PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA MELALUI METODE PEMBELAJARAN STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) BERBASIS TUTOR SEBAYA PADA POKOK BAHASAN LINGKARAN PTK Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Gatak Sukoharjo Tahun Ajaran 2010/2011

Main Author: RETNA HANDAYANI , ANDI
Format: Karya Ilmiah NonPeerReviewed application/pdf
Bahasa: eng
Terbitan: , 2011
Subjects:
Online Access: http://eprints.ums.ac.id/13823/1/02._HALAMAN_DEPAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/13823/3/03._BAB_I.pdf
http://eprints.ums.ac.id/13823/6/04._BAB_II.pdf
http://eprints.ums.ac.id/13823/8/05._BAB_III.pdf
http://eprints.ums.ac.id/13823/10/06._BAB_IV.pdf
http://eprints.ums.ac.id/13823/13/07._BAB_V.pdf
http://eprints.ums.ac.id/13823/15/08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf
http://eprints.ums.ac.id/13823/17/09._LAMPIRAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/13823/
ctrlnum 13823
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.ums.ac.id/13823/</relation><title>PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA MELALUI METODE PEMBELAJARAN STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) BERBASIS TUTOR SEBAYA PADA POKOK BAHASAN LINGKARAN &#xD; PTK Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Gatak Sukoharjo &#xD; Tahun Ajaran 2010/2011 </title><creator>RETNA HANDAYANI , ANDI</creator><subject>L Education (General)</subject><description>PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA &#xD; KELAS VIII MELALUI METODE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT &#xD; DIVISIONS BERBASIS TUTOR SEBAYA &#xD; (PTK PADA SISWA KELAS VIII SEMESTER II SMP NEGERI 2 &#xD; GATAK) &#xD; &#xD; &#xD; Andi Retna Handayani, A 410 070 061, Program Studi Pendidikan Matematika, &#xD; Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas &#xD; Muhammadiyah Surakarta, 2011, 80 Halaman &#xD; &#xD; Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep &#xD; matematika siswa pada pokok bahasan lingkaran setelah dilakukan pembelajaran &#xD; melalui metode student team achievement divisions berbasis tutor sebaya. Jenis &#xD; penelitian pada penelitian ini adalah PTK (penelitian tindakan kelas). Subyek &#xD; penerima tindakan adalah siswa kelas VIIIE SMP Negeri 2 Gatak, Sukoharjo &#xD; yang berjumlah 39 siswa dan subjek pelaksana tindakan adalah peneliti dan guru &#xD; matematika kelas VIIIE. Metode pengumpulan data dilakukan melalui tes, &#xD; observasi, catatan lapangan dan dokumentasi. Untuk menjamin validitas data &#xD; digunakan teknik triangulasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah dengan &#xD; metode alur dimana meliputi pengumpulan data, pengujian data dan verifikasi &#xD; data. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan pemahaman konsep &#xD; matematika siswa pada pokok bahasan lingkaran. Hal ini dapat dilihat dari 1) &#xD; kemampuan siswa dalam menjawab pertanyaan guru dan mengerjakan soal secara &#xD; tepat sebelum tindakan 15,4% dan setelah tindakan 51,3%, 2) kemampuan siswa &#xD; dalam menerapkan konsep secara tepat sebelum tindakan 28,2% dan setelah &#xD; tindakan 79,5%, 3) kemampuan siswa memberi tanggapan tentang jawaban siswa &#xD; lain sebelum tindakan 20,5% dan setelah tindakan 48,7%, serta 4) kemampuan &#xD; siswa dalam membuat kesimpulan materi sebelum tindakan 0% dan setelah &#xD; tindakan 25,6%. Penelitian ini menyimpulkan bahwa metode student team &#xD; achievement divisions berbasis tutor sebaya dalam pembelajaran matematika &#xD; dapat meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa pada pokok bahasan &#xD; lingkaran. &#xD; &#xD; </description><date>2011</date><type>Other:Karya Ilmiah</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/13823/1/02._HALAMAN_DEPAN.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/13823/3/03._BAB_I.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/13823/6/04._BAB_II.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/13823/8/05._BAB_III.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/13823/10/06._BAB_IV.