Peningkatan pemahaman siswa pada mata pelajaran Fiqih materi puasa ramadhan melalui model cooperatif learning tipe talking stick di kelas III Madrasah Ibtidaiyah Nadlatul Ulama Waru II Kabupaten Sidoarjo

Main Author: Pratiwi, Sawitri Rahma
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://digilib.uinsby.ac.id/26467/1/Sawitri%20Rahma%20Pratiwi_D77214047.pdf
http://digilib.uinsby.ac.id/26467/
ctrlnum 26467
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://digilib.uinsby.ac.id/26467/</relation><title>Peningkatan pemahaman siswa pada mata pelajaran Fiqih materi puasa ramadhan melalui model cooperatif learning tipe talking stick di kelas III Madrasah Ibtidaiyah Nadlatul Ulama Waru II Kabupaten Sidoarjo</title><creator>Pratiwi, Sawitri Rahma</creator><subject>Fikih</subject><description>Pelaksanaan pembelajaran Fiqih kelas III MI Minu Waru II Sidoarjo menunjukkan bahwa tingkat pemahaman siswa terhadap materi puasa ramadhan dalam kategori rendah hal ini diketahui dari hasil pre-test pada pra siklus dari 22 siswa hanya 9 siswa yang tuntas atau mencapai nilai KKM 75. Berdasarkan hasil wawancara dengan guru mata pelajaran Fiqih, bahwa rendahnya tingkat pemahaman materi dikarenakan guru kurang aktif dalam pembelajaran. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana penerapan model cooperative learning tipe talking stick dalam meningkatkan pemahaman materi puasa ramadhan pada mata pelajaran Fiqih di MI Minu Waru II Sidoarjo pada kelas III? (2) Bagaimana peningkatan pemahaman materi puasa ramadhan dengan menggunakan model Cooperative Learning tipe Talking Stick pada mata pelajaran Fiqih di MI Minu Waru II Sidoarjo pada kelas III? Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah PTK model Kurt Lewin. Tiap siklusnya terdiri dari empat komponen pokok, yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan teknik observasi, wawancara, dokumentasi dan tes. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) penerapan model cooperative learning tipe talking stickdapat meningkatkan aktivitas guru dan siswa. Hal ini dapat dibuktikan dari hasil observasi aktivitas guru pada siklus I adalah 95,58 meningkat menjadi 96,87 pada siklus II. Sedangkan untuk nilai akhir aktivitas siswa pada siklus I adalah 88,23 meningkat menjadi 90,62 pada siklus II. (2) Tingkat pemahaman siswa pada mata pelajaran fiqih materi puasa ramadhan di kelas III menerapkan model cooperative learning tipe talking stick mengalami peningkatan. Hal ini dapat dibuktikan dari hasil nilai tes pemahaman, pada siklus I diperoleh hasil 63,63% (cukup) dengan rata-rata 75,36 dan pada siklus II diperoleh hasil 90,90% (tinggi) dan rata-rata nilai sebesar 83,5.</description><date>2018-07-25</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://digilib.uinsby.ac.id/26467/1/Sawitri%20Rahma%20Pratiwi_D77214047.pdf</identifier><identifier> Pratiwi, Sawitri Rahma (2018) Peningkatan pemahaman siswa pada mata pelajaran Fiqih materi puasa ramadhan melalui model cooperatif learning tipe talking stick di kelas III Madrasah Ibtidaiyah Nadlatul Ulama Waru II Kabupaten Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya. </identifier><recordID>26467</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Pratiwi, Sawitri Rahma
title Peningkatan pemahaman siswa pada mata pelajaran Fiqih materi puasa ramadhan melalui model cooperatif learning tipe talking stick di kelas III Madrasah Ibtidaiyah Nadlatul Ulama Waru II Kabupaten Sidoarjo
publishDate 2018
topic Fikih
url http://digilib.uinsby.ac.id/26467/1/Sawitri%20Rahma%20Pratiwi_D77214047.pdf
http://digilib.uinsby.ac.id/26467/
contents Pelaksanaan pembelajaran Fiqih kelas III MI Minu Waru II Sidoarjo menunjukkan bahwa tingkat pemahaman siswa terhadap materi puasa ramadhan dalam kategori rendah hal ini diketahui dari hasil pre-test pada pra siklus dari 22 siswa hanya 9 siswa yang tuntas atau mencapai nilai KKM 75. Berdasarkan hasil wawancara dengan guru mata pelajaran Fiqih, bahwa rendahnya tingkat pemahaman materi dikarenakan guru kurang aktif dalam pembelajaran. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana penerapan model cooperative learning tipe talking stick dalam meningkatkan pemahaman materi puasa ramadhan pada mata pelajaran Fiqih di MI Minu Waru II Sidoarjo pada kelas III? (2) Bagaimana peningkatan pemahaman materi puasa ramadhan dengan menggunakan model Cooperative Learning tipe Talking Stick pada mata pelajaran Fiqih di MI Minu Waru II Sidoarjo pada kelas III? Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah PTK model Kurt Lewin. Tiap siklusnya terdiri dari empat komponen pokok, yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan teknik observasi, wawancara, dokumentasi dan tes. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) penerapan model cooperative learning tipe talking stickdapat meningkatkan aktivitas guru dan siswa. Hal ini dapat dibuktikan dari hasil observasi aktivitas guru pada siklus I adalah 95,58 meningkat menjadi 96,87 pada siklus II. Sedangkan untuk nilai akhir aktivitas siswa pada siklus I adalah 88,23 meningkat menjadi 90,62 pada siklus II. (2) Tingkat pemahaman siswa pada mata pelajaran fiqih materi puasa ramadhan di kelas III menerapkan model cooperative learning tipe talking stick mengalami peningkatan. Hal ini dapat dibuktikan dari hasil nilai tes pemahaman, pada siklus I diperoleh hasil 63,63% (cukup) dengan rata-rata 75,36 dan pada siklus II diperoleh hasil 90,90% (tinggi) dan rata-rata nilai sebesar 83,5.
id IOS2718.26467
institution UIN Sunan Ampel Surabaya
affiliation ptki.onesearch.id
institution_id 285
institution_type library:university
library
library Perpustakaan UIN Sunan Ampel Surabaya
library_id 456
collection Koleksi Digital UIN Sunan Ampel
repository_id 2718
subject_area Filsafat
Psikologi
Teknik Kimia
city KOTA SURABAYA
province JAWA TIMUR
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS2718
first_indexed 2019-05-05T01:13:19Z
last_indexed 2020-12-11T19:54:40Z
recordtype dc
_version_ 1765779035601764352
score 17.538404