STUDI PERBANDINGAN ANTARA PENGGUNAAN METODE CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) DENGAN METODE THE POWER OF TWO TERHADAP HASIL BELAJAR IPA PADA SISWA KELAS IV SDN 6 SRAGEN 2010/2011

Main Author: RACHMAWATI, FINA LAILY
Format: Karya Ilmiah NonPeerReviewed application/pdf
Bahasa: eng
Terbitan: , 2011
Subjects:
Online Access: http://eprints.ums.ac.id/13160/1/Halaman_Depan.pdf
http://eprints.ums.ac.id/13160/2/BAB_I.pdf
http://eprints.ums.ac.id/13160/4/BAB_II.pdf
http://eprints.ums.ac.id/13160/6/BAB_III.pdf
http://eprints.ums.ac.id/13160/9/BAB_IV.pdf
http://eprints.ums.ac.id/13160/11/BAB_V.pdf
http://eprints.ums.ac.id/13160/13/Daftar_Pustaka.pdf
http://eprints.ums.ac.id/13160/15/Halaman_Lampiran.pdf
http://eprints.ums.ac.id/13160/
ctrlnum 13160
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.ums.ac.id/13160/</relation><title>STUDI PERBANDINGAN ANTARA PENGGUNAAN METODE CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) DENGAN METODE THE POWER OF TWO TERHADAP HASIL BELAJAR IPA PADA SISWA KELAS IV SDN 6 SRAGEN 2010/2011 </title><creator>RACHMAWATI, FINA LAILY </creator><subject>L Education (General)</subject><description>Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui perbedaan hasil belajar &#xD; IPA siswa yang diberi pengajaran dengan menggunakan metode pembelajaran &#xD; kooperatif tipe the Power of Two dan dengan menggunakan metode pembelajaran &#xD; CTL, (2) Untuk mengetahui manakah yang memberikan hasil belajar IPA lebih &#xD; baik, penggunaan metode pembelajaran The Power Of Two atau metode &#xD; pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL)? &#xD; Jenis penelitian ini adalah penelitian True Eksperiment dengan Rancangan &#xD; Post Test Only Control Group Design. Populasi penelitian adalah seluruh siswa &#xD; kelas IV SD N 6 Sragen Tahun Pelajaran 2010/2011. Jumlah sampel 42 siswa &#xD; yang dibagi menjadi dua kelompok eksperimen. Metode pengumpulan data yang &#xD; digunakan dalam penelitian ini adalah metode tes dan metode dokumentasi. &#xD; Instrumen yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar IPA siswa adalah tes &#xD; pilihan ganda. Untuk uji pendahuluan yaitu uji keseimbangan menggunakan uji t, &#xD; dan sebagai prasyarat uji t adalah uji normalitas menggunakan uji kolmogorov &#xD; smirnov, dan uji homogenitas menggunakan independent t-test. &#xD; Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan uji t, prasyarat analisis &#xD; menggunalan kolmogorov smirnov untuk uji normalitas, uji homogenitas &#xD; menggunakan uji independent t-test, dengan taraf signifikansi (&#x3B1;) = 5%. &#xD; Kesimpulan dari penelitian ini adalah: (1) Ada perbedaan yang signifikan &#xD; hasil belajar IPA siswa dengan metode pembelajaran The Power Of Two dengan &#xD; metode Contextual Teaching And Learning (CTL) terbukti dengan nilai p-value &#xD; sebesar 0,018, (2) Hasil belajar IPA siswa dengan metode pembelajaran The &#xD; Power of Two lebih baik dibandingkan dengan hasil belajar IPA siswa dengan &#xD; metode pembelajaran CTL terbukti dengan nilai rata-rata kelompok The Power of &#xD; Two sebesar 16,00 dan kelompok CTL sebesar 14,70. </description><date>2011</date><type>Other:Karya Ilmiah</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/13160/1/Halaman_Depan.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/13160/2/BAB_I.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/13160/4/BAB_II.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/13160/6/BAB_III.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/13160/9/BAB_IV.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/13160/11/BAB_V.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/13160/13/Daftar_Pustaka.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/13160/15/Halaman_Lampiran.pdf</identifier><identifier> RACHMAWATI, FINA LAILY (2011) STUDI PERBANDINGAN ANTARA PENGGUNAAN METODE CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) DENGAN METODE THE POWER OF TWO TERHADAP HASIL BELAJAR IPA PADA SISWA KELAS IV SDN 6 SRAGEN 2010/2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. </identifier><relation>A510070175 </relation><recordID>13160</recordID></dc>
