PERBEDAAN HASIL BELAJAR MELALUI PENDEKATAN SAINTIFIK BERBASIS DISCOVERY LEARNING DENGAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN KONVENSIONAL PADA MATA PELAJARAN EKONOMI (PENELITIAN EKSPERIMEN KUASI KELAS X DI MAN 2 KOTA CIREBON)
Main Author: | Akmaliyah, Mela |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Edunomic Jurnal Pendidikan Ekonomi
, 2015
|
Online Access: |
http://www.fkip-unswagati.ac.id/ejournal/index.php/edunomic/article/view/188 http://www.fkip-unswagati.ac.id/ejournal/index.php/edunomic/article/view/188/180 |
Daftar Isi:
- ABSTRAK Pembelajaran Ekonomi selama ini masih mengembangkan kemampuan menghafal dan belum tercipta suasana belajar yang kondusif yang memberikan kebebasan kepada peserta didik dalam memecahkan suatu masalah, sehingga kemampuan peserta didik dalam menganalisis masalah yang ada masih sangat rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar peserta didik yang menggunakan pendekatan saintifik berbasis discovery learning dengan hasil belajar peserta didik yang menggunakan pendekatan pembelajaran konvensional pada mata pelajaran Ekonomi, untuk mengetahui respon peserta didik terhadap penggunaan pendekatan saintifik berbasis discovery learning pada mata pelajaran ekonomi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar yang signifikan jika guru menggunakan pendekatan saintifik berbasis discovery learning. Berdasarkan analisis deskripsi dari data angket pada kelas eksperimen menunjukkan bahwa respon peserta didik terhadap pembelajaran dengan menggunakan pendekatan saintifik berbasis discovery learning yaitu 82,67% dalam kategori Sangat Baik. Kata kunci: Pendekatan Saintifik Berbasis Discovery Learning, Hasil Belajar, Pelajaran Ekonomi