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/13823/13/07._BAB_V.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/13823/15/08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/13823/17/09._LAMPIRAN.pdf</identifier><identifier> RETNA HANDAYANI , ANDI (2011) PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA MELALUI METODE PEMBELAJARAN STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) BERBASIS TUTOR SEBAYA PADA POKOK BAHASAN LINGKARAN PTK Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Gatak Sukoharjo Tahun Ajaran 2010/2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. </identifier><relation> A 410070061 </relation><recordID>13823</recordID></dc>
language eng
format Other:Karya Ilmiah
Other
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
File:application/pdf
File
author RETNA HANDAYANI , ANDI
title PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA MELALUI METODE PEMBELAJARAN STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) BERBASIS TUTOR SEBAYA PADA POKOK BAHASAN LINGKARAN PTK Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Gatak Sukoharjo Tahun Ajaran 2010/2011
publishDate 2011
topic L Education (General)
url http://eprints.ums.ac.id/13823/1/02._HALAMAN_DEPAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/13823/3/03._BAB_I.pdf
http://eprints.ums.ac.id/13823/6/04._BAB_II.pdf
http://eprints.ums.ac.id/13823/8/05._BAB_III.pdf
http://eprints.ums.ac.id/13823/10/06._BAB_IV.pdf
http://eprints.ums.ac.id/13823/13/07._BAB_V.pdf
http://eprints.ums.ac.id/13823/15/08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf
http://eprints.ums.ac.id/13823/17/09._LAMPIRAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/13823/
contents PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA KELAS VIII MELALUI METODE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISIONS BERBASIS TUTOR SEBAYA (PTK PADA SISWA KELAS VIII SEMESTER II SMP NEGERI 2 GATAK) Andi Retna Handayani, A 410 070 061, Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2011, 80 Halaman Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa pada pokok bahasan lingkaran setelah dilakukan pembelajaran melalui metode student team achievement divisions berbasis tutor sebaya. Jenis penelitian pada penelitian ini adalah PTK (penelitian tindakan kelas). Subyek penerima tindakan adalah siswa kelas VIIIE SMP Negeri 2 Gatak, Sukoharjo yang berjumlah 39 siswa dan subjek pelaksana tindakan adalah peneliti dan guru matematika kelas VIIIE. Metode pengumpulan data dilakukan melalui tes, observasi, catatan lapangan dan dokumentasi. Untuk menjamin validitas data digunakan teknik triangulasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah dengan metode alur dimana meliputi pengumpulan data, pengujian data dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan pemahaman konsep matematika siswa pada pokok bahasan lingkaran. Hal ini dapat dilihat dari 1) kemampuan siswa dalam menjawab pertanyaan guru dan mengerjakan soal secara tepat sebelum tindakan 15,4% dan setelah tindakan 51,3%, 2) kemampuan siswa dalam menerapkan konsep secara tepat sebelum tindakan 28,2% dan setelah tindakan 79,5%, 3) kemampuan siswa memberi tanggapan tentang jawaban siswa lain sebelum tindakan 20,5% dan setelah tindakan 48,7%, serta 4) kemampuan siswa dalam membuat kesimpulan materi sebelum tindakan 0% dan setelah tindakan 25,6%. Penelitian ini menyimpulkan bahwa metode student team achievement divisions berbasis tutor sebaya dalam pembelajaran matematika dapat meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa pada pokok bahasan lingkaran.
id IOS2728.13823
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
institution_id 249
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Surakarta
library_id 555
collection Digital Repository Universitas Muhammadiyah Surakarta
repository_id 2728
subject_area Agama
Ekonomi
Farmasi
city KOTA SURAKARTA
province JAWA TENGAH
repoId IOS2728
first_indexed 2016-09-22T02:38:58Z
last_indexed 2016-09-22T02:38:59Z
recordtype dc
_version_ 1765810573385138176
score 17.538404