Implementasi keseimbangan Tri pusat pendidikan dalam pembentukan Imtaq siswa di MTs Amanatul Ummah

Main Author: Rochmah, Lailatur
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2011
Subjects:
Online Access: http://digilib.uinsby.ac.id/21573/1/Lailatur%20Rocmah_D01207138.pdf
http://digilib.uinsby.ac.id/21573/
Daftar Isi:
  • Menurut Ki hajar Dewantoro Tripusat Pendidikan adalah Pendidikan berlangsung dalam tiga lingkungan pendidikan, yaitu dalam keluarga, di sekolah, dan dalam masyarakat , ada yang secara formal, informal dan ada pula secara nonformal. Maksudnya tiga pusat yang secara bertahap dan terpadu mengemban suatu tanggung jawab pendidikan bagi generasi mudanya. Ketiga penanggung jawab pendidikan ini dituntut melakukan kerja sama diantara mereka baik secara langsung atau tidak langsung,dengan saling menopang kegialan yang sama secar sendiri- sendiri maupun bersama-sama. Dengan kata lain, perbuatan pendidikan yang dilakukan orang tua terhadap anak juga juga dilakukan oleh sekolah dengan memperkuatnya serta dikontrol masyarakat sebagai lingkungan sosial anak. Dan apabila ketiganya itu berjalan secara seimbang dan terpadu maka akan menghasilkan genarasi yang berkualitas dalam bidang IMTAQ nya. Adapun ri.imusan masalah dalam penelitian ini adalah sebagai berikut: (1). Bagaimana pelaksanaan tri pusat pendidikan yang ada di MTS Unggulan amanatul Ummah, (2) Bagaimana kondisi Imtaq di MTS Amanatul Ummah dan (3) Bagaimana implementasi keseimbangan tri pusat pendidikan dalam pembentukan IMTAQ siswa. A-Oapun jenis penelitian dalam penellitian iniadalah kualitatif deskriptif. Serat buku - buku pendidikan yang ada relevansinya dijadikan data sekunder. Kemudian data-data yang terkumpul selanjutnya dianalisis. Yaitu dengan analisis deskriptif, mengumpulkan dan menyusun data untuk menarik kesimpulan dari karakteristik pesan yag tergambar dalam data yang dilakukan secara obyektif dan sisitematis. Serta dalam penelitian ini, metode yang digunakan adalah observasi, dokumentasi dan wawancara. Dan hasil penelitian menunjukkan adanya keseimbangan tri pusat pendidikan. Antara pendidikan sekolah, keluarga, dan masyarakat berjalan berkesinambungan, sehingga menjadikan anak baik dari segi Iman dan Taqwanya. Karena dari ketiga pendidikan itulah anak tersebut diajarkan nilai-nilai islam. Serta pembentukan lmtaq anak di MTS tersebut juga dapat dilihat dari keseharian mereka yang selalu beriman dan taat dalam menjalankan perintah-perintah Allah. Sehingga terbentuknya insan karnil yang berbudi pekerti luhur yang selalu mengabdi pada Tuhannya.