Pengelolaan Pembelajaran Berbasis Teaching Factory Studi Situs Smk Muhammadiyah 1 Klaten
Main Author: | Haris, Abdul |
---|---|
Format: | Karya Ilmiah NonPeerReviewed application/pdf |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2012
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.ums.ac.id/19058/1/HALAMAN_DEPAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/19058/2/BAB_I.pdf http://eprints.ums.ac.id/19058/3/BAB_II.pdf http://eprints.ums.ac.id/19058/4/BAB_III.pdf http://eprints.ums.ac.id/19058/5/BAB_IV.pdf http://eprints.ums.ac.id/19058/6/BAB_V.pdf http://eprints.ums.ac.id/19058/7/BAB_VI.pdf http://eprints.ums.ac.id/19058/8/DAFTAR_PUSTAKA.pdf http://eprints.ums.ac.id/19058/ |
Daftar Isi:
- Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan (1) karakteristik setting pembelajaran berbasis teaching factory di SMK Muhammadiyah 1 Klaten (2) Ciri-ciri aktivitas guru dalam pembelajaran berbasis teaching factory di SMK Muhammadiyah 1 Klaten. (3) Ciri-ciri aktivitas belajar siswa berbasis teaching factory di SMK Muhammadiyah 1 Klaten. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dan menggunakan desain etnografi. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Muhammadiyah 1 Klaten. Subjek utama penelitian ini adalah pengelola sekolah SMK Muhammadiyah 1 Klaten. Informan kunci adalah Kepala Sekolah, Guru dan Siswa. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis data dalam situs, analisis data tertata serta data tidak tertata. Uji keabsahan data menggunakan kredibilitas, transferabilitas, konfirmabilitas dan dependabilitas. Hasil penelitian ini adalah; 1). Pengelolaan pendidikan di SMK Muhammadiyah 1 Klaten dalam meningkatkan pelayanan kepada stake holder telah berupaya dengan menerapkan pembelajaran berbasis teaching factory dengan baik, 2).Para guru di SMK Muhammadiyah 1 Klaten telah melakukan proses pembelajaran berbasis teaching factory dengan mempertimbangkan beberapa hal, yaitu, membangun karakter guru yang kuat, merencanakan pembelajaran melalui lembar kerja dan melakukan pembelajaran berbasis kebutuhan industri atau konsumen, 3) Dalam melaksanakan proses pembelajaran berbasis teaching factory siswa telah di siapkan sejak awal untuk memiliki kemampuan dan kepribadian yang baik, serta membekali mereka dengan beberapa kompetensi agar siswa kelak setelah lulus mereka siap kerja maupun menjadi wirausaha mandiri