language eng
format Other:Karya Ilmiah
Other
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
File:application/pdf
File
author RACHMAWATI, FINA LAILY
title STUDI PERBANDINGAN ANTARA PENGGUNAAN METODE CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) DENGAN METODE THE POWER OF TWO TERHADAP HASIL BELAJAR IPA PADA SISWA KELAS IV SDN 6 SRAGEN 2010/2011
publishDate 2011
topic L Education (General)
url http://eprints.ums.ac.id/13160/1/Halaman_Depan.pdf
http://eprints.ums.ac.id/13160/2/BAB_I.pdf
http://eprints.ums.ac.id/13160/4/BAB_II.pdf
http://eprints.ums.ac.id/13160/6/BAB_III.pdf
http://eprints.ums.ac.id/13160/9/BAB_IV.pdf
http://eprints.ums.ac.id/13160/11/BAB_V.pdf
http://eprints.ums.ac.id/13160/13/Daftar_Pustaka.pdf
http://eprints.ums.ac.id/13160/15/Halaman_Lampiran.pdf
http://eprints.ums.ac.id/13160/
contents Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui perbedaan hasil belajar IPA siswa yang diberi pengajaran dengan menggunakan metode pembelajaran kooperatif tipe the Power of Two dan dengan menggunakan metode pembelajaran CTL, (2) Untuk mengetahui manakah yang memberikan hasil belajar IPA lebih baik, penggunaan metode pembelajaran The Power Of Two atau metode pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL)? Jenis penelitian ini adalah penelitian True Eksperiment dengan Rancangan Post Test Only Control Group Design. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas IV SD N 6 Sragen Tahun Pelajaran 2010/2011. Jumlah sampel 42 siswa yang dibagi menjadi dua kelompok eksperimen. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode tes dan metode dokumentasi. Instrumen yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar IPA siswa adalah tes pilihan ganda. Untuk uji pendahuluan yaitu uji keseimbangan menggunakan uji t, dan sebagai prasyarat uji t adalah uji normalitas menggunakan uji kolmogorov smirnov, dan uji homogenitas menggunakan independent t-test. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan uji t, prasyarat analisis menggunalan kolmogorov smirnov untuk uji normalitas, uji homogenitas menggunakan uji independent t-test, dengan taraf signifikansi (α) = 5%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah: (1) Ada perbedaan yang signifikan hasil belajar IPA siswa dengan metode pembelajaran The Power Of Two dengan metode Contextual Teaching And Learning (CTL) terbukti dengan nilai p-value sebesar 0,018, (2) Hasil belajar IPA siswa dengan metode pembelajaran The Power of Two lebih baik dibandingkan dengan hasil belajar IPA siswa dengan metode pembelajaran CTL terbukti dengan nilai rata-rata kelompok The Power of Two sebesar 16,00 dan kelompok CTL sebesar 14,70.
id IOS2728.13160
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
institution_id 249
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Surakarta
library_id 555
collection Digital Repository Universitas Muhammadiyah Surakarta
repository_id 2728
subject_area Agama
Ekonomi
Farmasi
city KOTA SURAKARTA
province JAWA TENGAH
repoId IOS2728
first_indexed 2016-09-22T02:38:26Z
last_indexed 2016-09-22T02:38:29Z
recordtype dc
_version_ 1765810569520087040
score 17.538404