Dampak Penerapan Metode Kontekstual Terhadap Pembelajaran Menulis Cerita Pendek Siswa Kelas V SDN Karangmalang II Masaran Sragen Tahun ajaran 2010/2011

Main Author: Ikasari, Febrina
Format: Karya Ilmiah NonPeerReviewed application/pdf
Bahasa: eng
Terbitan: , 2011
Subjects:
Online Access: http://eprints.ums.ac.id/15760/1/HALAMAN_DEPAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/15760/2/BAB_I.pdf
http://eprints.ums.ac.id/15760/3/BAB_II.pdf
http://eprints.ums.ac.id/15760/4/BAB_III.pdf
http://eprints.ums.ac.id/15760/5/BAB_IV.pdf
http://eprints.ums.ac.id/15760/7/BAB_V.pdf
http://eprints.ums.ac.id/15760/10/DAFTAR_PUSTAKA.pdf
http://eprints.ums.ac.id/15760/11/LAMPIRAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/15760/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesulitan menulis cerita pendek bagi siswa kelas V . Jenis penelitian ini adalah Kualitatif, Subyek penelitian adalah Guru dan siswa kelas V SD N Karangmalang II yang berjumlah 14 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran Bahasa Indonesia materi menulis cerita pendek dengan menggunakan metode kontekstual. Pembelajaran kontekstual merupakan konsep pembelajaran yang menekankan pada keterkaitan antara materi pembelajaran dengan dunia kehidupan peserta didik secara nyata, sehingga para peserta didik mampu menghubungkan dan menerapkan kompetensi dalam kehidupan sehari-hari ,melalui proses penerapan kompetensi dalam kehidpan sehari-hari.peserta didik akan merasakan pentingnya belajar dan akan memperoleh makna yang mendalam terhadap apa saja yang dipelajarinya. Tugas guru dalam pembelajaran kontekstual adalah memberikan kemudahan belajar kepada peserta didik , dengan menyediakan berbagai sarana dan sumber belajar yang memadai .guru bukan hanya menyampaikan materi pembelajaran yang berupa hafalan.