Pengaruh kecerdasan emosional dan spiritual pada mata pelajaran Aqidah Akhlak terhadap perilaku sopan santun peserta didik di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Sidoarjo

Main Author: Mufarichah, Ayu
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://digilib.uinsby.ac.id/23244/6/Ayu%20Mufarichah_D91214086.pdf
http://digilib.uinsby.ac.id/23244/
Daftar Isi:
  • Permasalahan yang akan dikaji dalam penelitian ini, yaitu: (1) Bagaimana kecerdasan emosional dan spiritual pada mata pelajaran aqidah akhlak di MTs Negeri 1 Sidoarjo ?(2) Bagaimana perilaku sopan santun peserta didik di Mts Negeri 1 Sidoarjo? (3) Adakah pengaruh kecerdasan emosional dan spiritual pada mata pelajaran aqidah akhlak terhadap perilaku sopan santun peserta didik di MTS negeri 1 Sidoarjo? Pernelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan perilaku sopan santun yang saat ini semakin memudar seiring perkembangan zaman. Kecerdasan emosional dan spiritual merupakan kecerdasan yang amat penting. Sebab kedua kecerdasan sangat berguna untuk mengendalikan perilaku manusia. Data-data penelitian ini dihimpun dari peseerta didik di MTs Negeri 1 Sidoarjo sebagai obyek penelitian. Dalam mengumpulkan data menggunakan metode kuesioner, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini termasuk ke dalam penelitian kuantitatif, untuk analisis datanya menggunakan teknik persentase dan analisis regresi linier berganda. Berdasarkan hasil yang diperoleh dari lapangan dan perhitungan dengan menggunakan rumus persentase dan regresi linier ganda, dapat disimpulkan bahwa : (1) persentase kecerdasan emosional pada mata pelajaran aqidah akhlak di MTs Negeri 1 Sidoarjo bernilai 84 % termasuk dalam katergori baik, sedangkan persentase kecerdasan spiritual pada mata pelajaran aqidah akhlak di MTs Negeri 1 Sidoarjo bernilai 84,5 % termasuk dalam katergori baik, (2) perilaku sopan santun peserta didik di MTs Negeri 1 Sidoarjo bernilai 85% termasuk kategori baik. (3) ada hubungan yang signifikan antara kecerdasan emosional dan spiritual pada mata pelajaran aqidah akhlak terhadap perilaku sopan santun peserta didik, diperoleh nilai 45,8 % termasuk kategori sedang.