Penerapan model kooperatif tipe Student Teams Achievment Divisions (STAD) untuk meningkatkan pemahaman konsep matematika materi FPB dan KPK pada siswa kelas IV di MI Hidayatul Ulum Tempel

Main Author: Oktafianti, Lola
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://digilib.uinsby.ac.id/26745/2/Lola%20Oktafianti_D97214111.pdf
http://digilib.uinsby.ac.id/26745/
ctrlnum 26745
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://digilib.uinsby.ac.id/26745/</relation><title>Penerapan model kooperatif tipe Student Teams Achievment Divisions (STAD) untuk meningkatkan pemahaman konsep matematika materi FPB dan KPK pada siswa kelas IV di MI Hidayatul Ulum Tempel</title><creator>Oktafianti, Lola</creator><subject>Matematika</subject><subject>Strategi Belajar Mengajar</subject><description>Penelitian ini berawal dari rendahnya pemahaman konsep siswa pada mata pelajaran matematika materi FPB dan KPK di MI Hidayatul Ulum Tempel. Sebagian besar dari siswa kelas IV memperoleh nilai dibawah KKM yang dikarenakan siswa belum memahami konsep materi FPB dan KPK. Selain itu, berdasarkan hasil pretest yang dilakukan oleh peneliti dapat diketahui bahwa siswa yang memperoleh nilai diatas KKM hanya 31%. Berdasarkan hal tersebut perlu adanya perbaikan pembelajaran yang mampu untuk meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa. Solusi untuk mengatasi permasalahan tersebut yaitu melalui penerapan model kooperatif tipe Student Teams Achievment Divisions (STAD) dalam pelaksanaan pembelajaran matematika. Tujuan dari penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dalam meningkatkan pemahaman konsep matematika materi FPB dan KPK pada siswa kelas IV di MI Hidayatul Ulum Tempel. 2) Untuk mengetahui peningkatan pemahaman siswa kelas IV di MI Hidayatul Ulum Tempel setelah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada materi FPB dan KPK. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan menggunakan model Kemmis dan Mc. Taggart yang terdiri dari 2 siklus dengan 4 tahap setiap siklusnya. Teknik pengumpulan data yaitu wawancara, observasi, tes tulis dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, 1) Penerapan model kooperatif tipe Student Teams Achievment Divisions (STAD) dapat meningkatkan aktivitas guru dengan perolehan nilai 85,29 (Baik) pada siklus I menjadi 97,29 (Sangat Baik)ada siklus II. Aktivitas siswa meningkat dari 86,25 (Baik) pada siklus I menjadi 95,65 (Sangat Baik) pada sikus II. 2) Peningkatan pemahaman konsep matematika siswa memperoleh nilai rata-rata 73,27 (cukup) pada siklus I menjadi 98,67 (Sangat Baik) pada siklus II dan persentase ketuntasan 60,67% (cukup) pada siklus I menjadi 96,67% (Sangat Baik) pada siklus II. Berdasarkan hasil penelitian yang dipaparkan, tindakan perbaikan dengan penerapan model kooperatif tipe STAD menghasilkan perubahan pada indikator kinerja yang diharapkan.</description><date>2018-07-25</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://digilib.uinsby.ac.id/26745/2/Lola%20Oktafianti_D97214111.pdf</identifier><identifier> Oktafianti, Lola (2018) Penerapan model kooperatif tipe Student Teams Achievment Divisions (STAD) untuk meningkatkan pemahaman konsep matematika materi FPB dan KPK pada siswa kelas IV di MI Hidayatul Ulum Tempel. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya. </identifier><recordID>26745</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Oktafianti, Lola
title Penerapan model kooperatif tipe Student Teams Achievment Divisions (STAD) untuk meningkatkan pemahaman konsep matematika materi FPB dan KPK pada siswa kelas IV di MI Hidayatul Ulum Tempel
publishDate 2018
topic Matematika
Strategi Belajar Mengajar
url http://digilib.uinsby.ac.id/26745/2/Lola%20Oktafianti_D97214111.pdf
http://digilib.uinsby.ac.id/26745/
contents Penelitian ini berawal dari rendahnya pemahaman konsep siswa pada mata pelajaran matematika materi FPB dan KPK di MI Hidayatul Ulum Tempel. Sebagian besar dari siswa kelas IV memperoleh nilai dibawah KKM yang dikarenakan siswa belum memahami konsep materi FPB dan KPK. Selain itu, berdasarkan hasil pretest yang dilakukan oleh peneliti dapat diketahui bahwa siswa yang memperoleh nilai diatas KKM hanya 31%. Berdasarkan hal tersebut perlu adanya perbaikan pembelajaran yang mampu untuk meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa. Solusi untuk mengatasi permasalahan tersebut yaitu melalui penerapan model kooperatif tipe Student Teams Achievment Divisions (STAD) dalam pelaksanaan pembelajaran matematika. Tujuan dari penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dalam meningkatkan pemahaman konsep matematika materi FPB dan KPK pada siswa kelas IV di MI Hidayatul Ulum Tempel. 2) Untuk mengetahui peningkatan pemahaman siswa kelas IV di MI Hidayatul Ulum Tempel setelah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada materi FPB dan KPK. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan menggunakan model Kemmis dan Mc. Taggart yang terdiri dari 2 siklus dengan 4 tahap setiap siklusnya. Teknik pengumpulan data yaitu wawancara, observasi, tes tulis dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, 1) Penerapan model kooperatif tipe Student Teams Achievment Divisions (STAD) dapat meningkatkan aktivitas guru dengan perolehan nilai 85,29 (Baik) pada siklus I menjadi 97,29 (Sangat Baik)ada siklus II. Aktivitas siswa meningkat dari 86,25 (Baik) pada siklus I menjadi 95,65 (Sangat Baik) pada sikus II. 2) Peningkatan pemahaman konsep matematika siswa memperoleh nilai rata-rata 73,27 (cukup) pada siklus I menjadi 98,67 (Sangat Baik) pada siklus II dan persentase ketuntasan 60,67% (cukup) pada siklus I menjadi 96,67% (Sangat Baik) pada siklus II. Berdasarkan hasil penelitian yang dipaparkan, tindakan perbaikan dengan penerapan model kooperatif tipe STAD menghasilkan perubahan pada indikator kinerja yang diharapkan.
id IOS2718.26745
institution UIN Sunan Ampel Surabaya
affiliation ptki.onesearch.id
institution_id 285
institution_type library:university
library
library Perpustakaan UIN Sunan Ampel Surabaya
library_id 456
collection Koleksi Digital UIN Sunan Ampel
repository_id 2718
subject_area Filsafat
Psikologi
Teknik Kimia
city KOTA SURABAYA
province JAWA TIMUR
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS2718
first_indexed 2019-05-05T01:13:23Z
last_indexed 2020-12-11T19:54:46Z
recordtype dc
_version_ 1765779037177774080
score 17.538404