Problematika pembelajaran al qur'an hadits kompetensi membaca al qur'an siswa Madasah Aliyah Darul Ulum Waru Sidoarjo
Daftar Isi:
- Latar belakang penulisan penelitian ini adalah bahwa mengkaji dan mengamalkan Al Qur’an dan Hadits sudah menjadi kewajiban bagi kaum muslimin. Keduanya merupakan sumber hukum Agama Islam, begitu pula dalam pendidikan Islam sangat menganjurkan kaum muslimin untuk mengkaji dan pengamalkan Al Qur’an dan Hadits agar dapat menjadi pribadi muslim yang seperti diinginkan dan diharapkan oleh Allah SWT. dan rasul-Nya kepada kita. Pengetahuan dan pemahaman yang menjadi modal dalam mengkaji Al Qur’an dan Hadits dapat diterima dari Pembelajaran Al Qur’an – Hadits di berbagai madrasah. Dalam hal ini Madrasah Aliyah Darul Ulum Waru Sidoarjo memiliki tujuan untuk memberikan kemampuan dasar bagi peserta didik dalam membaca, menulis, membiasakan dan menggemari AlQur’an dan Hadits. Yang menjadi fokus penelitian ini adalah bagaimana proses pembelajaran Al Qur’an – Hadits di MA Darul Ulum Waru Sidoarjo, problem apa sajakah yang muncul dalam proses pembelajaran Al Qur’an – Hadits dan usaha apa saja yang dilakukan dalam mengatasi problem tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis secara kritis tentang proses pembelajaran Al Qur’an – Hadits Di MA Darul Ulum Watu Sidoarjo yang mana didalamnya terdapat beberapa problem yang harus dihadapi serta sejauh mana usaha untuk mengatasi beberapa problem tersebut.