Penerapan Ppendekatan Kooperatif Dengan Metode Pembelajaran Role Reversal Question Dalam Meningkatan Keaktifan Dan Hasil belajar Pkn Siswa Kelas VA SD Muhammadiyah 10 Tipes Surkarta Tahun Pelajaran 2011 / 2012
Main Author: | Aminah, Siti |
---|---|
Format: | Karya Ilmiah NonPeerReviewed application/pdf |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2012
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.ums.ac.id/16989/1/02._HALAMAN_DEPAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/16989/3/03._BAB_I.pdf http://eprints.ums.ac.id/16989/4/04._BAB_II.pdf http://eprints.ums.ac.id/16989/5/05._BAB_III.pdf http://eprints.ums.ac.id/16989/7/06._BAB_IV.pdf http://eprints.ums.ac.id/16989/10/07._BAB_V.pdf http://eprints.ums.ac.id/16989/11/08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf http://eprints.ums.ac.id/16989/13/09._LAMPIRAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/16989/15/10._FULL_TEKS.pdf http://eprints.ums.ac.id/16989/ |
ctrlnum |
16989 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.ums.ac.id/16989/</relation><title>Penerapan Ppendekatan Kooperatif Dengan Metode Pembelajaran Role Reversal Question Dalam Meningkatan Keaktifan Dan Hasil belajar Pkn Siswa Kelas VA SD Muhammadiyah 10 Tipes Surkarta Tahun Pelajaran 2011 / 2012</title><creator> Aminah, Siti</creator><subject>LB1501 Primary Education</subject><description>Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan proses pembelajaran PKn melalui pendekatan Kooperatif dengan metode pembelajaran Role Reversal Questions untuk
mengetahui peningkatan keaktifan dan hasil belajar siswa selama proses pembelajaran PKn. Jenis penelitian pada penelitian ini adalah PTK (Penelitian Tindakan Kelas). Subyek penelitian adalah guru dan siswa kelas Va SD
Muhammadiyah 10 Tipes, Surakarta yang berjumlah 28 siswa.
Metode pengumpulan data yang digunakan meliputi observasi, Tes, dan dokumentasi. Untuk menjamin validitas data, digunakan teknik triangulasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif yaitu menganalisis data perkembangan siswa siklus I dan siklus II.
Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan keaktifan dan hasil belajar kelas Va SD Muhammadiyah 10 Tipes, Surakarta. Hal ini dapat dilihat dari rata-rata presentase keaktifan sebelum tindakan 33, 33% setelah tindakan siklus I terjadi peningkatan menjadi 52, 88% dan siklus II adalah 71, 29%. Siswa yang mencapai daya serap ≥70 sebelum tindakan 32, 14% setelah tindakan siklus I mengalami
peningkatan menjadi 69, 23% dan siklus II adalah 81, 48%.</description><date>2012</date><type>Other:Karya Ilmiah</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/16989/1/02._HALAMAN_DEPAN.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/16989/3/03._BAB_I.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/16989/4/04._BAB_II.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/16989/5/05._BAB_III.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/16989/7/06._BAB_IV.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/16989/10/07._BAB_V.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/16989/11/08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/16989/13/09._LAMPIRAN.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/16989/15/10._FULL_TEKS.pdf</identifier><identifier> Aminah, Siti (2012) Penerapan Ppendekatan Kooperatif Dengan Metode Pembelajaran Role Reversal Question Dalam Meningkatan Keaktifan Dan Hasil belajar Pkn Siswa Kelas VA SD Muhammadiyah 10 Tipes Surkarta Tahun Pelajaran 2011 / 2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. </identifier><relation>A510080146</relation><recordID>16989</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Other:Karya Ilmiah Other PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview File:application/pdf File |
author |
Aminah, Siti |
title |
Penerapan Ppendekatan Kooperatif Dengan Metode Pembelajaran Role Reversal Question Dalam Meningkatan Keaktifan Dan Hasil belajar Pkn Siswa Kelas VA SD Muhammadiyah 10 Tipes Surkarta Tahun Pelajaran 2011 / 2012 |
publishDate |
2012 |
topic |
LB1501 Primary Education |
url |
http://eprints.ums.ac.id/16989/1/02._HALAMAN_DEPAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/16989/3/03._BAB_I.pdf http://eprints.ums.ac.id/16989/4/04._BAB_II.pdf http://eprints.ums.ac.id/16989/5/05._BAB_III.pdf http://eprints.ums.ac.id/16989/7/06._BAB_IV.pdf http://eprints.ums.ac.id/16989/10/07._BAB_V.pdf http://eprints.ums.ac.id/16989/11/08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf http://eprints.ums.ac.id/16989/13/09._LAMPIRAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/16989/15/10._FULL_TEKS.pdf http://eprints.ums.ac.id/16989/ |
contents |
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan proses pembelajaran PKn melalui pendekatan Kooperatif dengan metode pembelajaran Role Reversal Questions untuk
mengetahui peningkatan keaktifan dan hasil belajar siswa selama proses pembelajaran PKn. Jenis penelitian pada penelitian ini adalah PTK (Penelitian Tindakan Kelas). Subyek penelitian adalah guru dan siswa kelas Va SD
Muhammadiyah 10 Tipes, Surakarta yang berjumlah 28 siswa.
Metode pengumpulan data yang digunakan meliputi observasi, Tes, dan dokumentasi. Untuk menjamin validitas data, digunakan teknik triangulasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif yaitu menganalisis data perkembangan siswa siklus I dan siklus II.
Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan keaktifan dan hasil belajar kelas Va SD Muhammadiyah 10 Tipes, Surakarta. Hal ini dapat dilihat dari rata-rata presentase keaktifan sebelum tindakan 33, 33% setelah tindakan siklus I terjadi peningkatan menjadi 52, 88% dan siklus II adalah 71, 29%. Siswa yang mencapai daya serap ≥70 sebelum tindakan 32, 14% setelah tindakan siklus I mengalami
peningkatan menjadi 69, 23% dan siklus II adalah 81, 48%. |
id |
IOS2728.16989 |
institution |
Universitas Muhammadiyah Surakarta |
institution_id |
249 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Surakarta |
library_id |
555 |
collection |
Digital Repository Universitas Muhammadiyah Surakarta |
repository_id |
2728 |
subject_area |
Agama Ekonomi Farmasi |
city |
KOTA SURAKARTA |
province |
JAWA TENGAH |
repoId |
IOS2728 |
first_indexed |
2016-09-22T02:41:13Z |
last_indexed |
2016-09-22T02:41:16Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1765810592014139392 |
score |
17.538404 |