PENGGUNAAN TANDA BACA DALAM PARAGRAF NARASI PADA SISWA KELAS VII SMP MUHAMMADIYAH 7 BANYUDONO, BOYOLALI TAHUN AJARAN 2010/2011
Main Author: | PRASETYO, NUR ROCHIM |
---|---|
Format: | Karya Ilmiah NonPeerReviewed application/pdf |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2011
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.ums.ac.id/15482/1/HALAMAN_DEPAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/15482/3/BAB_I.pdf http://eprints.ums.ac.id/15482/5/BAB_II.pdf http://eprints.ums.ac.id/15482/9/BAB_III.pdf http://eprints.ums.ac.id/15482/10/BAB_IV.pdf http://eprints.ums.ac.id/15482/13/BAB_V.pdf http://eprints.ums.ac.id/15482/15/DAFTAR_PUSTAKA.pdf http://eprints.ums.ac.id/15482/16/HALAMAN_DEPAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/15482/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh deskripsi objektif tentang penggunaan tanda baca titik (.) dalam paragraf narasi pada siswa kelas VII B SMP Muhammadiyah 7 Banyudono, penggunaan tanda baca koma (,) dalam paragraf narasi pada siswa kelas VII B SMP Muhammadiyah 7 Banyudono, dan penggunaan tanda baca hubung (-) dalam paragraf narasi pada siswa kelas VII B SMP Muhammadiyah 7 Banyudono. Bentuk penelitian ini adalah kualitatif yang bersifat deskriptif, sedangakn jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Data dalam penelitian ini adalah karangan narasi siswa. Sumber data penelitian ini adalah siswa kelas VII B SMP Muhammadiyah 7 Banyudono. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi atau pengamatan, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik padan dengan daya pilah sebagai pembeda larik tulisan. Hasil penelitian ini adalah: (1) Penggunaan tanda baca titik dalam paragraf narasi siswa masih kurang tepat dan masih terdapat kesalahan dalam penggunaannya; (2) Penggunaan tanda baca koma pada siswa dalam paragraf narasi siswa masih sangat kurang, karena masih banyak terjadi kesalahan dalam penggunaannya; (3) Penggunaan tanda baca hubung pada paragraf narasi siswa sudah cukup baik.