Penerapan Strategi Pembelajaran Index Card Match Bervariasi Sebagai Upaya Meningkatkan Penguasaan Konsep Ketaatan Terhadap Perundang-Undangan Nasional Dalam Pembelajaran PKn Pada Siswa Kelas VIII A SMP Muhammadiyah 7 Surakarta Tahun Pelajaran 2011/2012
Main Author: | Hananto, Agus |
---|---|
Format: | Karya Ilmiah NonPeerReviewed application/pdf |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2012
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.ums.ac.id/18410/1/02._HALAMAN_DEPAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/18410/2/03._BAB_1_AGUS.pdf http://eprints.ums.ac.id/18410/3/04._BAB_2_AGUS.pdf http://eprints.ums.ac.id/18410/4/05._BAB_3_AGUS.pdf http://eprints.ums.ac.id/18410/5/06._BAB_4_AGUS.pdf http://eprints.ums.ac.id/18410/6/07._BAB_5_AGUS.pdf http://eprints.ums.ac.id/18410/7/08._DAFTAR__PUSTAKA.pdf http://eprints.ums.ac.id/18410/8/09._LAMPIRAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/18410/ |
ctrlnum |
18410 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.ums.ac.id/18410/</relation><title>Penerapan Strategi Pembelajaran Index Card Match Bervariasi
Sebagai Upaya Meningkatkan Penguasaan Konsep Ketaatan
Terhadap Perundang-Undangan Nasional Dalam Pembelajaran PKn Pada Siswa Kelas VIII A SMP Muhammadiyah 7 Surakarta
Tahun Pelajaran 2011/2012</title><creator>Hananto, Agus</creator><subject>LB Theory and practice of education</subject><description>Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan penguasaan konsep siswa dalam proses pembelajaran PKn pada siswa kelas V III A SMP Muhammadiyah 7 Surakarta tahun 2011/2012 melalui penerapan strategi pembelajaran Index Card Match
Bervariasi. Sebelum diberikan tindakan penguasaan konsep siswa kurang menguasai konsep dalam pembelajaran dan guru sudah mengupayakan alternatif pemecahannya dengan menggunakan metode pembelajaran diskusi, ceramah dan penugasan dll. Akan tetapi penerapan metode pembelajaran tersebut belum mampu meningkatkan penguasaan konsep siswa. Solusi yang ditawarkan dalam penelitian ini adalah dengan
menggunakan strategi pembelajaran Index Card Match Bervariasi. Subjek pelaksanaan tindakan adalah siswa kelas V III A SMP Muhammadiyah 7 Surakarta yang berjumlah 34 siswa. Data penelitian ini dikumpulkan melalui narasumber,
tempat dan peristiwa berlangsungnya aktifitas pembelajaran. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan metode observasi, tes dan wawancara. Prosedur dalam penelitian ini terdapat empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Skripsi Penelitian tindakan kelas ini dilakukan melalui dua siklus. Diharapkan dengan penerapan strategi pembelajaran Index Card Match Bervariasi
penguasaan konsep siswa dalam proses pembelajaran PKn pada siswa kelas V III A SMP Muhammadiyah 7 Surakarta Tahun Pelajaran 2011/2012 dapat meningkat minimal 80% dari 34 siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat penguasaan konsep siswa dalam proses pembelajaran PKn di kelas VIII A SMP Muhammadiyah 7 Surakarta Tahun Pelajaran 2011/2012 yaitu dari sebelum diadakan penelitian tindakan adalah 14 siswa atau (41%) dari 34 siswa. Setelah dilakukan tindakan yang telah disepakati yaitu dengan menerapkan setrategi pembelajaran index card match, siklus I
meningkat menjadi 22 siswa atau (65%) dari 34 siswa dan siklus II meningkat menjadi 28 siswa atau (82%) dari 34 siswa. Berdasarkan data hasil penelitian tindakan kelas tersebut maka hipotesis tindakan yang menyatakan “Diduga dengan penggunaan strategi pembelajaran Index Card Match Bervariasi dapat Meningkatkan Penguasaan konsep Siswa dalam Proses Pembelajaran PKn pada Kelas VIII A SMP Muhammadiyah 7 Surakarta Tahun Pelajaran 2011/2012” terbukti dan
dapat diterima kebenarannya.</description><date>2012</date><type>Other:Karya Ilmiah</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/18410/1/02._HALAMAN_DEPAN.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/18410/2/03._BAB_1_AGUS.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/18410/3/04._BAB_2_AGUS.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/18410/4/05._BAB_3_AGUS.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/18410/5/06._BAB_4_AGUS.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/18410/6/07._BAB_5_AGUS.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/18410/7/08._DAFTAR__PUSTAKA.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/18410/8/09._LAMPIRAN.pdf</identifier><identifier> Hananto, Agus (2012) Penerapan Strategi Pembelajaran Index Card Match Bervariasi Sebagai Upaya Meningkatkan Penguasaan Konsep Ketaatan Terhadap Perundang-Undangan Nasional Dalam Pembelajaran PKn Pada Siswa Kelas VIII A SMP Muhammadiyah 7 Surakarta Tahun Pelajaran 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. </identifier><relation>A220080023</relation><recordID>18410</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Other:Karya Ilmiah Other PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview File:application/pdf File |
