Pengaruh kecerdasan emosional dan spiritual pada mata pelajaran Aqidah Akhlak terhadap perilaku sopan santun peserta didik di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Sidoarjo

Main Author: Mufarichah, Ayu
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://digilib.uinsby.ac.id/23244/6/Ayu%20Mufarichah_D91214086.pdf
http://digilib.uinsby.ac.id/23244/
ctrlnum 23244
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://digilib.uinsby.ac.id/23244/</relation><title>Pengaruh kecerdasan emosional dan spiritual pada mata pelajaran Aqidah Akhlak terhadap perilaku sopan santun peserta didik di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Sidoarjo</title><creator>Mufarichah, Ayu</creator><subject>Akhlak</subject><subject>Kecerdasan</subject><subject>Pendidikan</subject><description>Permasalahan yang akan dikaji dalam penelitian ini, yaitu: (1) Bagaimana kecerdasan emosional dan spiritual pada mata pelajaran aqidah akhlak di MTs Negeri 1 Sidoarjo ?(2) Bagaimana perilaku sopan santun peserta didik di Mts Negeri 1 Sidoarjo? (3) Adakah pengaruh kecerdasan emosional dan spiritual pada mata pelajaran aqidah akhlak terhadap perilaku sopan santun peserta didik di MTS negeri 1 Sidoarjo? Pernelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan perilaku sopan santun yang saat ini semakin memudar seiring perkembangan zaman. Kecerdasan emosional dan spiritual merupakan kecerdasan yang amat penting. Sebab kedua kecerdasan sangat berguna untuk mengendalikan perilaku manusia. Data-data penelitian ini dihimpun dari peseerta didik di MTs Negeri 1 Sidoarjo sebagai obyek penelitian. Dalam mengumpulkan data menggunakan metode kuesioner, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini termasuk ke dalam penelitian kuantitatif, untuk analisis datanya menggunakan teknik persentase dan analisis regresi linier berganda. Berdasarkan hasil yang diperoleh dari lapangan dan perhitungan dengan menggunakan rumus persentase dan regresi linier ganda, dapat disimpulkan bahwa : (1) persentase kecerdasan emosional pada mata pelajaran aqidah akhlak di MTs Negeri 1 Sidoarjo bernilai 84 % termasuk dalam katergori baik, sedangkan persentase kecerdasan spiritual pada mata pelajaran aqidah akhlak di MTs Negeri 1 Sidoarjo bernilai 84,5 % termasuk dalam katergori baik, (2) perilaku sopan santun peserta didik di MTs Negeri 1 Sidoarjo bernilai 85% termasuk kategori baik. (3) ada hubungan yang signifikan antara kecerdasan emosional dan spiritual pada mata pelajaran aqidah akhlak terhadap perilaku sopan santun peserta didik, diperoleh nilai 45,8 % termasuk kategori sedang.</description><date>2018-02-06</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://digilib.uinsby.ac.id/23244/6/Ayu%20Mufarichah_D91214086.pdf</identifier><identifier> Mufarichah, Ayu (2018) Pengaruh kecerdasan emosional dan spiritual pada mata pelajaran Aqidah Akhlak terhadap perilaku sopan santun peserta didik di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya. </identifier><recordID>23244</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Mufarichah, Ayu
title Pengaruh kecerdasan emosional dan spiritual pada mata pelajaran Aqidah Akhlak terhadap perilaku sopan santun peserta didik di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Sidoarjo
publishDate 2018
topic Akhlak
Kecerdasan
Pendidikan
url http://digilib.uinsby.ac.id/23244/6/Ayu%20Mufarichah_D91214086.pdf
http://digilib.uinsby.ac.id/23244/
contents Permasalahan yang akan dikaji dalam penelitian ini, yaitu: (1) Bagaimana kecerdasan emosional dan spiritual pada mata pelajaran aqidah akhlak di MTs Negeri 1 Sidoarjo ?(2) Bagaimana perilaku sopan santun peserta didik di Mts Negeri 1 Sidoarjo? (3) Adakah pengaruh kecerdasan emosional dan spiritual pada mata pelajaran aqidah akhlak terhadap perilaku sopan santun peserta didik di MTS negeri 1 Sidoarjo? Pernelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan perilaku sopan santun yang saat ini semakin memudar seiring perkembangan zaman. Kecerdasan emosional dan spiritual merupakan kecerdasan yang amat penting. Sebab kedua kecerdasan sangat berguna untuk mengendalikan perilaku manusia. Data-data penelitian ini dihimpun dari peseerta didik di MTs Negeri 1 Sidoarjo sebagai obyek penelitian. Dalam mengumpulkan data menggunakan metode kuesioner, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini termasuk ke dalam penelitian kuantitatif, untuk analisis datanya menggunakan teknik persentase dan analisis regresi linier berganda. Berdasarkan hasil yang diperoleh dari lapangan dan perhitungan dengan menggunakan rumus persentase dan regresi linier ganda, dapat disimpulkan bahwa : (1) persentase kecerdasan emosional pada mata pelajaran aqidah akhlak di MTs Negeri 1 Sidoarjo bernilai 84 % termasuk dalam katergori baik, sedangkan persentase kecerdasan spiritual pada mata pelajaran aqidah akhlak di MTs Negeri 1 Sidoarjo bernilai 84,5 % termasuk dalam katergori baik, (2) perilaku sopan santun peserta didik di MTs Negeri 1 Sidoarjo bernilai 85% termasuk kategori baik. (3) ada hubungan yang signifikan antara kecerdasan emosional dan spiritual pada mata pelajaran aqidah akhlak terhadap perilaku sopan santun peserta didik, diperoleh nilai 45,8 % termasuk kategori sedang.
id IOS2718.23244
institution UIN Sunan Ampel Surabaya
affiliation ptki.onesearch.id
institution_id 285
institution_type library:university
library
library Perpustakaan UIN Sunan Ampel Surabaya
library_id 456
collection Koleksi Digital UIN Sunan Ampel
repository_id 2718
subject_area Filsafat
Psikologi
Teknik Kimia
city KOTA SURABAYA
province JAWA TIMUR
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS2718
first_indexed 2018-02-19T21:57:48Z
last_indexed 2019-06-14T01:31:05Z
recordtype dc
_version_ 1765779025799675904
score 17.538404