Pengaruh penerapan pendekatan pembelajaran Model-Eliciting Activities (MEAs) berstruktur antisipasi didaktis terhadap kemampuan representasi dan disposisi matematis siswa SMP
Main Author: | Afifah, Afifah |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://digilib.uinsby.ac.id/23010/6/Afifah_D74213047.pdf http://digilib.uinsby.ac.id/23010/ |
Daftar Isi:
- Tujuan penelitian ini untuk : (1) mengetahui apakah kemampuan representasi matematis siswa yang diajarkan dengan menggunakan pendekatan pembelajaran Model–Eliciting Activities (MEAs) berstruktur antisipasi didaktis lebih tinggi daripada kemampuan representasi matematis siswa yang diajarkan dengan menggunakan pendekatan pembelajaran konvensional; (2) mengetahui apakah disposisi matematis siswa yang diajarkan dengan menggunakan pendekatan pembelajaran Model –Eliciting Activities (MEAs) berstruktur antisipasi didaktis lebih tinggi daripada disposisi matematis siswa yang diajarkan dengan menggunakan pendekatan pembelajaran konvensional. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Variabel dalam penelitian ini meliputi variabel bebas berupa pendekatan pembelajaran Model Eliciting Activities (MEAs) berstruktur antisipasi didaktis, serta variabel terikat berupa kemampuan representasi matematis dan disposisi matematis. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII MTs Darul Ulum Waru Sidoarjo pada tahun ajaran 2017/2018 dengan sampel siswa kelas VIII C dan VIII B. Instrumen yang digunakan adalah soal tes kemampuan representasi matematis dan angket disposisi matematis. Teknik analisis data menggunakan uji-t satu pihak (dengan taraf signifikansi 5%). Hasil penelitian ini adalah : (1) kemampuan representasi matematis siswa yang memperoleh pembelajaran menggunakan pendekatan Pembelajaran Model-Eliciting Activities (MEAs) Berstruktur Antisipasi Didaktis lebih tinggi dari pada kemampuan representasi matematis siswa yang memperoleh pendekatan pembelajaran konvensioanal; (2) tingkat disposisi matematis siswa yang memperoleh pembelajaran menggunakan pendekatan Pembelajaran ModelEliciting Activities (MEAs) Berstruktur Antisipasi Didaktis lebih tinggi dari pada tingkat disposisi matematis siswa yang memperoleh pendekatan pembelajaran konvensioanal.