Perbandingan Hasil Belajar Biologi Dengan Menggunakan Strategi Pembelajaran Guided Note Taking Dan True Or False Pada Materi Gerak Pada Tumbuhan Kelas Viii Di Smp Nurulislam Ngemplak Boyolali Tahun Ajaran 2011/2012
Main Author: | WINARTI, ASIH |
---|---|
Format: | Karya Ilmiah NonPeerReviewed application/pdf |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2012
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.ums.ac.id/19104/1/02._HALAMAN_DEPAN_BARU.pdf http://eprints.ums.ac.id/19104/2/03._BAB_I.pdf http://eprints.ums.ac.id/19104/3/04._BAB_II.pdf http://eprints.ums.ac.id/19104/4/05._BAB_III.pdf http://eprints.ums.ac.id/19104/5/06._BAB_IV.pdf http://eprints.ums.ac.id/19104/6/07._BAB_V.pdf http://eprints.ums.ac.id/19104/7/08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf http://eprints.ums.ac.id/19104/8/09._LAMPIRAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/19104/9/11._NASKAH_PUBLIKASI.pdf http://eprints.ums.ac.id/19104/ |
ctrlnum |
19104 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.ums.ac.id/19104/</relation><title>Perbandingan Hasil Belajar Biologi Dengan Menggunakan Strategi Pembelajaran Guided Note Taking Dan True Or
False Pada Materi Gerak Pada Tumbuhan Kelas Viii
Di Smp Nurulislam Ngemplak Boyolali Tahun Ajaran 2011/2012

</title><creator>WINARTI, ASIH </creator><subject>LB Theory and practice of education</subject><description>Penelitian ini bertujuan untuk membandingan hasil belajar biologi antara
strategi pembelajaran Guided Note Taking dan True or False pada materi
gerak pada tumbuhan di SMP Nurul Islam Ngemplak Boyolali Tahun Ajaran
2011/2012. Pengambilan sampel penelitian berjumlah 60 siswa dari dua kelas,
siswa kelas VIII B sebagai kelas perlakuan dengan menggunakan strategi
pembelajaran True Or False, sedangkan kelas VIII C sebagai kelas perlakuan
dengan menggunakan strategi Guided Note Taking. Hasil belajar
menggunakan instrument tes hasil belajar (20 item soal). Analisis
mengunakan uji analisis uji t dan diperoleh nilai signifikan, yang sebelumnya
menggunakan uji prasyarat dan mengunakan uji normalitas serta uji
homogenitas. Dari hasil analisis data diperoleh hasil belajar dengan
menggunakan strategi pembelajaran Guided Note Taking nilai rata-rata
sebesar 75,40, sedangkan strategi pembelajaran True or False nilai rata-rata
sebesar 67,67 selisih kedua strategi tersebut ± 7,73. Kesimpulkannya bahwa
hasil belajar siswa dengan mengunakan strategi pembelajaran Guided Note
Taking lebih baik dibandingkan dengan mengunakan strategi True Or False.
</description><date>2012</date><type>Other:Karya Ilmiah</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/19104/1/02._HALAMAN_DEPAN_BARU.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/19104/2/03._BAB_I.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/19104/3/04._BAB_II.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/19104/4/05._BAB_III.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/19104/5/06._BAB_IV.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/19104/6/07._BAB_V.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/19104/7/08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/19104/8/09._LAMPIRAN.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/19104/9/11._NASKAH_PUBLIKASI.pdf</identifier><identifier> WINARTI, ASIH (2012) Perbandingan Hasil Belajar Biologi Dengan Menggunakan Strategi Pembelajaran Guided Note Taking Dan True Or False Pada Materi Gerak Pada Tumbuhan Kelas Viii Di Smp Nurulislam Ngemplak Boyolali Tahun Ajaran 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. </identifier><relation>A420080047</relation><recordID>19104</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Other:Karya Ilmiah Other PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview File:application/pdf File |
author |
WINARTI, ASIH |
title |
Perbandingan Hasil Belajar Biologi Dengan Menggunakan Strategi Pembelajaran Guided Note Taking Dan True Or
False Pada Materi Gerak Pada Tumbuhan Kelas Viii
Di Smp Nurulislam Ngemplak Boyolali Tahun Ajaran 2011/2012 |
publishDate |
2012 |
topic |
LB Theory and practice of education |
url |
http://eprints.ums.ac.id/19104/1/02._HALAMAN_DEPAN_BARU.pdf http://eprints.ums.ac.id/19104/2/03._BAB_I.pdf http://eprints.ums.ac.id/19104/3/04._BAB_II.pdf http://eprints.ums.ac.id/19104/4/05._BAB_III.pdf http://eprints.ums.ac.id/19104/5/06._BAB_IV.pdf http://eprints.ums.ac.id/19104/6/07._BAB_V.pdf http://eprints.ums.ac.id/19104/7/08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf http://eprints.ums.ac.id/19104/8/09._LAMPIRAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/19104/9/11._NASKAH_PUBLIKASI.pdf http://eprints.ums.ac.id/19104/ |
contents |
Penelitian ini bertujuan untuk membandingan hasil belajar biologi antara
strategi pembelajaran Guided Note Taking dan True or False pada materi
gerak pada tumbuhan di SMP Nurul Islam Ngemplak Boyolali Tahun Ajaran
2011/2012. Pengambilan sampel penelitian berjumlah 60 siswa dari dua kelas,
siswa kelas VIII B sebagai kelas perlakuan dengan menggunakan strategi
pembelajaran True Or False, sedangkan kelas VIII C sebagai kelas perlakuan
dengan menggunakan strategi Guided Note Taking. Hasil belajar
menggunakan instrument tes hasil belajar (20 item soal). Analisis
mengunakan uji analisis uji t dan diperoleh nilai signifikan, yang sebelumnya
menggunakan uji prasyarat dan mengunakan uji normalitas serta uji
homogenitas. Dari hasil analisis data diperoleh hasil belajar dengan
menggunakan strategi pembelajaran Guided Note Taking nilai rata-rata
sebesar 75,40, sedangkan strategi pembelajaran True or False nilai rata-rata
sebesar 67,67 selisih kedua strategi tersebut ± 7,73. Kesimpulkannya bahwa
hasil belajar siswa dengan mengunakan strategi pembelajaran Guided Note
Taking lebih baik dibandingkan dengan mengunakan strategi True Or False.
|
id |
IOS2728.19104 |
institution |
Universitas Muhammadiyah Surakarta |
institution_id |
249 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Surakarta |
library_id |
555 |
collection |
Digital Repository Universitas Muhammadiyah Surakarta |
repository_id |
2728 |
subject_area |
Agama Ekonomi Farmasi |
city |
KOTA SURAKARTA |
province |
JAWA TENGAH |
repoId |
IOS2728 |
first_indexed |
2016-09-22T02:42:36Z |
last_indexed |
2016-09-22T02:42:40Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1765810719002984448 |
score |
17.538404 |