ctrlnum 19467
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://digilib.uinsby.ac.id/19467/</relation><title>Pengaruh pendekatan sosio emosional guru dalam pembelajaran aqidah akhlak terhadap hasil belajar siswa di MA Darul Ulum Waru Sidoarjo</title><creator>Sa&#x2019;diah, Halimatus</creator><subject>Pendidikan Islam</subject><subject>Pendidikan Islam - Manajemen</subject><description>Guru yang professional akan mampu memahami keadaan fisik dan psikis anak, dengan hal ini guru dapat mengubah dan menyesuaikan strategi atau pendekatan yang harus digunakan. Karena masing masing siswa memiliki karakteristik yang berbeda. Mengelola kelas dalam proses pemecahan masalah bukan terletak pada banyaknya macam kepemimpinan dan kontrol, tetapi terletak pada keterampilan memberikan fasilitas yang berbeda-beda untuk setiap peserta didik. Salah satu pendekatan dalam mengelola kelas adalah pendekatan sosio emosional. Pendekatan sosio emosional adalah suatu pendekatan yang menekankan pada hubungan interpersonal. Dalam penelitian ini yang menjadi rumusan masalah adalah tentang bagaimana pendekatan sosio emosional guru dalam pembelajaran aqidah akhlak, bagaimana hasil belajar siswa, serta bagaimana pengaruh pendekatan sosio emosional guru dalam pembelajaran aqidah akhlak terhadap hasil belajar siswa di MA Darul Ulum Waru. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan yang menggunakan metode kuantitatif dengan teknik statistik regresi linier sederhana. Sedangkan metode pengumpulan data yang penulis gunakan adalah Observasi, Interview, Angket serta Dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan sosio emosional guru dalam pembelajaran aqidah aklak di MA Darul Ulum Waru sangat baik. Hasil angket menunjukkan bahwa pendekatan sosio emosional sebesar 82,25%. Sedangkan hasil belajar siswa tergolong sangat baik hal ini bisa dilihat dari prosentase sebesar 91,01%. Hasil lain menunjukkan terdapat hubungan antara pendekatan sosio emosional terhadap hasil belajar siswa di MA Darul Ulum Waru yang diperoleh 8,4%, sedangkan 91,6% sisanya dipengaruhi oleh variabel lainnya. Misalnya, faktor lingkungan belajar maupun kecerdasan siswa sendiri seperi IQ, EQ, SQ dan sebagainya.</description><date>2017-08-04</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://digilib.uinsby.ac.id/19467/47/Cover.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://digilib.uinsby.ac.id/19467/2/Abstrak.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://digilib.uinsby.ac.id/19467/3/Daftar%20Isi.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://digilib.uinsby.ac.id/19467/4/Bab%201.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://digilib.uinsby.ac.id/19467/5/Bab%202.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://digilib.uinsby.ac.id/19467/6/Bab%203.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://digilib.uinsby.ac.id/19467/7/Bab%204.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://digilib.uinsby.ac.id/19467/8/Bab%205.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://digilib.uinsby.ac.id/19467/9/Daftar%20Pustaka.pdf</identifier><identifier> Sa&#x2019;diah, Halimatus (2017) Pengaruh pendekatan sosio emosional guru dalam pembelajaran aqidah akhlak terhadap hasil belajar siswa di MA Darul Ulum Waru Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya. </identifier><recordID>19467</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Sa’diah, Halimatus
title Pengaruh pendekatan sosio emosional guru dalam pembelajaran aqidah akhlak terhadap hasil belajar siswa di MA Darul Ulum Waru Sidoarjo
publishDate 2017
topic Pendidikan Islam
Pendidikan Islam - Manajemen
url http://digilib.uinsby.ac.id/19467/47/Cover.pdf
http://digilib.uinsby.ac.id/19467/2/Abstrak.pdf
http://digilib.uinsby.ac.id/19467/3/Daftar%20Isi.pdf
http://digilib.uinsby.ac.id/19467/4/Bab%201.pdf
http://digilib.uinsby.ac.id/19467/5/Bab%202.pdf
http://digilib.uinsby.ac.id/19467/6/Bab%203.pdf
http://digilib.uinsby.ac.id/19467/7/Bab%204.pdf
http://digilib.uinsby.ac.id/19467/8/Bab%205.pdf
http://digilib.uinsby.ac.id/19467/9/Daftar%20Pustaka.pdf
http://digilib.uinsby.ac.id/19467/
contents Guru yang professional akan mampu memahami keadaan fisik dan psikis anak, dengan hal ini guru dapat mengubah dan menyesuaikan strategi atau pendekatan yang harus digunakan. Karena masing masing siswa memiliki karakteristik yang berbeda. Mengelola kelas dalam proses pemecahan masalah bukan terletak pada banyaknya macam kepemimpinan dan kontrol, tetapi terletak pada keterampilan memberikan fasilitas yang berbeda-beda untuk setiap peserta didik. Salah satu pendekatan dalam mengelola kelas adalah pendekatan sosio emosional. Pendekatan sosio emosional adalah suatu pendekatan yang menekankan pada hubungan interpersonal. Dalam penelitian ini yang menjadi rumusan masalah adalah tentang bagaimana pendekatan sosio emosional guru dalam pembelajaran aqidah akhlak, bagaimana hasil belajar siswa, serta bagaimana pengaruh pendekatan sosio emosional guru dalam pembelajaran aqidah akhlak terhadap hasil belajar siswa di MA Darul Ulum Waru. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan yang menggunakan metode kuantitatif dengan teknik statistik regresi linier sederhana. Sedangkan metode pengumpulan data yang penulis gunakan adalah Observasi, Interview, Angket serta Dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan sosio emosional guru dalam pembelajaran aqidah aklak di MA Darul Ulum Waru sangat baik. Hasil angket menunjukkan bahwa pendekatan sosio emosional sebesar 82,25%. Sedangkan hasil belajar siswa tergolong sangat baik hal ini bisa dilihat dari prosentase sebesar 91,01%. Hasil lain menunjukkan terdapat hubungan antara pendekatan sosio emosional terhadap hasil belajar siswa di MA Darul Ulum Waru yang diperoleh 8,4%, sedangkan 91,6% sisanya dipengaruhi oleh variabel lainnya. Misalnya, faktor lingkungan belajar maupun kecerdasan siswa sendiri seperi IQ, EQ, SQ dan sebagainya.
id IOS2718.19467
institution UIN Sunan Ampel Surabaya
affiliation ptki.onesearch.id
institution_id 285
institution_type library:university
library
library Perpustakaan UIN Sunan Ampel Surabaya
library_id 456
collection Koleksi Digital UIN Sunan Ampel
repository_id 2718
subject_area Filsafat
Psikologi
Teknik Kimia
city KOTA SURABAYA
province JAWA TIMUR
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS2718
first_indexed 2017-11-08T23:09:23Z
last_indexed 2019-06-14T01:29:27Z
recordtype dc
_version_ 1765778988011094016
score 17.538404