KREATIVITAS BELAJAR DAN PARTISIPASI DALAM INTERAKSI EDUKATIF TERHADAP PRESTASI BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL PADA SISWA KELAS VIII SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 3 KARANGANOM TAHUN AJARAN 2010 / 2011

Main Author: KURNIATI , ENDAH PUTRI
Format: Karya Ilmiah NonPeerReviewed application/pdf
Bahasa: eng
Terbitan: , 2011
Subjects:
Online Access: http://eprints.ums.ac.id/13091/1/02._Halaman_Depani.pdf
http://eprints.ums.ac.id/13091/2/03._BAB_I.pdf
http://eprints.ums.ac.id/13091/3/04._BAB_II.pdf
http://eprints.ums.ac.id/13091/4/05._BAB_III.pdf
http://eprints.ums.ac.id/13091/5/06._BAB_IV.pdf
http://eprints.ums.ac.id/13091/6/07._BAB_V.pdf
http://eprints.ums.ac.id/13091/7/08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf
http://eprints.ums.ac.id/13091/8/09._LAMPIRAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/13091/
ctrlnum 13091
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.ums.ac.id/13091/</relation><title>KREATIVITAS BELAJAR DAN PARTISIPASI DALAM INTERAKSI EDUKATIF TERHADAP PRESTASI BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL PADA SISWA KELAS VIII SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 3 KARANGANOM TAHUN AJARAN 2010 / 2011 </title><creator>KURNIATI , ENDAH PUTRI </creator><subject>L Education (General)</subject><description>Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui 1) pengaruh yang signifikan &#xD; yang ditimbulkan oleh kreativitas belajar terhadap prestasi belajar IPS. 2) &#xD; pengaruh yang signifikan yang ditimbulkan oleh partisipasi dalam interaksi &#xD; edukatif terhadap prestasi belajar IPS. 3) pengaruh yang signifikan yang &#xD; ditimbulkan secara bersama-sama dari kreativitas belajar dan partisipasi dalam &#xD; interaksi edukatif terhadap prestasi belajar IPS. &#xD; Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Penelitian ini &#xD; mengambil lokasi di SMP Negeri 3 Karanganom. Populasi dalam penelitian ini &#xD; adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Karanganom dengan julmah &#xD; seluruhnya 180 siswa. Sampel diambil sebanyak 50 orang siswa dengan teknik &#xD; random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik angket dan &#xD; dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear &#xD; ganda, uji keberartian regresi linear ganda (uji F) dan uji keberartian koefisien &#xD; regresi linier ganda (uji t), selain itu dilakukan pula perhitungan sumbangan relatif &#xD; dan sumbangan efektif. &#xD; Kesimpulan penelitian ini adalah 1) Kreativitas belajar berpengaruh positif &#xD; dan signifikan terhadap prestasi belajar IPS. Berdasarkan uji t diperoleh thitung &gt; &#xD; ttabel, yaitu 4,026 &gt; 2,012 dan nilai probabilitas signifikansi &lt; 0,05, yaitu 0,000. 2) &#xD; Partisipasi dalam interaksi edukatif berpengaruh positif dan signifikan terhadap &#xD; prestasi belajar IPS. Berdasarkan uji t diperoleh thitung &gt; ttabel, yaitu 3,601 &gt; 2,012 &#xD; dan nilai probabilitas signifikansi &lt; 0,05, yaitu 0,001. 3) Kreativitas belajar dan &#xD; Partisipasi dalam interaksi edukatif berpengaruh positif dan signifikan terhadap &#xD; prestasi belajar IPS. Berdasarkan uji t diperoleh thitung &gt; ttabel, yaitu 24,742 &gt; 3,195 &#xD; dan nilai probabilitas signifikansi &lt; 0,05, yaitu 0,000. 4) Variabel kreativitas &#xD; belajar memberikan sumbangan efektif 27,7%. dan variabel partisipasi dalam &#xD; interaksi edukatif memberikan sumbangan efektif 23,6%, Jadi total sumbangan &#xD; efektif adalah 51,3%, sedangkan sisanya 48,7% dipengaruhi oleh variabel lain. &#xD; </description><date>2011</date><type>Other:Karya Ilmiah</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/13091/1/02._Halaman_Depani.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/13091/2/03._BAB_I.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/13091/3/04._BAB_II.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/13091/4/05._BAB_III.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/13091/5/06._BAB_IV.