STUDI PERBANDINGAN ANTARA PENGGUNAAN METODE CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) DENGAN METODE THE POWER OF TWO TERHADAP HASIL BELAJAR IPA PADA SISWA KELAS IV SDN 6 SRAGEN 2010/2011
Main Author: | RACHMAWATI, FINA LAILY |
---|---|
Format: | Karya Ilmiah NonPeerReviewed application/pdf |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2011
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.ums.ac.id/13160/1/Halaman_Depan.pdf http://eprints.ums.ac.id/13160/2/BAB_I.pdf http://eprints.ums.ac.id/13160/4/BAB_II.pdf http://eprints.ums.ac.id/13160/6/BAB_III.pdf http://eprints.ums.ac.id/13160/9/BAB_IV.pdf http://eprints.ums.ac.id/13160/11/BAB_V.pdf http://eprints.ums.ac.id/13160/13/Daftar_Pustaka.pdf http://eprints.ums.ac.id/13160/15/Halaman_Lampiran.pdf http://eprints.ums.ac.id/13160/ |
ctrlnum |
13160 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.ums.ac.id/13160/</relation><title>STUDI PERBANDINGAN ANTARA PENGGUNAAN METODE CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) DENGAN METODE THE POWER OF TWO TERHADAP HASIL BELAJAR IPA PADA SISWA KELAS IV SDN 6 SRAGEN 2010/2011 </title><creator>RACHMAWATI, FINA LAILY </creator><subject>L Education (General)</subject><description>Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui perbedaan hasil belajar 
IPA siswa yang diberi pengajaran dengan menggunakan metode pembelajaran 
kooperatif tipe the Power of Two dan dengan menggunakan metode pembelajaran 
CTL, (2) Untuk mengetahui manakah yang memberikan hasil belajar IPA lebih 
baik, penggunaan metode pembelajaran The Power Of Two atau metode 
pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL)? 
Jenis penelitian ini adalah penelitian True Eksperiment dengan Rancangan 
Post Test Only Control Group Design. Populasi penelitian adalah seluruh siswa 
kelas IV SD N 6 Sragen Tahun Pelajaran 2010/2011. Jumlah sampel 42 siswa 
yang dibagi menjadi dua kelompok eksperimen. Metode pengumpulan data yang 
digunakan dalam penelitian ini adalah metode tes dan metode dokumentasi. 
Instrumen yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar IPA siswa adalah tes 
pilihan ganda. Untuk uji pendahuluan yaitu uji keseimbangan menggunakan uji t, 
dan sebagai prasyarat uji t adalah uji normalitas menggunakan uji kolmogorov 
smirnov, dan uji homogenitas menggunakan independent t-test. 
Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan uji t, prasyarat analisis 
menggunalan kolmogorov smirnov untuk uji normalitas, uji homogenitas 
menggunakan uji independent t-test, dengan taraf signifikansi (α) = 5%. 
