Perbandingan Hasil Belajar Biologi Dengan Menggunakan Strategi Pembelajaran Guided Note Taking Dan True Or False Pada Materi Gerak Pada Tumbuhan Kelas Viii Di Smp Nurulislam Ngemplak Boyolali Tahun Ajaran 2011/2012

Main Author: WINARTI, ASIH
Format: Karya Ilmiah NonPeerReviewed application/pdf
Bahasa: eng
Terbitan: , 2012
Subjects:
Online Access: http://eprints.ums.ac.id/19104/1/02._HALAMAN_DEPAN_BARU.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19104/2/03._BAB_I.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19104/3/04._BAB_II.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19104/4/05._BAB_III.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19104/5/06._BAB_IV.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19104/6/07._BAB_V.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19104/7/08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19104/8/09._LAMPIRAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19104/9/11._NASKAH_PUBLIKASI.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19104/
ctrlnum 19104
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.ums.ac.id/19104/</relation><title>Perbandingan Hasil Belajar Biologi Dengan Menggunakan Strategi Pembelajaran Guided Note Taking Dan True Or&#xD; False Pada Materi Gerak Pada Tumbuhan Kelas Viii&#xD; Di Smp Nurulislam Ngemplak Boyolali Tahun Ajaran 2011/2012&#xD; &#xD; </title><creator>WINARTI, ASIH </creator><subject>LB Theory and practice of education</subject><description>Penelitian ini bertujuan untuk membandingan hasil belajar biologi antara&#xD; strategi pembelajaran Guided Note Taking dan True or False pada materi&#xD; gerak pada tumbuhan di SMP Nurul Islam Ngemplak Boyolali Tahun Ajaran&#xD; 2011/2012. Pengambilan sampel penelitian berjumlah 60 siswa dari dua kelas,&#xD; siswa kelas VIII B sebagai kelas perlakuan dengan menggunakan strategi&#xD; pembelajaran True Or False, sedangkan kelas VIII C sebagai kelas perlakuan&#xD; dengan menggunakan strategi Guided Note Taking. Hasil belajar&#xD; menggunakan instrument tes hasil belajar (20 item soal). Analisis&#xD; mengunakan uji analisis uji t dan diperoleh nilai signifikan, yang sebelumnya&#xD; menggunakan uji prasyarat dan mengunakan uji normalitas serta uji&#xD; homogenitas. Dari hasil analisis data diperoleh hasil belajar dengan&#xD; menggunakan strategi pembelajaran Guided Note Taking nilai rata-rata&#xD; sebesar 75,40, sedangkan strategi pembelajaran True or False nilai rata-rata&#xD; sebesar 67,67 selisih kedua strategi tersebut &#xB1; 7,73. Kesimpulkannya bahwa&#xD; hasil belajar siswa dengan mengunakan strategi pembelajaran Guided Note&#xD; Taking lebih baik dibandingkan dengan mengunakan strategi True Or False.&#xD; </description><date>2012</date><type>Other:Karya Ilmiah</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/19104/1/02._HALAMAN_DEPAN_BARU.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/19104/2/03._BAB_I.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/19104/3/04._BAB_II.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/19104/4/05._BAB_III.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/19104/5/06._BAB_IV.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/19104/6/07._BAB_V.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/19104/7/08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/19104/8/09._LAMPIRAN.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/19104/9/11._NASKAH_PUBLIKASI.pdf</identifier><identifier> WINARTI, ASIH (2012) Perbandingan Hasil Belajar Biologi Dengan Menggunakan Strategi Pembelajaran Guided Note Taking Dan True Or False Pada Materi Gerak Pada Tumbuhan Kelas Viii Di Smp Nurulislam Ngemplak Boyolali Tahun Ajaran 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. </identifier><relation>A420080047</relation><recordID>19104</recordID></dc>
language eng
format Other:Karya Ilmiah
Other
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
File:application/pdf
File
author WINARTI, ASIH
title Perbandingan Hasil Belajar Biologi Dengan Menggunakan Strategi Pembelajaran Guided Note Taking Dan True Or False Pada Materi Gerak Pada Tumbuhan Kelas Viii Di Smp Nurulislam Ngemplak Boyolali Tahun Ajaran 2011/2012
publishDate 2012
topic LB Theory and practice of education
url http://eprints.ums.ac.id/19104/1/02._HALAMAN_DEPAN_BARU.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19104/2/03._BAB_I.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19104/3/04._BAB_II.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19104/4/05._BAB_III.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19104/5/06._BAB_IV.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19104/6/07._BAB_V.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19104/7/08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19104/8/09._LAMPIRAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19104/9/11._NASKAH_PUBLIKASI.pdf
http://eprints.ums.ac.id/19104/
contents Penelitian ini bertujuan untuk membandingan hasil belajar biologi antara strategi pembelajaran Guided Note Taking dan True or False pada materi gerak pada tumbuhan di SMP Nurul Islam Ngemplak Boyolali Tahun Ajaran 2011/2012. Pengambilan sampel penelitian berjumlah 60 siswa dari dua kelas, siswa kelas VIII B sebagai kelas perlakuan dengan menggunakan strategi pembelajaran True Or False, sedangkan kelas VIII C sebagai kelas perlakuan dengan menggunakan strategi Guided Note Taking. Hasil belajar menggunakan instrument tes hasil belajar (20 item soal). Analisis mengunakan uji analisis uji t dan diperoleh nilai signifikan, yang sebelumnya menggunakan uji prasyarat dan mengunakan uji normalitas serta uji homogenitas. Dari hasil analisis data diperoleh hasil belajar dengan menggunakan strategi pembelajaran Guided Note Taking nilai rata-rata sebesar 75,40, sedangkan strategi pembelajaran True or False nilai rata-rata sebesar 67,67 selisih kedua strategi tersebut ± 7,73. Kesimpulkannya bahwa hasil belajar siswa dengan mengunakan strategi pembelajaran Guided Note Taking lebih baik dibandingkan dengan mengunakan strategi True Or False.
id IOS2728.19104
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
institution_id 249
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Surakarta
library_id 555
collection Digital Repository Universitas Muhammadiyah Surakarta
repository_id 2728
subject_area Agama
Ekonomi
Farmasi
city KOTA SURAKARTA
province JAWA TENGAH
repoId IOS2728
first_indexed 2016-09-22T02:42:36Z
last_indexed 2016-09-22T02:42:40Z
recordtype dc
_version_ 1765810719002984448
score 17.538404