Dampak Penerapan Metode Kontekstual Terhadap Pembelajaran Menulis Cerita Pendek Siswa Kelas V SDN Karangmalang II Masaran Sragen Tahun ajaran 2010/2011

Main Author: Ikasari, Febrina
Format: Karya Ilmiah NonPeerReviewed application/pdf
Bahasa: eng
Terbitan: , 2011
Subjects:
Online Access: http://eprints.ums.ac.id/15760/1/HALAMAN_DEPAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/15760/2/BAB_I.pdf
http://eprints.ums.ac.id/15760/3/BAB_II.pdf
http://eprints.ums.ac.id/15760/4/BAB_III.pdf
http://eprints.ums.ac.id/15760/5/BAB_IV.pdf
http://eprints.ums.ac.id/15760/7/BAB_V.pdf
http://eprints.ums.ac.id/15760/10/DAFTAR_PUSTAKA.pdf
http://eprints.ums.ac.id/15760/11/LAMPIRAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/15760/
ctrlnum 15760
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.ums.ac.id/15760/</relation><title>Dampak Penerapan Metode Kontekstual Terhadap Pembelajaran Menulis Cerita Pendek Siswa Kelas V SDN Karangmalang II Masaran Sragen Tahun ajaran 2010/2011</title><creator>Ikasari, Febrina</creator><subject>LB Theory and practice of education</subject><description>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesulitan menulis cerita pendek bagi siswa kelas V . Jenis penelitian ini adalah Kualitatif, Subyek penelitian adalah Guru dan siswa kelas V SD N Karangmalang II yang berjumlah 14 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi,&#xD; wawancara, tes dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran Bahasa Indonesia materi menulis cerita pendek dengan menggunakan metode kontekstual. Pembelajaran kontekstual merupakan konsep pembelajaran yang&#xD; menekankan pada keterkaitan antara materi pembelajaran dengan dunia kehidupan peserta didik secara nyata, sehingga para peserta didik mampu menghubungkan dan menerapkan kompetensi dalam kehidupan sehari-hari ,melalui proses penerapan kompetensi dalam kehidpan sehari-hari.peserta didik akan merasakan pentingnya belajar dan akan memperoleh makna yang mendalam terhadap apa saja yang dipelajarinya. Tugas guru dalam pembelajaran kontekstual adalah memberikan kemudahan belajar kepada peserta didik , dengan menyediakan berbagai sarana dan sumber belajar yang memadai .guru&#xD; bukan hanya menyampaikan materi pembelajaran yang berupa hafalan. </description><date>2011</date><type>Other:Karya Ilmiah</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/15760/1/HALAMAN_DEPAN.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/15760/2/BAB_I.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/15760/3/BAB_II.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/15760/4/BAB_III.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/15760/5/BAB_IV.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/15760/7/BAB_V.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/15760/10/DAFTAR_PUSTAKA.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/15760/11/LAMPIRAN.pdf</identifier><identifier> Ikasari, Febrina (2011) Dampak Penerapan Metode Kontekstual Terhadap Pembelajaran Menulis Cerita Pendek Siswa Kelas V SDN Karangmalang II Masaran Sragen Tahun ajaran 2010/2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. </identifier><relation>A510070169</relation><recordID>15760</recordID></dc>
language eng
format Other:Karya Ilmiah
Other
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
File:application/pdf
File
author Ikasari, Febrina
title Dampak Penerapan Metode Kontekstual Terhadap Pembelajaran Menulis Cerita Pendek Siswa Kelas V SDN Karangmalang II Masaran Sragen Tahun ajaran 2010/2011
publishDate 2011
topic LB Theory and practice of education
url http://eprints.ums.ac.id/15760/1/HALAMAN_DEPAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/15760/2/BAB_I.pdf
http://eprints.ums.ac.id/15760/3/BAB_II.pdf
http://eprints.ums.ac.id/15760/4/BAB_III.pdf
http://eprints.ums.ac.id/15760/5/BAB_IV.pdf
http://eprints.ums.ac.id/15760/7/BAB_V.pdf
http://eprints.ums.ac.id/15760/10/DAFTAR_PUSTAKA.pdf
http://eprints.ums.ac.id/15760/11/LAMPIRAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/15760/
contents Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesulitan menulis cerita pendek bagi siswa kelas V . Jenis penelitian ini adalah Kualitatif, Subyek penelitian adalah Guru dan siswa kelas V SD N Karangmalang II yang berjumlah 14 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran Bahasa Indonesia materi menulis cerita pendek dengan menggunakan metode kontekstual. Pembelajaran kontekstual merupakan konsep pembelajaran yang menekankan pada keterkaitan antara materi pembelajaran dengan dunia kehidupan peserta didik secara nyata, sehingga para peserta didik mampu menghubungkan dan menerapkan kompetensi dalam kehidupan sehari-hari ,melalui proses penerapan kompetensi dalam kehidpan sehari-hari.peserta didik akan merasakan pentingnya belajar dan akan memperoleh makna yang mendalam terhadap apa saja yang dipelajarinya. Tugas guru dalam pembelajaran kontekstual adalah memberikan kemudahan belajar kepada peserta didik , dengan menyediakan berbagai sarana dan sumber belajar yang memadai .guru bukan hanya menyampaikan materi pembelajaran yang berupa hafalan.
id IOS2728.15760
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
institution_id 249
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Surakarta
library_id 555
collection Digital Repository Universitas Muhammadiyah Surakarta
repository_id 2728
subject_area Agama
Ekonomi
Farmasi
city KOTA SURAKARTA
province JAWA TENGAH
repoId IOS2728
first_indexed 2016-09-22T02:40:25Z
last_indexed 2016-09-22T02:40:26Z
recordtype dc
_version_ 1765810585027477504
score 17.538404