Penerapan Strategi Pembelajaran Index Card Match Bervariasi Sebagai Upaya Meningkatkan Penguasaan Konsep Ketaatan Terhadap Perundang-Undangan Nasional Dalam Pembelajaran PKn Pada Siswa Kelas VIII A SMP Muhammadiyah 7 Surakarta Tahun Pelajaran 2011/2012

Main Author: Hananto, Agus
Format: Karya Ilmiah NonPeerReviewed application/pdf
Bahasa: eng
Terbitan: , 2012
Subjects:
Online Access: http://eprints.ums.ac.id/18410/1/02._HALAMAN_DEPAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/18410/2/03._BAB_1_AGUS.pdf
http://eprints.ums.ac.id/18410/3/04._BAB_2_AGUS.pdf
http://eprints.ums.ac.id/18410/4/05._BAB_3_AGUS.pdf
http://eprints.ums.ac.id/18410/5/06._BAB_4_AGUS.pdf
http://eprints.ums.ac.id/18410/6/07._BAB_5_AGUS.pdf
http://eprints.ums.ac.id/18410/7/08._DAFTAR__PUSTAKA.pdf
http://eprints.ums.ac.id/18410/8/09._LAMPIRAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/18410/
ctrlnum 18410
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.ums.ac.id/18410/</relation><title>Penerapan Strategi Pembelajaran Index Card Match Bervariasi&#xD; Sebagai Upaya Meningkatkan Penguasaan Konsep Ketaatan&#xD; Terhadap Perundang-Undangan Nasional Dalam Pembelajaran PKn Pada Siswa Kelas VIII A SMP Muhammadiyah 7 Surakarta&#xD; Tahun Pelajaran 2011/2012</title><creator>Hananto, Agus</creator><subject>LB Theory and practice of education</subject><description>Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan penguasaan konsep siswa dalam proses pembelajaran PKn pada siswa kelas V III A SMP Muhammadiyah 7 Surakarta tahun 2011/2012 melalui penerapan strategi pembelajaran Index Card Match&#xD; Bervariasi. Sebelum diberikan tindakan penguasaan konsep siswa kurang menguasai konsep dalam pembelajaran dan guru sudah mengupayakan alternatif pemecahannya dengan menggunakan metode pembelajaran diskusi, ceramah dan penugasan dll. Akan tetapi penerapan metode pembelajaran tersebut belum mampu meningkatkan penguasaan konsep siswa. Solusi yang ditawarkan dalam penelitian ini adalah dengan&#xD; menggunakan strategi pembelajaran Index Card Match Bervariasi. Subjek pelaksanaan tindakan adalah siswa kelas V III A SMP Muhammadiyah 7 Surakarta yang berjumlah 34 siswa. Data penelitian ini dikumpulkan melalui narasumber,&#xD; tempat dan peristiwa berlangsungnya aktifitas pembelajaran. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan metode observasi, tes dan wawancara. Prosedur dalam penelitian ini terdapat empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Skripsi Penelitian tindakan kelas ini dilakukan melalui dua siklus. Diharapkan dengan penerapan strategi pembelajaran Index Card Match Bervariasi&#xD; penguasaan konsep siswa dalam proses pembelajaran PKn pada siswa kelas V III A SMP Muhammadiyah 7 Surakarta Tahun Pelajaran 2011/2012 dapat meningkat minimal 80% dari 34 siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat penguasaan konsep siswa dalam proses pembelajaran PKn di kelas VIII A SMP Muhammadiyah 7 Surakarta Tahun Pelajaran 2011/2012 yaitu dari sebelum diadakan penelitian tindakan adalah 14 siswa atau (41%) dari 34 siswa. Setelah dilakukan tindakan yang telah disepakati yaitu dengan menerapkan setrategi pembelajaran index card match, siklus I&#xD; meningkat menjadi 22 siswa atau (65%) dari 34 siswa dan siklus II meningkat menjadi 28 siswa atau (82%) dari 34 siswa. Berdasarkan data hasil penelitian tindakan kelas tersebut maka hipotesis tindakan yang menyatakan &#x201C;Diduga dengan penggunaan strategi pembelajaran Index Card Match Bervariasi dapat Meningkatkan Penguasaan konsep Siswa dalam Proses Pembelajaran PKn pada Kelas VIII A SMP Muhammadiyah 7 Surakarta Tahun Pelajaran 2011/2012&#x201D; terbukti dan&#xD; dapat diterima kebenarannya.</description><date>2012</date><type>Other:Karya Ilmiah</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/18410/1/02._HALAMAN_DEPAN.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/18410/2/03._BAB_1_AGUS.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/18410/3/04._BAB_2_AGUS.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/18410/4/05._BAB_3_AGUS.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/18410/5/06._BAB_4_AGUS.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/18410/6/07._BAB_5_AGUS.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/18410/7/08._DAFTAR__PUSTAKA.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/18410/8/09._LAMPIRAN.pdf</identifier><identifier> Hananto, Agus (2012) Penerapan Strategi Pembelajaran Index Card Match Bervariasi Sebagai Upaya Meningkatkan Penguasaan Konsep Ketaatan Terhadap Perundang-Undangan Nasional Dalam Pembelajaran PKn Pada Siswa Kelas VIII A SMP Muhammadiyah 7 Surakarta Tahun Pelajaran 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. </identifier><relation>A220080023</relation><recordID>18410</recordID></dc>
