Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatar belakangi oleh pentingnya kemampuan penalaran matematis dan keterampilan sosial siswa dalam pembelajaran matematika. Salah satu cara untuk mengembangkan kemampuan penalaran matematis dan melatih keterampilan sosial siswa adalah menggunakan pembelajaran Connected Mathematics Project (CMP). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan penalaran matematis dan keterampilan sosial siswa berdasarkan kemampuan matematika siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas VII C MTs Negeri 1 Sidoarjo tahun ajaran 2017/2018 yang terdiri dari 4 siswa, 2 siswa dengan kemampuan matematika tinggi dan 2 siswa dengan kemampuan matematika sedang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah Soal Tes Kemampuan Penalaran Siswa, Lembar Observasi, dan Wawancara. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah konsep Miles dan Huberman yang tahap-tahapnya terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Konsep Miles dan Huberman ini digunakan untuk menganalisis hasil tes kemampuan penalaran matematis siswa, keterampilan sosial siswa, dan hasil wawancara terhadap subjek penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) siswa dengan kemampuan matematika tinggi memiliki kemampuan penalaran matematis yang sedang; (2) siswa dengan kemampuan matematika sedang memiliki kemampuan penalaran matematis yang rendah; (3) siswa dengan kemampuan matematika tinggi memiliki keterampilan sosial, yaitu: keterampilan bertanya yang baik, keterampilan menjawab pertanyaan yang cukup, kemampuan menyatakan pendapat atau ide yang baik, kemampuan menghargai pendapat orang lain yang baik, dan kemampuan bekerjasama dalam kelompok yang baik; (4) siswa dengan kemampuan matematika sedang memiliki keterampilan sosial, yaitu: keterampilan bertanya yang kurang, keterampilan menjawab pertanyaan yang cukup, kemampuan menyatakan pendapat atau ide yang baik, kemampuan menghargai pendapat orang lain yang baik, dan kemampuan bekerjasama dalam kelompok yang baik.