ctrlnum 9334
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://digilib.uinsby.ac.id/9334/</relation><title>Analisis kesalahan siswa Kelas VIII MTs Darussalam Sidodadi Taman Sidoarjo dalam menyelesaikan soal cerita Sistem Persamaan Linear Dua Variabel ditinjau dari langkah penyelesaian masalah Polya</title><creator>Zainiyah, Nanik</creator><subject>Pendidikan</subject><subject>Metode</subject><description>Matematika merupakan salah satu ilmu dasar yang mempunyai peranan penting baik dalam kehidupan sehari-hari maupun dalam pengembangan ilmu dan teknologi. Namun matematika bukanlah mata pelajaran yang mudah bagi sebagian besar siswa. Hal ini ditunjukkan dengan masih banyaknya siswa yang merasa kebingungan dan kesulitan dalam menyelesaikan soal cerita terkait sistem persamaan linear dua variabel. Ada beberapa langkah dalam menyelesaikan masalah sehari - hari khususnya soal cerita, salah satunya adalah langkah penyelesaian masalah menurut Polya, yang meliputi langkah pemahaman, perencanaan strategi, penyelesaian rencana/ strategi dan langkah pengecekan kembali. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan letak kesalahan dan penyebab siswa melakukan kesalahan dalam menyelesaikan soal cerita sistem persamaan linear dua variabel ditinjau dari langkah penyelesaian masalah polya. Penelitian ini dilakukan di kelas VIII MTs Darussalam Sidodadi Taman dengan menggunakan metode tes dan wawancara. Subyek yang diwawancarai sebanyak 6 siswa yang diambil dari siswa yang paling banyak melakukan kesalahan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian adalah deskriptif. Berdasarkan analisis data, penelitian ini memberikan kesimpulan (1) Kesalahan yang dilakukan pada langkah pemahaman sebanyak 23,08%, perencanaan strategi sebanyak 36,15%, penyelesaian strategi sebanyak 21,54%, pengecekan kembali sebanyak 19,77% (2) Penyebab kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita sistem persamaan linear dua variabel adalah kebiasaan siswa tidak lengkap menuliskan apa yang diketahui dan ditanyakan untuk menyingkat waktu, adanya anggapan bahwa hasil akhir dari perhitungan yang diperoleh merupakan penyelesaian dari soal, tidak terbiasa menuliskan kesimpulan, lupa, salah tulis, terburu- buru, tidak faham maksud soal dan merasa asing dengan soal yang diberikan, tidak dapat menerjemahkan soal kedalam model matematika meskipun sebenarnya faham penyelesaian suatu SPLDV, kurangnya sifat positif terhadap soal cerita (kurang suka).</description><date>2011-09-14</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://digilib.uinsby.ac.id/9334/57/Cover.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://digilib.uinsby.ac.id/9334/3/abstrak.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://digilib.uinsby.ac.id/9334/2/daf.%20isi.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://digilib.uinsby.ac.id/9334/4/bab1.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://digilib.uinsby.ac.id/9334/5/bab2.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://digilib.uinsby.ac.id/9334/6/bab3.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://digilib.uinsby.ac.id/9334/9/bab4.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://digilib.uinsby.ac.id/9334/7/bab5.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://digilib.uinsby.ac.id/9334/8/bab6.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://digilib.uinsby.ac.id/9334/10/daf.%20pustaka.pdf</identifier><identifier> Zainiyah, Nanik (2011) Analisis kesalahan siswa Kelas VIII MTs Darussalam Sidodadi Taman Sidoarjo dalam menyelesaikan soal cerita Sistem Persamaan Linear Dua Variabel ditinjau dari langkah penyelesaian masalah Polya. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya. </identifier><recordID>9334</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Zainiyah, Nanik
title Analisis kesalahan siswa Kelas VIII MTs Darussalam Sidodadi Taman Sidoarjo dalam menyelesaikan soal cerita Sistem Persamaan Linear Dua Variabel ditinjau dari langkah penyelesaian masalah Polya
publishDate 2011
topic Pendidikan
Metode
url http://digilib.uinsby.ac.id/9334/57/Cover.pdf
http://digilib.uinsby.ac.id/9334/3/abstrak.pdf
http://digilib.uinsby.ac.id/9334/2/daf.%20isi.pdf
http://digilib.uinsby.ac.id/9334/4/bab1.pdf
http://digilib.uinsby.ac.id/9334/5/bab2.pdf
http://digilib.uinsby.ac.id/9334/6/bab3.pdf
http://digilib.uinsby.ac.id/9334/9/bab4.pdf
http://digilib.uinsby.ac.id/9334/7/bab5.pdf
http://digilib.uinsby.ac.id/9334/8/bab6.pdf
http://digilib.uinsby.ac.id/9334/10/daf.%20pustaka.pdf
http://digilib.uinsby.ac.id/9334/
contents Matematika merupakan salah satu ilmu dasar yang mempunyai peranan penting baik dalam kehidupan sehari-hari maupun dalam pengembangan ilmu dan teknologi. Namun matematika bukanlah mata pelajaran yang mudah bagi sebagian besar siswa. Hal ini ditunjukkan dengan masih banyaknya siswa yang merasa kebingungan dan kesulitan dalam menyelesaikan soal cerita terkait sistem persamaan linear dua variabel. Ada beberapa langkah dalam menyelesaikan masalah sehari - hari khususnya soal cerita, salah satunya adalah langkah penyelesaian masalah menurut Polya, yang meliputi langkah pemahaman, perencanaan strategi, penyelesaian rencana/ strategi dan langkah pengecekan kembali. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan letak kesalahan dan penyebab siswa melakukan kesalahan dalam menyelesaikan soal cerita sistem persamaan linear dua variabel ditinjau dari langkah penyelesaian masalah polya. Penelitian ini dilakukan di kelas VIII MTs Darussalam Sidodadi Taman dengan menggunakan metode tes dan wawancara. Subyek yang diwawancarai sebanyak 6 siswa yang diambil dari siswa yang paling banyak melakukan kesalahan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian adalah deskriptif. Berdasarkan analisis data, penelitian ini memberikan kesimpulan (1) Kesalahan yang dilakukan pada langkah pemahaman sebanyak 23,08%, perencanaan strategi sebanyak 36,15%, penyelesaian strategi sebanyak 21,54%, pengecekan kembali sebanyak 19,77% (2) Penyebab kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita sistem persamaan linear dua variabel adalah kebiasaan siswa tidak lengkap menuliskan apa yang diketahui dan ditanyakan untuk menyingkat waktu, adanya anggapan bahwa hasil akhir dari perhitungan yang diperoleh merupakan penyelesaian dari soal, tidak terbiasa menuliskan kesimpulan, lupa, salah tulis, terburu- buru, tidak faham maksud soal dan merasa asing dengan soal yang diberikan, tidak dapat menerjemahkan soal kedalam model matematika meskipun sebenarnya faham penyelesaian suatu SPLDV, kurangnya sifat positif terhadap soal cerita (kurang suka).
id IOS2718.9334
institution UIN Sunan Ampel Surabaya
affiliation ptki.onesearch.id
institution_id 285
institution_type library:university
library
library Perpustakaan UIN Sunan Ampel Surabaya
library_id 456
collection Koleksi Digital UIN Sunan Ampel
repository_id 2718
subject_area Filsafat
Psikologi
Teknik Kimia
city KOTA SURABAYA
province JAWA TIMUR
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS2718
first_indexed 2019-06-12T14:13:33Z
last_indexed 2019-06-12T14:13:33Z
recordtype dc
_version_ 1765779170460172288
score 17.538404