Implementasi metode pembelajaran Problem Based Instruction dalam upaya peningkatan hasil belajar fiqih di MAN Nganjuk

Main Author: Zailani, Achmad Said
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://digilib.uinsby.ac.id/23312/1/Achmad%20Said%20Zailani_D71213070.pdf
http://digilib.uinsby.ac.id/23312/
Daftar Isi:
  • Pendidikan adalah usaha sadar yang bertujuan untuk mengembangkan kualitas manusia, sebagai suatu kegiatan yang sadar akan tujuan. Pembelajaran terkait dengan bagaimana membelajarkan siswa atau bagaimana membuat siswa dapat belajar dengan mudah dan dorongan oleh kemauannya sendiri untuk mempelajari apa yang teraktualisasi dalam kurikulum sebagai kebutuhan peserta didik. Guru sebagai fasilitator dalam pendidikan duharukan kreatidaf dan inovatif dalam membuat metode pempelajaran yang sesuai dengan materi dan cocok untuk siswa. Permasalahan dalam penelitian ini adalah (1) bagaimana pembelajaran PAI sebelum metode Problem Based instruction di MAN Nganjuk? (2) bagaimana proses metode problem based instruction dalam pembelajaran PAI di MAN Nganjuk? (3) Bagaimana upaya peningkatan hasil belajar pasca penggunaan metode problem based intruction di MAN Nganjuk?Teknik pengumulan data penelitian ini mengunakan analisis komparasi dengan hasil Ho ditolak dan Ha diterima, karena Ho 1,6652(<) dari pada Ha 3,33 jadi berdasarkan Ha yang diterima maka adanya peningkatan hasil belajar Fiqih kelas X BCA di MAN nganjuk dengan mengunakan metode Problem Based Instruction.