Kesimpulan dari penelitian ini adalah: (1) Ada perbedaan yang signifikan 
hasil belajar IPA siswa dengan metode pembelajaran The Power Of Two dengan 
metode Contextual Teaching And Learning (CTL) terbukti dengan nilai p-value 
sebesar 0,018, (2) Hasil belajar IPA siswa dengan metode pembelajaran The 
Power of Two lebih baik dibandingkan dengan hasil belajar IPA siswa dengan 
metode pembelajaran CTL terbukti dengan nilai rata-rata kelompok The Power of 
Two sebesar 16,00 dan kelompok CTL sebesar 14,70. </description><date>2011</date><type>Other:Karya Ilmiah</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/13160/1/Halaman_Depan.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/13160/2/BAB_I.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/13160/4/BAB_II.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/13160/6/BAB_III.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/13160/9/BAB_IV.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/13160/11/BAB_V.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/13160/13/Daftar_Pustaka.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/13160/15/Halaman_Lampiran.pdf</identifier><identifier> RACHMAWATI, FINA LAILY (2011) STUDI PERBANDINGAN ANTARA PENGGUNAAN METODE CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) DENGAN METODE THE POWER OF TWO TERHADAP HASIL BELAJAR IPA PADA SISWA KELAS IV SDN 6 SRAGEN 2010/2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. </identifier><relation>A510070175 </relation><recordID>13160</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Other:Karya Ilmiah Other PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview File:application/pdf File |
author |
RACHMAWATI, FINA LAILY |
title |
STUDI PERBANDINGAN ANTARA PENGGUNAAN METODE CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) DENGAN METODE THE POWER OF TWO TERHADAP HASIL BELAJAR IPA PADA SISWA KELAS IV SDN 6 SRAGEN 2010/2011 |
publishDate |
2011 |
topic |
L Education (General) |
url |
http://eprints.ums.ac.id/13160/1/Halaman_Depan.pdf http://eprints.ums.ac.id/13160/2/BAB_I.pdf http://eprints.ums.ac.id/13160/4/BAB_II.pdf http://eprints.ums.ac.id/13160/6/BAB_III.pdf http://eprints.ums.ac.id/13160/9/BAB_IV.pdf http://eprints.ums.ac.id/13160/11/BAB_V.pdf http://eprints.ums.ac.id/13160/13/Daftar_Pustaka.pdf http://eprints.ums.ac.id/13160/15/Halaman_Lampiran.pdf http://eprints.ums.ac.id/13160/ |
contents |
Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui perbedaan hasil belajar
IPA siswa yang diberi pengajaran dengan menggunakan metode pembelajaran
kooperatif tipe the Power of Two dan dengan menggunakan metode pembelajaran
CTL, (2) Untuk mengetahui manakah yang memberikan hasil belajar IPA lebih
baik, penggunaan metode pembelajaran The Power Of Two atau metode
pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL)?
Jenis penelitian ini adalah penelitian True Eksperiment dengan Rancangan
Post Test Only Control Group Design. Populasi penelitian adalah seluruh siswa
kelas IV SD N 6 Sragen Tahun Pelajaran 2010/2011. Jumlah sampel 42 siswa
yang dibagi menjadi dua kelompok eksperimen. Metode pengumpulan data yang
digunakan dalam penelitian ini adalah metode tes dan metode dokumentasi.
Instrumen yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar IPA siswa adalah tes
pilihan ganda. Untuk uji pendahuluan yaitu uji keseimbangan menggunakan uji t,
dan sebagai prasyarat uji t adalah uji normalitas menggunakan uji kolmogorov
smirnov, dan uji homogenitas menggunakan independent t-test.
Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan uji t, prasyarat analisis
menggunalan kolmogorov smirnov untuk uji normalitas, uji homogenitas
menggunakan uji independent t-test, dengan taraf signifikansi (α) = 5%.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah: (1) Ada perbedaan yang signifikan
hasil belajar IPA siswa dengan metode pembelajaran The Power Of Two dengan
metode Contextual Teaching And Learning (CTL) terbukti dengan nilai p-value
sebesar 0,018, (2) Hasil belajar IPA siswa dengan metode pembelajaran The
Power of Two lebih baik dibandingkan dengan hasil belajar IPA siswa dengan
metode pembelajaran CTL terbukti dengan nilai rata-rata kelompok The Power of
Two sebesar 16,00 dan kelompok CTL sebesar 14,70. |
id |
IOS2728.13160 |
institution |
Universitas Muhammadiyah Surakarta |
institution_id |
249 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Surakarta |
library_id |
555 |
collection |
Digital Repository Universitas Muhammadiyah Surakarta |
repository_id |
2728 |
subject_area |
Agama Ekonomi Farmasi |
city |
KOTA SURAKARTA |
province |
JAWA TENGAH |
repoId |
IOS2728 |
first_indexed |
2016-09-22T02:38:26Z |
last_indexed |
2016-09-22T02:38:29Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1765810569520087040 |
score |
17.538404 |