Penerapan Pembelajaran Kooperatif Group Investigation (GI) Dalam Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Pada Pokok Bahasan Persegi Panjang dan persegi (PTK terhadap siswa kelas VII Semester genap SMP Negeri 3 Colomadu tahun ajaran 2010/2011)
Main Author: | Darliyati, Dita |
---|---|
Format: | Karya Ilmiah NonPeerReviewed application/pdf |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2011
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.ums.ac.id/16965/1/2._HALAMAN_DEPAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/16965/2/3._BAB_I.pdf http://eprints.ums.ac.id/16965/5/4._BAB_II.pdf http://eprints.ums.ac.id/16965/7/5._BAB_III.pdf http://eprints.ums.ac.id/16965/8/6._BAB_IV.pdf http://eprints.ums.ac.id/16965/10/7._BAB_V.pdf http://eprints.ums.ac.id/16965/16/8._DAFTAR_PUSTAKA.pdf http://eprints.ums.ac.id/16965/17/9._LAMPIRAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/16965/ |
Daftar Isi:
- Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bersifat kolaboratif antara peneliti, guru matematika sebagai pelaku pemberi tindakan, dan kepala sekolah sebagai subyek yang membantu dalam perencanaan dan pengumpulan data. Subyek penelitian yang dikenai tindakan adalah siswa kelas VII A SMP Negeri 3 Colomadu, yang berjumlah 32 siswa, sedangkan obyek penelitian adalah keaktifan siswa. Data dikumpulkan melalui metode observasi, catatan lapangan dan dokumentasi. Teknik analisis data secara deskriptif kualitatif dengan metode alur. Hasil penelitian adalah adanya peningkatan keaktifan siswa yang dapat dilihat dari me ningkatnya indikator keaktifan siswa yang meliputi: 1) mengajukan pertanyaan sebelum tindakan 0 %, putaran I 12,50 %, putaran II 28,12 % dan di akhir tindakan 53,12 %, 2) menjawab dan menanggapi pertanyaan sebelum tindakan 6,25 %, putaran I 28,12 %, putaran II 53,12 % dan di akhir tindakan 62,50%, 3) mengerjakan atau mempresentasikan soal di depan kelas sebelum tindakan 3,12 %, putaran I 15,62 %, putaran II 37,50 % dan di akhir tindakan 46,88 %. Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa penerapan strategi pembelajaran kooperatif group investigation dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa.