Penerapan Ppendekatan Kooperatif Dengan Metode Pembelajaran Role Reversal Question Dalam Meningkatan Keaktifan Dan Hasil belajar Pkn Siswa Kelas VA SD Muhammadiyah 10 Tipes Surkarta Tahun Pelajaran 2011 / 2012

Main Author: Aminah, Siti
Format: Karya Ilmiah NonPeerReviewed application/pdf
Bahasa: eng
Terbitan: , 2012
Subjects:
Online Access: http://eprints.ums.ac.id/16989/1/02._HALAMAN_DEPAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/16989/3/03._BAB_I.pdf
http://eprints.ums.ac.id/16989/4/04._BAB_II.pdf
http://eprints.ums.ac.id/16989/5/05._BAB_III.pdf
http://eprints.ums.ac.id/16989/7/06._BAB_IV.pdf
http://eprints.ums.ac.id/16989/10/07._BAB_V.pdf
http://eprints.ums.ac.id/16989/11/08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf
http://eprints.ums.ac.id/16989/13/09._LAMPIRAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/16989/15/10._FULL_TEKS.pdf
http://eprints.ums.ac.id/16989/
ctrlnum 16989
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.ums.ac.id/16989/</relation><title>Penerapan Ppendekatan Kooperatif Dengan Metode Pembelajaran Role Reversal Question Dalam Meningkatan Keaktifan Dan Hasil belajar Pkn Siswa Kelas VA SD Muhammadiyah 10 Tipes Surkarta Tahun Pelajaran 2011 / 2012</title><creator> Aminah, Siti</creator><subject>LB1501 Primary Education</subject><description>Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan proses pembelajaran PKn melalui pendekatan Kooperatif dengan metode pembelajaran Role Reversal Questions untuk&#xD; mengetahui peningkatan keaktifan dan hasil belajar siswa selama proses pembelajaran PKn. Jenis penelitian pada penelitian ini adalah PTK (Penelitian Tindakan Kelas). Subyek penelitian adalah guru dan siswa kelas Va SD&#xD; Muhammadiyah 10 Tipes, Surakarta yang berjumlah 28 siswa.&#xD; Metode pengumpulan data yang digunakan meliputi observasi, Tes, dan dokumentasi. Untuk menjamin validitas data, digunakan teknik triangulasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif yaitu menganalisis data perkembangan siswa siklus I dan siklus II.&#xD; Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan keaktifan dan hasil belajar kelas Va SD Muhammadiyah 10 Tipes, Surakarta. Hal ini dapat dilihat dari rata-rata presentase keaktifan sebelum tindakan 33, 33% setelah tindakan siklus I terjadi peningkatan menjadi 52, 88% dan siklus II adalah 71, 29%. Siswa yang mencapai daya serap &#x2265;70 sebelum tindakan 32, 14% setelah tindakan siklus I mengalami&#xD; peningkatan menjadi 69, 23% dan siklus II adalah 81, 48%.</description><date>2012</date><type>Other:Karya Ilmiah</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/16989/1/02._HALAMAN_DEPAN.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/16989/3/03._BAB_I.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/16989/4/04._BAB_II.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/16989/5/05._BAB_III.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/16989/7/06._BAB_IV.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/16989/10/07._BAB_V.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/16989/11/08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/16989/13/09._LAMPIRAN.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/16989/15/10._FULL_TEKS.pdf</identifier><identifier> Aminah, Siti (2012) Penerapan Ppendekatan Kooperatif Dengan Metode Pembelajaran Role Reversal Question Dalam Meningkatan Keaktifan Dan Hasil belajar Pkn Siswa Kelas VA SD Muhammadiyah 10 Tipes Surkarta Tahun Pelajaran 2011 / 2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. </identifier><relation>A510080146</relation><recordID>16989</recordID></dc>
language eng
format Other:Karya Ilmiah
Other
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
File:application/pdf
File
author Aminah, Siti
title Penerapan Ppendekatan Kooperatif Dengan Metode Pembelajaran Role Reversal Question Dalam Meningkatan Keaktifan Dan Hasil belajar Pkn Siswa Kelas VA SD Muhammadiyah 10 Tipes Surkarta Tahun Pelajaran 2011 / 2012
publishDate 2012
topic LB1501 Primary Education
url http://eprints.ums.ac.id/16989/1/02._HALAMAN_DEPAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/16989/3/03._BAB_I.pdf
http://eprints.ums.ac.id/16989/4/04._BAB_II.pdf
http://eprints.ums.ac.id/16989/5/05._BAB_III.pdf
http://eprints.ums.ac.id/16989/7/06._BAB_IV.pdf
http://eprints.ums.ac.id/16989/10/07._BAB_V.pdf
http://eprints.ums.ac.id/16989/11/08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf
http://eprints.ums.ac.id/16989/13/09._LAMPIRAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/16989/15/10._FULL_TEKS.pdf
http://eprints.ums.ac.id/16989/
contents Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan proses pembelajaran PKn melalui pendekatan Kooperatif dengan metode pembelajaran Role Reversal Questions untuk mengetahui peningkatan keaktifan dan hasil belajar siswa selama proses pembelajaran PKn. Jenis penelitian pada penelitian ini adalah PTK (Penelitian Tindakan Kelas). Subyek penelitian adalah guru dan siswa kelas Va SD Muhammadiyah 10 Tipes, Surakarta yang berjumlah 28 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan meliputi observasi, Tes, dan dokumentasi. Untuk menjamin validitas data, digunakan teknik triangulasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif yaitu menganalisis data perkembangan siswa siklus I dan siklus II. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan keaktifan dan hasil belajar kelas Va SD Muhammadiyah 10 Tipes, Surakarta. Hal ini dapat dilihat dari rata-rata presentase keaktifan sebelum tindakan 33, 33% setelah tindakan siklus I terjadi peningkatan menjadi 52, 88% dan siklus II adalah 71, 29%. Siswa yang mencapai daya serap ≥70 sebelum tindakan 32, 14% setelah tindakan siklus I mengalami peningkatan menjadi 69, 23% dan siklus II adalah 81, 48%.
id IOS2728.16989
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
institution_id 249
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Surakarta
library_id 555
collection Digital Repository Universitas Muhammadiyah Surakarta
repository_id 2728
subject_area Agama
Ekonomi
Farmasi
city KOTA SURAKARTA
province JAWA TENGAH
repoId IOS2728
first_indexed 2016-09-22T02:41:13Z
last_indexed 2016-09-22T02:41:16Z
recordtype dc
_version_ 1765810592014139392
score 17.538404