Penerapan Ppendekatan Kooperatif Dengan Metode Pembelajaran Role Reversal Question Dalam Meningkatan Keaktifan Dan Hasil belajar Pkn Siswa Kelas VA SD Muhammadiyah 10 Tipes Surkarta Tahun Pelajaran 2011 / 2012

Main Author: Aminah, Siti
Format: Karya Ilmiah NonPeerReviewed application/pdf
Bahasa: eng
Terbitan: , 2012
Subjects:
Online Access: http://eprints.ums.ac.id/16989/1/02._HALAMAN_DEPAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/16989/3/03._BAB_I.pdf
http://eprints.ums.ac.id/16989/4/04._BAB_II.pdf
http://eprints.ums.ac.id/16989/5/05._BAB_III.pdf
http://eprints.ums.ac.id/16989/7/06._BAB_IV.pdf
http://eprints.ums.ac.id/16989/10/07._BAB_V.pdf
http://eprints.ums.ac.id/16989/11/08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf
http://eprints.ums.ac.id/16989/13/09._LAMPIRAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/16989/15/10._FULL_TEKS.pdf
http://eprints.ums.ac.id/16989/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan proses pembelajaran PKn melalui pendekatan Kooperatif dengan metode pembelajaran Role Reversal Questions untuk mengetahui peningkatan keaktifan dan hasil belajar siswa selama proses pembelajaran PKn. Jenis penelitian pada penelitian ini adalah PTK (Penelitian Tindakan Kelas). Subyek penelitian adalah guru dan siswa kelas Va SD Muhammadiyah 10 Tipes, Surakarta yang berjumlah 28 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan meliputi observasi, Tes, dan dokumentasi. Untuk menjamin validitas data, digunakan teknik triangulasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif yaitu menganalisis data perkembangan siswa siklus I dan siklus II. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan keaktifan dan hasil belajar kelas Va SD Muhammadiyah 10 Tipes, Surakarta. Hal ini dapat dilihat dari rata-rata presentase keaktifan sebelum tindakan 33, 33% setelah tindakan siklus I terjadi peningkatan menjadi 52, 88% dan siklus II adalah 71, 29%. Siswa yang mencapai daya serap ≥70 sebelum tindakan 32, 14% setelah tindakan siklus I mengalami peningkatan menjadi 69, 23% dan siklus II adalah 81, 48%.