Dampak Penerapan Metode Kontekstual Terhadap Pembelajaran Menulis Cerita Pendek Siswa Kelas V SDN Karangmalang II Masaran Sragen Tahun ajaran 2010/2011
Main Author: | Ikasari, Febrina |
---|---|
Format: | Karya Ilmiah NonPeerReviewed application/pdf |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2011
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.ums.ac.id/15760/1/HALAMAN_DEPAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/15760/2/BAB_I.pdf http://eprints.ums.ac.id/15760/3/BAB_II.pdf http://eprints.ums.ac.id/15760/4/BAB_III.pdf http://eprints.ums.ac.id/15760/5/BAB_IV.pdf http://eprints.ums.ac.id/15760/7/BAB_V.pdf http://eprints.ums.ac.id/15760/10/DAFTAR_PUSTAKA.pdf http://eprints.ums.ac.id/15760/11/LAMPIRAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/15760/ |
ctrlnum |
15760 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.ums.ac.id/15760/</relation><title>Dampak Penerapan Metode Kontekstual Terhadap Pembelajaran Menulis Cerita Pendek Siswa Kelas V SDN Karangmalang II Masaran Sragen Tahun ajaran 2010/2011</title><creator>Ikasari, Febrina</creator><subject>LB Theory and practice of education</subject><description>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesulitan menulis cerita pendek bagi siswa kelas V . Jenis penelitian ini adalah Kualitatif, Subyek penelitian adalah Guru dan siswa kelas V SD N Karangmalang II yang berjumlah 14 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi,
wawancara, tes dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran Bahasa Indonesia materi menulis cerita pendek dengan menggunakan metode kontekstual. Pembelajaran kontekstual merupakan konsep pembelajaran yang
menekankan pada keterkaitan antara materi pembelajaran dengan dunia kehidupan peserta didik secara nyata, sehingga para peserta didik mampu menghubungkan dan menerapkan kompetensi dalam kehidupan sehari-hari ,melalui proses penerapan kompetensi dalam kehidpan sehari-hari.peserta didik akan merasakan pentingnya belajar dan akan memperoleh makna yang mendalam terhadap apa saja yang dipelajarinya. Tugas guru dalam pembelajaran kontekstual adalah memberikan kemudahan belajar kepada peserta didik , dengan menyediakan berbagai sarana dan sumber belajar yang memadai .guru
bukan hanya menyampaikan materi pembelajaran yang berupa hafalan. </description><date>2011</date><type>Other:Karya Ilmiah</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/15760/1/HALAMAN_DEPAN.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/15760/2/BAB_I.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/15760/3/BAB_II.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/15760/4/BAB_III.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/15760/5/BAB_IV.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/15760/7/BAB_V.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/15760/10/DAFTAR_PUSTAKA.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/15760/11/LAMPIRAN.pdf</identifier><identifier> Ikasari, Febrina (2011) Dampak Penerapan Metode Kontekstual Terhadap Pembelajaran Menulis Cerita Pendek Siswa Kelas V SDN Karangmalang II Masaran Sragen Tahun ajaran 2010/2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. </identifier><relation>A510070169</relation><recordID>15760</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Other:Karya Ilmiah Other PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview File:application/pdf File |
author |
Ikasari, Febrina |
title |
Dampak Penerapan Metode Kontekstual Terhadap Pembelajaran Menulis Cerita Pendek Siswa Kelas V SDN Karangmalang II Masaran Sragen Tahun ajaran 2010/2011 |
publishDate |
2011 |
topic |
LB Theory and practice of education |
url |
http://eprints.ums.ac.id/15760/1/HALAMAN_DEPAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/15760/2/BAB_I.pdf http://eprints.ums.ac.id/15760/3/BAB_II.pdf http://eprints.ums.ac.id/15760/4/BAB_III.pdf http://eprints.ums.ac.id/15760/5/BAB_IV.pdf http://eprints.ums.ac.id/15760/7/BAB_V.pdf http://eprints.ums.ac.id/15760/10/DAFTAR_PUSTAKA.pdf http://eprints.ums.ac.id/15760/11/LAMPIRAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/15760/ |
contents |
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesulitan menulis cerita pendek bagi siswa kelas V . Jenis penelitian ini adalah Kualitatif, Subyek penelitian adalah Guru dan siswa kelas V SD N Karangmalang II yang berjumlah 14 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi,
wawancara, tes dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran Bahasa Indonesia materi menulis cerita pendek dengan menggunakan metode kontekstual. Pembelajaran kontekstual merupakan konsep pembelajaran yang
menekankan pada keterkaitan antara materi pembelajaran dengan dunia kehidupan peserta didik secara nyata, sehingga para peserta didik mampu menghubungkan dan menerapkan kompetensi dalam kehidupan sehari-hari ,melalui proses penerapan kompetensi dalam kehidpan sehari-hari.peserta didik akan merasakan pentingnya belajar dan akan memperoleh makna yang mendalam terhadap apa saja yang dipelajarinya. Tugas guru dalam pembelajaran kontekstual adalah memberikan kemudahan belajar kepada peserta didik , dengan menyediakan berbagai sarana dan sumber belajar yang memadai .guru
bukan hanya menyampaikan materi pembelajaran yang berupa hafalan. |
id |
IOS2728.15760 |
institution |
Universitas Muhammadiyah Surakarta |
institution_id |
249 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Surakarta |
library_id |
555 |
collection |
Digital Repository Universitas Muhammadiyah Surakarta |
repository_id |
2728 |
subject_area |
Agama Ekonomi Farmasi |
city |
KOTA SURAKARTA |
province |
JAWA TENGAH |
repoId |
IOS2728 |
first_indexed |
2016-09-22T02:40:25Z |
last_indexed |
2016-09-22T02:40:26Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1765810585027477504 |
score |
17.538404 |