ctrlnum 17311
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://digilib.uinsby.ac.id/17311/</relation><title>Implementasi kegiatan keagamaan pada program pendidikan inklusi dalam meningkatkan kepercayaan diri siswa ABK (Anak Berkebutuhan Khusus):studi multi kasus pada SMPN 5 Surabaya dan SMPN 36 Surabaya</title><creator>Fitriyanti, Fani Fenti</creator><subject>Agama</subject><subject>Pendidikan</subject><subject>Anak</subject><description>Penelitian Tesis ini memfokuskan pada implementasi kegiatan keagamaan pada program pendidikan inklusi dalam meningkatkan kepercayaan diri siswa ABK (Anak Berkebutuhan Khusus) di SMPN 5 Surabaya dan SMPN 36 Surabaya.&#xD; Anak berkebutuhan khusus (ABK) memang cenderung terlihat kurang percaya diri. Di SMPN 5 Surabaya dan SMPN 36 Surabaya, keduanya sama-sama Sekolah Negeri tetapi kegiatan didalam sekolah tersebut tidak meninggalkan kegiatan keagamaan, dan merupakan bagian dari sekolah yang turut membantu dalam perkembangan anak-anak yang berkebutuhan khusus, dengan arti lain ikut membantu dalam memenuhi hak seluruh warga Indonesia yakni memperoleh pendidikan yang layak. Adapun tujuan penelitiannya adalah untuk memperoleh informasi tentang kepercayaan diri siswa ABK (Anak Berkebutuhan Khusus), pelaksanaan kegiatan keagamaan pada program pendidikan inklusi dalam meningkatkan kepercayaan diri siswa ABK (Anak Berkebutuhan Khusus), dan tentang faktor pendukung, penghambat serta solusinya dari kegiatan keagamaan pada program pendidikan inklusi dalam meningkatkan kepercayaan diri siswa ABK (Anak Berkebutuhan Khusus) di SMPN 5 Surabaya dan SMPN 36 Surabaya. Penelitian ini menggunakan pendekatan fenomenologis, jenis penelitiannya adalah deskriptif. Sumber datanya adalah sumber data primer dan sekunder. Jenis datanya adalah kualitatif. Metode pengumpulkan datanya adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis datanya adalah analisis data kualitatif, mengikuti konsep Miles and Humberman yang meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Adapun pengecekan keabsahan data yang digunakan adalah dengan teknik triangulasi, yaitu triangulasi data dan triangulasi metodologis. Hasil penelitian Tesis ini yang pertama adalah, kepercayaan diri siswa ABK (Anak Berkebutuhan Khusus) di SMPN 5 Surabaya dan SMPN 36 Surabaya, memiliki tingkat kepercayaan diri yang berbeda-beda sesuai karakteristiknya. Kedua, pelaksanaan kegiatan keagamaannya beraneka ragam, menyesuaikan dengan rancangan dan rencana pendidikan sekolah. Ketiga, SMPN 5 Surabaya dan SMPN 36 Surabaya memiliki faktor pendukung dan penghambat dari kegiatan keagamaan pada program pendidikan inklusi dalam meningkatkan kepercayaan diri siswa ABK (Anak Berkebutuhan Khusus) di SMPN 5 Surabaya dan SMPN 36 Surabaya.</description><date>2017-06-20</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://digilib.uinsby.ac.id/17311/1/Cover.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://digilib.uinsby.ac.id/17311/2/Abstrak.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://digilib.uinsby.ac.id/17311/3/Daftar%20Isi.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://digilib.uinsby.ac.id/17311/4/Bab%201.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://digilib.uinsby.ac.id/17311/5/Bab%202.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://digilib.uinsby.ac.id/17311/6/Bab%203.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://digilib.uinsby.ac.id/17311/7/Bab%204.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://digilib.uinsby.ac.id/17311/8/Bab%205.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://digilib.uinsby.ac.id/17311/9/Bab%206.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://digilib.uinsby.ac.id/17311/10/Daftar%20Pustaka.pdf</identifier><identifier> Fitriyanti, Fani Fenti (2017) Implementasi kegiatan keagamaan pada program pendidikan inklusi dalam meningkatkan kepercayaan diri siswa ABK (Anak Berkebutuhan Khusus):studi multi kasus pada SMPN 5 Surabaya dan SMPN 36 Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya. </identifier><recordID>17311</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Fitriyanti, Fani Fenti
