Pengaruh profesionalisme guru terhadap prestasi belajar siswa Mata Pelajaran PAI di SD lbrahimy Sukorejo Situbondo
Main Author: | Wahid, Abd. |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2009
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://digilib.uinsby.ac.id/27992/1/Abd.%20Wahid_D51206201.pdf http://digilib.uinsby.ac.id/27992/ http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/27992 |
Daftar Isi:
- Penulisan skripsi ini, bertitik tolak dengan anggapan bahwa profesionalisme guru sangat berperan dalam proses peningkatan mutu pendidikan baik dari ranah kognitif (pengetahuan), afektif (pemahaman), dan psikomotorik (pengamalan) Siswa dalam bidang pendidikan agama Islam. Guru yang profesional juga harus dapat memfungsikan berbagai elemen yang membantu atau mempengaruhi tehadap keberhasilan belajar anak didik dalam peningkatan pendidikannya misalnya elemen keluarga, peran orang tua dalam mendampingi anaknya dan peran masyarakat. Karena anak didik tidak hanya bcrinteraksi edukatif di sekolah akan tetapi juga berinteraksi dengan keluarga dan masyarakatnya. Adapun perumusan yang di angkat dalam penulisan skripsi ini yaitu apakah ada pengaruh profesionalisme guru terhadap prestasi belajar siswa dalam Mata Pelajaran pendidikan Agama Islam di SD Ibrahimy Sukorejo Situbondo dan pengaruh profesionalisme guru terhadap pemahaman dan sejauhmana pengamalan siswa dalam bidang Pendidikan Agama Islam di SD Ibrahimy Sukorejo Situbondo. Metode yang penulis pakai dalam penelitian ini adalah Product Moment dengan dua variabel yaitu variabel X (Profesionalisme guru) dan variabel Y (prestasi belajar siswa). Sedangkan metode yang penulis pakai dalam pengumpulan data yaitu metode interview dan metode angket, sedangkan untuk menganalisis data yang telah di kumpulkan yaitu dengan memakai rumus product moment.