islam Ngemplak Boyolali Tahun Ajaran 2011/2012. Pengambilan sampel penelitian berjumlah 60 siswa dari dua kelas, siswa kelas VIII B sebagai kelas perlakuan dengan menggunakan strategi pembelajaran True Or False, sedangkan kelas VIII C sebagai kelas perlakuan dengan menggunakan strategi Guided Note Taking. Hasil belajar menggunakan instrument tes hasil belajar (20 item soal). Analisis mengunakan uji analisis uji t dan diperoleh nilai signifikan, yang sebelumnya menggunakan uji prasyarat dan mengunakan uji normalitas serta uji homogenitas. Dari hasil analisis data diperoleh hasil belajar dengan menggunakan strategi pembelajaran Guided Note Taking nilai rata-rata sebesar 75,40, sedangkan strategi pembelajaran True or False nilai rata-rata sebesar 67,67 selisih kedua strategi tersebut ± 7,73. Kesimpulkannya bahwa hasil belajar siswa dengan mengunakan strategi pembelajaran Guided Note Taking lebih baik dibandingkan dengan mengunakan strategi True Or False.