PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA MELALUI METODE PEMBELAJARAN STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) BERBASIS TUTOR SEBAYA PADA POKOK BAHASAN LINGKARAN PTK Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Gatak Sukoharjo Tahun Ajaran 2010/2011
Main Author: | RETNA HANDAYANI , ANDI |
---|---|
Format: | Karya Ilmiah NonPeerReviewed application/pdf |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2011
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.ums.ac.id/13823/1/02._HALAMAN_DEPAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/13823/3/03._BAB_I.pdf http://eprints.ums.ac.id/13823/6/04._BAB_II.pdf http://eprints.ums.ac.id/13823/8/05._BAB_III.pdf http://eprints.ums.ac.id/13823/10/06._BAB_IV.pdf http://eprints.ums.ac.id/13823/13/07._BAB_V.pdf http://eprints.ums.ac.id/13823/15/08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf http://eprints.ums.ac.id/13823/17/09._LAMPIRAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/13823/ |
ctrlnum |
13823 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.ums.ac.id/13823/</relation><title>PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA MELALUI METODE PEMBELAJARAN STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) BERBASIS TUTOR SEBAYA PADA POKOK BAHASAN LINGKARAN 
PTK Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Gatak Sukoharjo 
Tahun Ajaran 2010/2011 </title><creator>RETNA HANDAYANI , ANDI</creator><subject>L Education (General)</subject><description>PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA 
KELAS VIII MELALUI METODE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT 
DIVISIONS BERBASIS TUTOR SEBAYA 
(PTK PADA SISWA KELAS VIII SEMESTER II SMP NEGERI 2 
GATAK) 


Andi Retna Handayani, A 410 070 061, Program Studi Pendidikan Matematika, 
Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas 
Muhammadiyah Surakarta, 2011, 80 Halaman 

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep 
matematika siswa pada pokok bahasan lingkaran setelah dilakukan pembelajaran 
melalui metode student team achievement divisions berbasis tutor sebaya. Jenis 
penelitian pada penelitian ini adalah PTK (penelitian tindakan kelas). Subyek 
penerima tindakan adalah siswa kelas VIIIE SMP Negeri 2 Gatak, Sukoharjo 
yang berjumlah 39 siswa dan subjek pelaksana tindakan adalah peneliti dan guru 
matematika kelas VIIIE. Metode pengumpulan data dilakukan melalui tes, 
observasi, catatan lapangan dan dokumentasi. Untuk menjamin validitas data 
digunakan teknik triangulasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah dengan 
metode alur dimana meliputi pengumpulan data, pengujian data dan verifikasi 
data. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan pemahaman konsep 
matematika siswa pada pokok bahasan lingkaran. Hal ini dapat dilihat dari 1) 
kemampuan siswa dalam menjawab pertanyaan guru dan mengerjakan soal secara 
tepat sebelum tindakan 15,4% dan setelah tindakan 51,3%, 2) kemampuan siswa 
dalam menerapkan konsep secara tepat sebelum tindakan 28,2% dan setelah 
tindakan 79,5%, 3) kemampuan siswa memberi tanggapan tentang jawaban siswa 
lain sebelum tindakan 20,5% dan setelah tindakan 48,7%, serta 4) kemampuan 
siswa dalam membuat kesimpulan materi sebelum tindakan 0% dan setelah 
tindakan 25,6%. Penelitian ini menyimpulkan bahwa metode student team 
achievement divisions berbasis tutor sebaya dalam pembelajaran matematika 
dapat meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa pada pokok bahasan 
lingkaran. 

