STUDI PERBANDINGAN ANTARA PENGGUNAAN METODE CONTEKSTUAL TEACHING LEARNING (CTL) DENGAN METODE BELAJAR TUNTAS TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV SDN PENGKOK I KEDAWUNG SRAGEN TAHUN AJARAN 2010/ 2011

Main Author: ANGGRAENI, VIANA TETI
Format: Karya Ilmiah NonPeerReviewed application/pdf
Bahasa: eng
Terbitan: , 2011
Subjects:
Online Access: http://eprints.ums.ac.id/13762/1/02_HALAMAN_DEPAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/13762/2/03_BAB_I.pdf
http://eprints.ums.ac.id/13762/3/04_BAB_II.pdf
http://eprints.ums.ac.id/13762/4/05_BAB_III.pdf
http://eprints.ums.ac.id/13762/5/06_BAB_IV.pdf
http://eprints.ums.ac.id/13762/7/06_BAB_V.pdf
http://eprints.ums.ac.id/13762/10/08_DAFTAR_PUSTAKA.pdf
http://eprints.ums.ac.id/13762/11/09_LAMPIRAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/13762/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar IPA siswa kelas IV SDN Pengkok I yang menggunakan metode Contekstual Teaching Learning (CTL) dan metode Belajar Tuntas. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitati. Populasi penelitian 42 siswa yang terbagi menjadi 2 kelas. 21 siswa kelas IV A sebagai kelompok eksperimen dan 21 siswa kelas IV B sebagai kelompok kontrol. Setelah itu dilakukan uji keseimbangan dengan uji T dengan taraf signifikansi 5% dari perhitungan uji keseimbangan diperoleh hasil thitung = 1,571 < ttabel = 1,683 maka Ho tidak ditolak (diterima) sehingga dapat disimpulkan bahwa kelompok eksperimen dan kelompok kontrol sebelum eksperimen dalam keadaan seimbang. Pengumpulan datanya menggunakan metode tes dan metode dokumentasi. Uji prasyarat analisis yaitu uji normalitas (Lilliefors) dan uji homogenitas (Bartlett), kemudian dilakukan uji hipoteis dengan rumus t_tes dengan taraf signifikansi 5% diperoleh t-hitung = 6,289 > ttabel = 1,684 maka H0 ditolak sehingga dapat disimpulkan terdapat perbedaan hasil belajar antara siswa yang pembelajarannya menggunakan metode Contekstual Teaching Learning (CTL) dan metode Belajar Tuntas. Dari nilai ratarata post test kelompok eksperimen 89,52 dan Sd= 9,61 dan nilai post test kelompok kontrol diperoleh rata-ratanya 73,57 dan Sd= 6,55, maka hasil belajar IPA siswa kelas IV menggunakan Metode Contekstual Teaching Learning (CTL) lebih baik dibandingkan dengan metode Belajar Tuntas.