PENINGKATAN KEAKTIFAN DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF TIPE INQUIRING MINDS WANT TO KNOW (PTK Pembelajaran Matematika Kelas XI IPS 2 Di SMA Negeri 1 Nogosari Semester II Tahun Ajaran 2010/ 2011)

Main Author: JAINUDIN, JAINUDIN
Format: Karya Ilmiah NonPeerReviewed application/pdf
Bahasa: eng
Terbitan: , 2011
Subjects:
Online Access: http://eprints.ums.ac.id/13816/1/2._HALAMAN_DEPAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/13816/2/3._BAB_I.pdf
http://eprints.ums.ac.id/13816/3/4._BAB_II.pdf
http://eprints.ums.ac.id/13816/4/5._BAB_III.pdf
http://eprints.ums.ac.id/13816/5/6._BAB_IV.pdf
http://eprints.ums.ac.id/13816/9/7._BAB_V.pdf
http://eprints.ums.ac.id/13816/10/8._DAFTAR_PUSTAKA.pdf
http://eprints.ums.ac.id/13816/12/9._LAMPIRAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/13816/
ctrlnum 13816
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.ums.ac.id/13816/</relation><title>PENINGKATAN KEAKTIFAN DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF TIPE INQUIRING MINDS WANT TO KNOW (PTK Pembelajaran Matematika Kelas XI IPS 2 Di SMA Negeri 1 Nogosari Semester II Tahun Ajaran 2010/ 2011)</title><creator>JAINUDIN, JAINUDIN</creator><subject>LB Theory and practice of education</subject><description>Tujuan penelitian ini: (1) mendiskripsikan peningkatan keaktifan belajar matematika pada limit fungsi aljabar dengan strategi pembelajaran aktif tipe inquiring minds want to know dan (2) mendiskripsikan peningkatan prestasi&#xD; belajar matematika pada limit fungsi aljabar dengan strategi pembelajaran aktif tipe inquiring minds want to know. Pendekatan penelitian ini adalah PTK kolaboratif. Subyek penelitian yang dikenai tindakan adalah siswa kelas XI IPS 2 SMA Negeri 1 Nogosari, yang berjumlah 31 siswa. Metode pengumpulan data melalui metode observasi, catatan lapangan, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data secara deskriptif kualitatif dengan metode alur. Keabsahan data dilakukan dengan observasi secara terus menerus dan triangulasi data. Hasil penelitian ini: (1) Ada peningkatan keaktifan siswa yang dapat dilihat dari meningkatnya&#xD; indikator keaktifan siswa meliputi: a) mengajukan pertanyaan terhadap suatu masalah sebelum tindakan 9,86 % dan diakhir tindakan 48,39 %, b) mengemukakan ide sebelum tindakan 3,23 % dan diakhir tindakan 22,59 %, c)&#xD; mengerjakan soal di depan kelas sebelum tindakan 3,23 % dan diakhir tindakan 45,16 %, dan (2) Ada peningkatan prestasi belajar siswa yang mendapat nilai lebih dari sama dengan 70 sebelum tindakan 19,35 % dan diakhir tindakan 77,41&#xD; %. Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa penerapan strategi pembelajaran aktif tipe inquiring minds want to know dapat meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar siswa.</description><date>2011</date><type>Other:Karya Ilmiah</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/13816/1/2._HALAMAN_DEPAN.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/13816/2/3._BAB_I.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/13816/3/4._BAB_II.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/13816/4/5._BAB_III.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/13816/5/6._BAB_IV.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/13816/9/7._BAB_V.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/13816/10/8._DAFTAR_PUSTAKA.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/13816/12/9._LAMPIRAN.pdf</identifier><identifier> JAINUDIN, JAINUDIN (2011) PENINGKATAN KEAKTIFAN DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF TIPE INQUIRING MINDS WANT TO KNOW (PTK Pembelajaran Matematika Kelas XI IPS 2 Di SMA Negeri 1 Nogosari Semester II Tahun Ajaran 2010/ 2011). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. </identifier><relation>A410070267</relation><recordID>13816</recordID></dc>
language eng
format Other:Karya Ilmiah
Other
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
File:application/pdf
File
author JAINUDIN, JAINUDIN
title PENINGKATAN KEAKTIFAN DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF TIPE INQUIRING MINDS WANT TO KNOW (PTK Pembelajaran Matematika Kelas XI IPS 2 Di SMA Negeri 1 Nogosari Semester II Tahun Ajaran 2010/ 2011)
publishDate 2011
topic LB Theory and practice of education
url http://eprints.ums.ac.id/13816/1/2._HALAMAN_DEPAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/13816/2/3._BAB_I.pdf
http://eprints.ums.ac.id/13816/3/4._BAB_II.pdf
http://eprints.ums.ac.id/13816/4/5._BAB_III.pdf
http://eprints.ums.ac.id/13816/5/6._BAB_IV.pdf
http://eprints.ums.ac.id/13816/9/7._BAB_V.pdf
http://eprints.ums.ac.id/13816/10/8._DAFTAR_PUSTAKA.pdf
http://eprints.ums.ac.id/13816/12/9._LAMPIRAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/13816/
contents Tujuan penelitian ini: (1) mendiskripsikan peningkatan keaktifan belajar matematika pada limit fungsi aljabar dengan strategi pembelajaran aktif tipe inquiring minds want to know dan (2) mendiskripsikan peningkatan prestasi belajar matematika pada limit fungsi aljabar dengan strategi pembelajaran aktif tipe inquiring minds want to know. Pendekatan penelitian ini adalah PTK kolaboratif. Subyek penelitian yang dikenai tindakan adalah siswa kelas XI IPS 2 SMA Negeri 1 Nogosari, yang berjumlah 31 siswa. Metode pengumpulan data melalui metode observasi, catatan lapangan, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data secara deskriptif kualitatif dengan metode alur. Keabsahan data dilakukan dengan observasi secara terus menerus dan triangulasi data. Hasil penelitian ini: (1) Ada peningkatan keaktifan siswa yang dapat dilihat dari meningkatnya indikator keaktifan siswa meliputi: a) mengajukan pertanyaan terhadap suatu masalah sebelum tindakan 9,86 % dan diakhir tindakan 48,39 %, b) mengemukakan ide sebelum tindakan 3,23 % dan diakhir tindakan 22,59 %, c) mengerjakan soal di depan kelas sebelum tindakan 3,23 % dan diakhir tindakan 45,16 %, dan (2) Ada peningkatan prestasi belajar siswa yang mendapat nilai lebih dari sama dengan 70 sebelum tindakan 19,35 % dan diakhir tindakan 77,41 %. Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa penerapan strategi pembelajaran aktif tipe inquiring minds want to know dapat meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar siswa.
id IOS2728.13816
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
institution_id 249
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Surakarta
library_id 555
collection Digital Repository Universitas Muhammadiyah Surakarta
repository_id 2728
subject_area Agama
Ekonomi
Farmasi
city KOTA SURAKARTA
province JAWA TENGAH
repoId IOS2728
first_indexed 2016-09-22T02:38:58Z
last_indexed 2016-09-22T02:38:59Z
recordtype dc
_version_ 1765810573365215232
score 17.538404