ctrlnum 8208
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://digilib.uinsby.ac.id/8208/</relation><title>PENGARUH MINAT BACA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA DI MA ABADIYAH GABUS PATI KELAS XI</title><creator>Ma'arif, Nur</creator><subject>Pendidikan</subject><subject>Prestasi Belajar</subject><description>Belajar erat hubungannya dengan membaca. Membaca merupakan sarana dan kebutuhan yang sangat penting bagi manusia khususnya pelajar. Kegiatan membaca akan terlaksana apabila ada minat dari orang yang bersangkutan. Minat mempunyai daya dorong yang kuat dalam terwujudnya suatu kegiatan. Minat besar pengaruhnya terhadap belajar, karena bila bahan pelajaran yang dipelajari tidak sesuai dengan minat siswa maka tidak ada daya tarik baginya.Faktor-faktor yang menjadi pendukung dan penghambat dalam minat baca siswa cenderung pada pendidik dan orang tua. Disamping itu faktor sarana dan prasarana juga dapat menentukan dalam membina dan mengembangnkan minat baca. Minat baca tidak hanya berpengaruh terhadap hasil belajar, makin giat membaca makin banyak pengetahuan yang diperolehnya. Dalam penelitian skripsi yang berjudul Pengaruh Minat Baca Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas XI MA Abadiyah Gabus Patiini, peneliti menggunakan penelitian lapangan dengan pendekatan populasi dan sampel.&#xD; Pada penelitian ini jumlah populasi adalah seluruh siswa kelas XI MA Abadiyah yang berjumlah 125 siswa. Dalam penelitian ini tidak semua populasi diikutkan dalam penelitian. Tetapi mengngambil sampel dari populasi untuk diteliti. Sampel tersebut berjumlah 25 siswa dari jumlah populasi 125 siswa. Jumlah tersebut adalah 20 % dari populasi yaitu kelas XI A (7 siswa dari 39 siswa), Kelas XI B (9 siswa dari 44 siswa), kelas XI C (9 siswa dari 42 siswa). Dari hasil penelitian yang dilakukan teryata 40 % siswa mempunyai minat baca tinggi, 52 % siswa mempunyai minat baca cukup, dan 8 % siswa yang kurang mempunyai minat baca.Untuk minat baca kelas XI MA Abadiyah mempunyai kategori baik. Hal ini berdasarkan prosentase hasil angket yaitu 73,6 % yangmana angka tersebut terletak diantara 70 - 90 % yang berkategori baik. Dari hasil observasi prestasi siswa diperoleh 8 % siswa mempunyai prestasi baik, 44 % siswa mempunyai prestasi lebih dari cukup dan 48 % siswa mempunyai prestasi cukup. Kemudian untuk prestasi belajar siswa, kelas XI MA Abadiyah mempunyai kategori sedang, ini berdasarkan hasil prosentasi 65,2 % yang mana hasil tersebut terletak diantara 40 - 70 % yang berarti berkategori sedang. Setelah diadakan penelitian tentang pengaruh minat baca terhadap prestasi belajar siswa MA Abadiyah Gabus Pati kelas XI ternyata terdapat korelasi.hal tersebut dibuktikan dengan menggunakan rumus r Product Moment yang harga kritiknya dengan taraf segnifikan 5 % (0,636 0,396),dan jika menggunakan table Interprestasi Nilai r Product Moment hasil perhitungan 0,636 berada diantara angka 0,600 dan 0,800. Ini menunjukkan pengeruh minat baca terhadap prestasi belajar siswa MA abadiyah kelas XI tergolong cukup.</description><date>2010</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://digilib.uinsby.ac.id/8208/1/cover.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://digilib.uinsby.ac.id/8208/2/abstrak.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://digilib.uinsby.ac.id/8208/3/daf.%20isi.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://digilib.uinsby.ac.id/8208/4/bab.%20i.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://digilib.uinsby.ac.id/8208/5/bab.%20ii.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://digilib.uinsby.ac.id/8208/6/bab.%20iii.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://digilib.uinsby.ac.id/8208/7/bab.%20iv.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://digilib.uinsby.ac.id/8208/8/daf.%20pustaka.pdf</identifier><identifier> Ma'arif, Nur (2010) PENGARUH MINAT BACA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA DI MA ABADIYAH GABUS PATI KELAS XI. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya. </identifier><recordID>8208</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Ma'arif, Nur