</description><date>2011</date><type>Other:Karya Ilmiah</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/13823/1/02._HALAMAN_DEPAN.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/13823/3/03._BAB_I.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/13823/6/04._BAB_II.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/13823/8/05._BAB_III.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/13823/10/06._BAB_IV.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/13823/13/07._BAB_V.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/13823/15/08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/13823/17/09._LAMPIRAN.pdf</identifier><identifier> RETNA HANDAYANI , ANDI (2011) PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA MELALUI METODE PEMBELAJARAN STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) BERBASIS TUTOR SEBAYA PADA POKOK BAHASAN LINGKARAN PTK Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Gatak Sukoharjo Tahun Ajaran 2010/2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. </identifier><relation> A 410070061 </relation><recordID>13823</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Other:Karya Ilmiah Other PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview File:application/pdf File |
author |
RETNA HANDAYANI , ANDI |
title |
PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA MELALUI METODE PEMBELAJARAN STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) BERBASIS TUTOR SEBAYA PADA POKOK BAHASAN LINGKARAN
PTK Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Gatak Sukoharjo
Tahun Ajaran 2010/2011 |
publishDate |
2011 |
topic |
L Education (General) |
url |
http://eprints.ums.ac.id/13823/1/02._HALAMAN_DEPAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/13823/3/03._BAB_I.pdf http://eprints.ums.ac.id/13823/6/04._BAB_II.pdf http://eprints.ums.ac.id/13823/8/05._BAB_III.pdf http://eprints.ums.ac.id/13823/10/06._BAB_IV.pdf http://eprints.ums.ac.id/13823/13/07._BAB_V.pdf http://eprints.ums.ac.id/13823/15/08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf http://eprints.ums.ac.id/13823/17/09._LAMPIRAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/13823/ |
contents |
PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA
KELAS VIII MELALUI METODE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT
DIVISIONS BERBASIS TUTOR SEBAYA
(PTK PADA SISWA KELAS VIII SEMESTER II SMP NEGERI 2
GATAK)
Andi Retna Handayani, A 410 070 061, Program Studi Pendidikan Matematika,
Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas
Muhammadiyah Surakarta, 2011, 80 Halaman
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep
matematika siswa pada pokok bahasan lingkaran setelah dilakukan pembelajaran
melalui metode student team achievement divisions berbasis tutor sebaya. Jenis
penelitian pada penelitian ini adalah PTK (penelitian tindakan kelas). Subyek
penerima tindakan adalah siswa kelas VIIIE SMP Negeri 2 Gatak, Sukoharjo
yang berjumlah 39 siswa dan subjek pelaksana tindakan adalah peneliti dan guru
matematika kelas VIIIE. Metode pengumpulan data dilakukan melalui tes,
observasi, catatan lapangan dan dokumentasi. Untuk menjamin validitas data
digunakan teknik triangulasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah dengan
metode alur dimana meliputi pengumpulan data, pengujian data dan verifikasi
data. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan pemahaman konsep
matematika siswa pada pokok bahasan lingkaran. Hal ini dapat dilihat dari 1)
kemampuan siswa dalam menjawab pertanyaan guru dan mengerjakan soal secara
tepat sebelum tindakan 15,4% dan setelah tindakan 51,3%, 2) kemampuan siswa
dalam menerapkan konsep secara tepat sebelum tindakan 28,2% dan setelah
tindakan 79,5%, 3) kemampuan siswa memberi tanggapan tentang jawaban siswa
lain sebelum tindakan 20,5% dan setelah tindakan 48,7%, serta 4) kemampuan
siswa dalam membuat kesimpulan materi sebelum tindakan 0% dan setelah
tindakan 25,6%. Penelitian ini menyimpulkan bahwa metode student team
achievement divisions berbasis tutor sebaya dalam pembelajaran matematika
dapat meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa pada pokok bahasan
lingkaran.
|
id |
IOS2728.13823 |
institution |
Universitas Muhammadiyah Surakarta |
institution_id |
249 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Surakarta |
library_id |
555 |
collection |
Digital Repository Universitas Muhammadiyah Surakarta |
repository_id |
2728 |
subject_area |
Agama Ekonomi Farmasi |
city |
KOTA SURAKARTA |
province |
JAWA TENGAH |
repoId |
IOS2728 |
first_indexed |
2016-09-22T02:38:58Z |
last_indexed |
2016-09-22T02:38:59Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1765810573385138176 |
score |
17.538404 |