title Implementasi kegiatan keagamaan pada program pendidikan inklusi dalam meningkatkan kepercayaan diri siswa ABK (Anak Berkebutuhan Khusus):studi multi kasus pada SMPN 5 Surabaya dan SMPN 36 Surabaya
publishDate 2017
topic Agama
Pendidikan
Anak
url http://digilib.uinsby.ac.id/17311/1/Cover.pdf
http://digilib.uinsby.ac.id/17311/2/Abstrak.pdf
http://digilib.uinsby.ac.id/17311/3/Daftar%20Isi.pdf
http://digilib.uinsby.ac.id/17311/4/Bab%201.pdf
http://digilib.uinsby.ac.id/17311/5/Bab%202.pdf
http://digilib.uinsby.ac.id/17311/6/Bab%203.pdf
http://digilib.uinsby.ac.id/17311/7/Bab%204.pdf
http://digilib.uinsby.ac.id/17311/8/Bab%205.pdf
http://digilib.uinsby.ac.id/17311/9/Bab%206.pdf
http://digilib.uinsby.ac.id/17311/10/Daftar%20Pustaka.pdf
http://digilib.uinsby.ac.id/17311/
contents Penelitian Tesis ini memfokuskan pada implementasi kegiatan keagamaan pada program pendidikan inklusi dalam meningkatkan kepercayaan diri siswa ABK (Anak Berkebutuhan Khusus) di SMPN 5 Surabaya dan SMPN 36 Surabaya. Anak berkebutuhan khusus (ABK) memang cenderung terlihat kurang percaya diri. Di SMPN 5 Surabaya dan SMPN 36 Surabaya, keduanya sama-sama Sekolah Negeri tetapi kegiatan didalam sekolah tersebut tidak meninggalkan kegiatan keagamaan, dan merupakan bagian dari sekolah yang turut membantu dalam perkembangan anak-anak yang berkebutuhan khusus, dengan arti lain ikut membantu dalam memenuhi hak seluruh warga Indonesia yakni memperoleh pendidikan yang layak. Adapun tujuan penelitiannya adalah untuk memperoleh informasi tentang kepercayaan diri siswa ABK (Anak Berkebutuhan Khusus), pelaksanaan kegiatan keagamaan pada program pendidikan inklusi dalam meningkatkan kepercayaan diri siswa ABK (Anak Berkebutuhan Khusus), dan tentang faktor pendukung, penghambat serta solusinya dari kegiatan keagamaan pada program pendidikan inklusi dalam meningkatkan kepercayaan diri siswa ABK (Anak Berkebutuhan Khusus) di SMPN 5 Surabaya dan SMPN 36 Surabaya. Penelitian ini menggunakan pendekatan fenomenologis, jenis penelitiannya adalah deskriptif. Sumber datanya adalah sumber data primer dan sekunder. Jenis datanya adalah kualitatif. Metode pengumpulkan datanya adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis datanya adalah analisis data kualitatif, mengikuti konsep Miles and Humberman yang meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Adapun pengecekan keabsahan data yang digunakan adalah dengan teknik triangulasi, yaitu triangulasi data dan triangulasi metodologis. Hasil penelitian Tesis ini yang pertama adalah, kepercayaan diri siswa ABK (Anak Berkebutuhan Khusus) di SMPN 5 Surabaya dan SMPN 36 Surabaya, memiliki tingkat kepercayaan diri yang berbeda-beda sesuai karakteristiknya. Kedua, pelaksanaan kegiatan keagamaannya beraneka ragam, menyesuaikan dengan rancangan dan rencana pendidikan sekolah. Ketiga, SMPN 5 Surabaya dan SMPN 36 Surabaya memiliki faktor pendukung dan penghambat dari kegiatan keagamaan pada program pendidikan inklusi dalam meningkatkan kepercayaan diri siswa ABK (Anak Berkebutuhan Khusus) di SMPN 5 Surabaya dan SMPN 36 Surabaya.
id IOS2718.17311
institution UIN Sunan Ampel Surabaya
affiliation ptki.onesearch.id
institution_id 285
institution_type library:university
library
library Perpustakaan UIN Sunan Ampel Surabaya
library_id 456
collection Koleksi Digital UIN Sunan Ampel
repository_id 2718
subject_area Filsafat
Psikologi
Teknik Kimia
city KOTA SURABAYA
province JAWA TIMUR
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS2718
first_indexed 2017-11-08T23:08:43Z
last_indexed 2019-06-14T01:28:10Z
recordtype dc
_version_ 1765778996505608192
score 17.538404