language eng
format Other:Karya Ilmiah
Other
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
File:application/pdf
File
author Hananto, Agus
title Penerapan Strategi Pembelajaran Index Card Match Bervariasi Sebagai Upaya Meningkatkan Penguasaan Konsep Ketaatan Terhadap Perundang-Undangan Nasional Dalam Pembelajaran PKn Pada Siswa Kelas VIII A SMP Muhammadiyah 7 Surakarta Tahun Pelajaran 2011/2012
publishDate 2012
topic LB Theory and practice of education
url http://eprints.ums.ac.id/18410/1/02._HALAMAN_DEPAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/18410/2/03._BAB_1_AGUS.pdf
http://eprints.ums.ac.id/18410/3/04._BAB_2_AGUS.pdf
http://eprints.ums.ac.id/18410/4/05._BAB_3_AGUS.pdf
http://eprints.ums.ac.id/18410/5/06._BAB_4_AGUS.pdf
http://eprints.ums.ac.id/18410/6/07._BAB_5_AGUS.pdf
http://eprints.ums.ac.id/18410/7/08._DAFTAR__PUSTAKA.pdf
http://eprints.ums.ac.id/18410/8/09._LAMPIRAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/18410/
contents Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan penguasaan konsep siswa dalam proses pembelajaran PKn pada siswa kelas V III A SMP Muhammadiyah 7 Surakarta tahun 2011/2012 melalui penerapan strategi pembelajaran Index Card Match Bervariasi. Sebelum diberikan tindakan penguasaan konsep siswa kurang menguasai konsep dalam pembelajaran dan guru sudah mengupayakan alternatif pemecahannya dengan menggunakan metode pembelajaran diskusi, ceramah dan penugasan dll. Akan tetapi penerapan metode pembelajaran tersebut belum mampu meningkatkan penguasaan konsep siswa. Solusi yang ditawarkan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan strategi pembelajaran Index Card Match Bervariasi. Subjek pelaksanaan tindakan adalah siswa kelas V III A SMP Muhammadiyah 7 Surakarta yang berjumlah 34 siswa. Data penelitian ini dikumpulkan melalui narasumber, tempat dan peristiwa berlangsungnya aktifitas pembelajaran. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan metode observasi, tes dan wawancara. Prosedur dalam penelitian ini terdapat empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Skripsi Penelitian tindakan kelas ini dilakukan melalui dua siklus. Diharapkan dengan penerapan strategi pembelajaran Index Card Match Bervariasi penguasaan konsep siswa dalam proses pembelajaran PKn pada siswa kelas V III A SMP Muhammadiyah 7 Surakarta Tahun Pelajaran 2011/2012 dapat meningkat minimal 80% dari 34 siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat penguasaan konsep siswa dalam proses pembelajaran PKn di kelas VIII A SMP Muhammadiyah 7 Surakarta Tahun Pelajaran 2011/2012 yaitu dari sebelum diadakan penelitian tindakan adalah 14 siswa atau (41%) dari 34 siswa. Setelah dilakukan tindakan yang telah disepakati yaitu dengan menerapkan setrategi pembelajaran index card match, siklus I meningkat menjadi 22 siswa atau (65%) dari 34 siswa dan siklus II meningkat menjadi 28 siswa atau (82%) dari 34 siswa. Berdasarkan data hasil penelitian tindakan kelas tersebut maka hipotesis tindakan yang menyatakan “Diduga dengan penggunaan strategi pembelajaran Index Card Match Bervariasi dapat Meningkatkan Penguasaan konsep Siswa dalam Proses Pembelajaran PKn pada Kelas VIII A SMP Muhammadiyah 7 Surakarta Tahun Pelajaran 2011/2012” terbukti dan dapat diterima kebenarannya.
id IOS2728.18410
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
institution_id 249
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Surakarta
library_id 555
collection Digital Repository Universitas Muhammadiyah Surakarta
repository_id 2728
subject_area Agama
Ekonomi
Farmasi
city KOTA SURAKARTA
province JAWA TENGAH
repoId IOS2728
first_indexed 2016-09-22T02:42:09Z
last_indexed 2016-09-22T02:42:10Z
recordtype dc
_version_ 1765810600717320192
score 17.538404