author |
Hananto, Agus |
title |
Penerapan Strategi Pembelajaran Index Card Match Bervariasi
Sebagai Upaya Meningkatkan Penguasaan Konsep Ketaatan
Terhadap Perundang-Undangan Nasional Dalam Pembelajaran PKn Pada Siswa Kelas VIII A SMP Muhammadiyah 7 Surakarta
Tahun Pelajaran 2011/2012 |
publishDate |
2012 |
topic |
LB Theory and practice of education |
url |
http://eprints.ums.ac.id/18410/1/02._HALAMAN_DEPAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/18410/2/03._BAB_1_AGUS.pdf http://eprints.ums.ac.id/18410/3/04._BAB_2_AGUS.pdf http://eprints.ums.ac.id/18410/4/05._BAB_3_AGUS.pdf http://eprints.ums.ac.id/18410/5/06._BAB_4_AGUS.pdf http://eprints.ums.ac.id/18410/6/07._BAB_5_AGUS.pdf http://eprints.ums.ac.id/18410/7/08._DAFTAR__PUSTAKA.pdf http://eprints.ums.ac.id/18410/8/09._LAMPIRAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/18410/ |
contents |
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan penguasaan konsep siswa dalam proses pembelajaran PKn pada siswa kelas V III A SMP Muhammadiyah 7 Surakarta tahun 2011/2012 melalui penerapan strategi pembelajaran Index Card Match
Bervariasi. Sebelum diberikan tindakan penguasaan konsep siswa kurang menguasai konsep dalam pembelajaran dan guru sudah mengupayakan alternatif pemecahannya dengan menggunakan metode pembelajaran diskusi, ceramah dan penugasan dll. Akan tetapi penerapan metode pembelajaran tersebut belum mampu meningkatkan penguasaan konsep siswa. Solusi yang ditawarkan dalam penelitian ini adalah dengan
menggunakan strategi pembelajaran Index Card Match Bervariasi. Subjek pelaksanaan tindakan adalah siswa kelas V III A SMP Muhammadiyah 7 Surakarta yang berjumlah 34 siswa. Data penelitian ini dikumpulkan melalui narasumber,
tempat dan peristiwa berlangsungnya aktifitas pembelajaran. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan metode observasi, tes dan wawancara. Prosedur dalam penelitian ini terdapat empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Skripsi Penelitian tindakan kelas ini dilakukan melalui dua siklus. Diharapkan dengan penerapan strategi pembelajaran Index Card Match Bervariasi
penguasaan konsep siswa dalam proses pembelajaran PKn pada siswa kelas V III A SMP Muhammadiyah 7 Surakarta Tahun Pelajaran 2011/2012 dapat meningkat minimal 80% dari 34 siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat penguasaan konsep siswa dalam proses pembelajaran PKn di kelas VIII A SMP Muhammadiyah 7 Surakarta Tahun Pelajaran 2011/2012 yaitu dari sebelum diadakan penelitian tindakan adalah 14 siswa atau (41%) dari 34 siswa. Setelah dilakukan tindakan yang telah disepakati yaitu dengan menerapkan setrategi pembelajaran index card match, siklus I
meningkat menjadi 22 siswa atau (65%) dari 34 siswa dan siklus II meningkat menjadi 28 siswa atau (82%) dari 34 siswa. Berdasarkan data hasil penelitian tindakan kelas tersebut maka hipotesis tindakan yang menyatakan “Diduga dengan penggunaan strategi pembelajaran Index Card Match Bervariasi dapat Meningkatkan Penguasaan konsep Siswa dalam Proses Pembelajaran PKn pada Kelas VIII A SMP Muhammadiyah 7 Surakarta Tahun Pelajaran 2011/2012” terbukti dan
dapat diterima kebenarannya. |
id |
IOS2728.18410 |
institution |
Universitas Muhammadiyah Surakarta |
institution_id |
249 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Surakarta |
library_id |
555 |
collection |
Digital Repository Universitas Muhammadiyah Surakarta |
repository_id |
2728 |
subject_area |
Agama Ekonomi Farmasi |
city |
KOTA SURAKARTA |
province |
JAWA TENGAH |
repoId |
IOS2728 |
first_indexed |
2016-09-22T02:42:09Z |
last_indexed |
2016-09-22T02:42:10Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1765810600717320192 |
score |
17.538404 |