title PENGARUH MINAT BACA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA DI MA ABADIYAH GABUS PATI KELAS XI
publishDate 2010
topic Pendidikan
Prestasi Belajar
url http://digilib.uinsby.ac.id/8208/1/cover.pdf
http://digilib.uinsby.ac.id/8208/2/abstrak.pdf
http://digilib.uinsby.ac.id/8208/3/daf.%20isi.pdf
http://digilib.uinsby.ac.id/8208/4/bab.%20i.pdf
http://digilib.uinsby.ac.id/8208/5/bab.%20ii.pdf
http://digilib.uinsby.ac.id/8208/6/bab.%20iii.pdf
http://digilib.uinsby.ac.id/8208/7/bab.%20iv.pdf
http://digilib.uinsby.ac.id/8208/8/daf.%20pustaka.pdf
http://digilib.uinsby.ac.id/8208/
contents Belajar erat hubungannya dengan membaca. Membaca merupakan sarana dan kebutuhan yang sangat penting bagi manusia khususnya pelajar. Kegiatan membaca akan terlaksana apabila ada minat dari orang yang bersangkutan. Minat mempunyai daya dorong yang kuat dalam terwujudnya suatu kegiatan. Minat besar pengaruhnya terhadap belajar, karena bila bahan pelajaran yang dipelajari tidak sesuai dengan minat siswa maka tidak ada daya tarik baginya.Faktor-faktor yang menjadi pendukung dan penghambat dalam minat baca siswa cenderung pada pendidik dan orang tua. Disamping itu faktor sarana dan prasarana juga dapat menentukan dalam membina dan mengembangnkan minat baca. Minat baca tidak hanya berpengaruh terhadap hasil belajar, makin giat membaca makin banyak pengetahuan yang diperolehnya. Dalam penelitian skripsi yang berjudul Pengaruh Minat Baca Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas XI MA Abadiyah Gabus Patiini, peneliti menggunakan penelitian lapangan dengan pendekatan populasi dan sampel. Pada penelitian ini jumlah populasi adalah seluruh siswa kelas XI MA Abadiyah yang berjumlah 125 siswa. Dalam penelitian ini tidak semua populasi diikutkan dalam penelitian. Tetapi mengngambil sampel dari populasi untuk diteliti. Sampel tersebut berjumlah 25 siswa dari jumlah populasi 125 siswa. Jumlah tersebut adalah 20 % dari populasi yaitu kelas XI A (7 siswa dari 39 siswa), Kelas XI B (9 siswa dari 44 siswa), kelas XI C (9 siswa dari 42 siswa). Dari hasil penelitian yang dilakukan teryata 40 % siswa mempunyai minat baca tinggi, 52 % siswa mempunyai minat baca cukup, dan 8 % siswa yang kurang mempunyai minat baca.Untuk minat baca kelas XI MA Abadiyah mempunyai kategori baik. Hal ini berdasarkan prosentase hasil angket yaitu 73,6 % yangmana angka tersebut terletak diantara 70 - 90 % yang berkategori baik. Dari hasil observasi prestasi siswa diperoleh 8 % siswa mempunyai prestasi baik, 44 % siswa mempunyai prestasi lebih dari cukup dan 48 % siswa mempunyai prestasi cukup. Kemudian untuk prestasi belajar siswa, kelas XI MA Abadiyah mempunyai kategori sedang, ini berdasarkan hasil prosentasi 65,2 % yang mana hasil tersebut terletak diantara 40 - 70 % yang berarti berkategori sedang. Setelah diadakan penelitian tentang pengaruh minat baca terhadap prestasi belajar siswa MA Abadiyah Gabus Pati kelas XI ternyata terdapat korelasi.hal tersebut dibuktikan dengan menggunakan rumus r Product Moment yang harga kritiknya dengan taraf segnifikan 5 % (0,636 0,396),dan jika menggunakan table Interprestasi Nilai r Product Moment hasil perhitungan 0,636 berada diantara angka 0,600 dan 0,800. Ini menunjukkan pengeruh minat baca terhadap prestasi belajar siswa MA abadiyah kelas XI tergolong cukup.
id IOS2718.8208
institution UIN Sunan Ampel Surabaya
affiliation ptki.onesearch.id
institution_id 285
institution_type library:university
library
library Perpustakaan UIN Sunan Ampel Surabaya
library_id 456
collection Koleksi Digital UIN Sunan Ampel
repository_id 2718
subject_area Filsafat
Psikologi
Teknik Kimia
city KOTA SURABAYA
province JAWA TIMUR
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS2718
first_indexed 2019-05-14T08:00:30Z
last_indexed 2019-05-14T08:00:30Z
recordtype dc
_version_ 1765779167665717248
score 17.538404