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/13091/6/07._BAB_V.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/13091/7/08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/13091/8/09._LAMPIRAN.pdf</identifier><identifier> KURNIATI , ENDAH PUTRI (2011) KREATIVITAS BELAJAR DAN PARTISIPASI DALAM INTERAKSI EDUKATIF TERHADAP PRESTASI BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL PADA SISWA KELAS VIII SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 3 KARANGANOM TAHUN AJARAN 2010 / 2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. </identifier><relation>A210070037</relation><recordID>13091</recordID></dc>
language eng
format Other:Karya Ilmiah
Other
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
File:application/pdf
File
author KURNIATI , ENDAH PUTRI
title KREATIVITAS BELAJAR DAN PARTISIPASI DALAM INTERAKSI EDUKATIF TERHADAP PRESTASI BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL PADA SISWA KELAS VIII SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 3 KARANGANOM TAHUN AJARAN 2010 / 2011
publishDate 2011
topic L Education (General)
url http://eprints.ums.ac.id/13091/1/02._Halaman_Depani.pdf
http://eprints.ums.ac.id/13091/2/03._BAB_I.pdf
http://eprints.ums.ac.id/13091/3/04._BAB_II.pdf
http://eprints.ums.ac.id/13091/4/05._BAB_III.pdf
http://eprints.ums.ac.id/13091/5/06._BAB_IV.pdf
http://eprints.ums.ac.id/13091/6/07._BAB_V.pdf
http://eprints.ums.ac.id/13091/7/08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf
http://eprints.ums.ac.id/13091/8/09._LAMPIRAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/13091/
contents Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui 1) pengaruh yang signifikan yang ditimbulkan oleh kreativitas belajar terhadap prestasi belajar IPS. 2) pengaruh yang signifikan yang ditimbulkan oleh partisipasi dalam interaksi edukatif terhadap prestasi belajar IPS. 3) pengaruh yang signifikan yang ditimbulkan secara bersama-sama dari kreativitas belajar dan partisipasi dalam interaksi edukatif terhadap prestasi belajar IPS. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Penelitian ini mengambil lokasi di SMP Negeri 3 Karanganom. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Karanganom dengan julmah seluruhnya 180 siswa. Sampel diambil sebanyak 50 orang siswa dengan teknik random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear ganda, uji keberartian regresi linear ganda (uji F) dan uji keberartian koefisien regresi linier ganda (uji t), selain itu dilakukan pula perhitungan sumbangan relatif dan sumbangan efektif. Kesimpulan penelitian ini adalah 1) Kreativitas belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar IPS. Berdasarkan uji t diperoleh thitung > ttabel, yaitu 4,026 > 2,012 dan nilai probabilitas signifikansi < 0,05, yaitu 0,000. 2) Partisipasi dalam interaksi edukatif berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar IPS. Berdasarkan uji t diperoleh thitung > ttabel, yaitu 3,601 > 2,012 dan nilai probabilitas signifikansi < 0,05, yaitu 0,001. 3) Kreativitas belajar dan Partisipasi dalam interaksi edukatif berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar IPS. Berdasarkan uji t diperoleh thitung > ttabel, yaitu 24,742 > 3,195 dan nilai probabilitas signifikansi < 0,05, yaitu 0,000. 4) Variabel kreativitas belajar memberikan sumbangan efektif 27,7%. dan variabel partisipasi dalam interaksi edukatif memberikan sumbangan efektif 23,6%, Jadi total sumbangan efektif adalah 51,3%, sedangkan sisanya 48,7% dipengaruhi oleh variabel lain.
id IOS2728.13091
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
institution_id 249
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Surakarta
library_id 555
collection Digital Repository Universitas Muhammadiyah Surakarta
repository_id 2728
subject_area Agama
Ekonomi
Farmasi
city KOTA SURAKARTA
province JAWA TENGAH
repoId IOS2728
first_indexed 2016-09-22T02:38:25Z
last_indexed 2016-09-22T02:38:26Z
recordtype dc
_version_ 1765810569040887808
score 17.538404