Penerapan Strategi Pembelajaran Index Card Match Bervariasi Sebagai Upaya Meningkatkan Penguasaan Konsep Ketaatan Terhadap Perundang-Undangan Nasional Dalam Pembelajaran PKn Pada Siswa Kelas VIII A SMP Muhammadiyah 7 Surakarta Tahun Pelajaran 2011/2012

Main Author: Hananto, Agus
Format: Karya Ilmiah NonPeerReviewed application/pdf
Bahasa: eng
Terbitan: , 2012
Subjects:
Online Access: http://eprints.ums.ac.id/18410/1/02._HALAMAN_DEPAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/18410/2/03._BAB_1_AGUS.pdf
http://eprints.ums.ac.id/18410/3/04._BAB_2_AGUS.pdf
http://eprints.ums.ac.id/18410/4/05._BAB_3_AGUS.pdf
http://eprints.ums.ac.id/18410/5/06._BAB_4_AGUS.pdf
http://eprints.ums.ac.id/18410/6/07._BAB_5_AGUS.pdf
http://eprints.ums.ac.id/18410/7/08._DAFTAR__PUSTAKA.pdf
http://eprints.ums.ac.id/18410/8/09._LAMPIRAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/18410/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan penguasaan konsep siswa dalam proses pembelajaran PKn pada siswa kelas V III A SMP Muhammadiyah 7 Surakarta tahun 2011/2012 melalui penerapan strategi pembelajaran Index Card Match Bervariasi. Sebelum diberikan tindakan penguasaan konsep siswa kurang menguasai konsep dalam pembelajaran dan guru sudah mengupayakan alternatif pemecahannya dengan menggunakan metode pembelajaran diskusi, ceramah dan penugasan dll. Akan tetapi penerapan metode pembelajaran tersebut belum mampu meningkatkan penguasaan konsep siswa. Solusi yang ditawarkan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan strategi pembelajaran Index Card Match Bervariasi. Subjek pelaksanaan tindakan adalah siswa kelas V III A SMP Muhammadiyah 7 Surakarta yang berjumlah 34 siswa. Data penelitian ini dikumpulkan melalui narasumber, tempat dan peristiwa berlangsungnya aktifitas pembelajaran. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan metode observasi, tes dan wawancara. Prosedur dalam penelitian ini terdapat empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Skripsi Penelitian tindakan kelas ini dilakukan melalui dua siklus. Diharapkan dengan penerapan strategi pembelajaran Index Card Match Bervariasi penguasaan konsep siswa dalam proses pembelajaran PKn pada siswa kelas V III A SMP Muhammadiyah 7 Surakarta Tahun Pelajaran 2011/2012 dapat meningkat minimal 80% dari 34 siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat penguasaan konsep siswa dalam proses pembelajaran PKn di kelas VIII A SMP Muhammadiyah 7 Surakarta Tahun Pelajaran 2011/2012 yaitu dari sebelum diadakan penelitian tindakan adalah 14 siswa atau (41%) dari 34 siswa. Setelah dilakukan tindakan yang telah disepakati yaitu dengan menerapkan setrategi pembelajaran index card match, siklus I meningkat menjadi 22 siswa atau (65%) dari 34 siswa dan siklus II meningkat menjadi 28 siswa atau (82%) dari 34 siswa. Berdasarkan data hasil penelitian tindakan kelas tersebut maka hipotesis tindakan yang menyatakan “Diduga dengan penggunaan strategi pembelajaran Index Card Match Bervariasi dapat Meningkatkan Penguasaan konsep Siswa dalam Proses Pembelajaran PKn pada Kelas VIII A SMP Muhammadiyah 7 Surakarta Tahun Pelajaran 2011/2012” terbukti dan dapat diterima kebenarannya.